Cara Menyederhanakan Penyebut dengan Mengalikan Sekawan

Halo Sobat Sederhana! Jika kamu sering menghadapi masalah dalam menyederhanakan penyebut dalam matematika, maka artikel ini dapat membantu kamu mengatasi masalah tersebut. Dalam artikel ini, kamu akan mempelajari cara menyederhanakan penyebut dengan menggunakan metode mengalikan sekawan secara sederhana dan mudah dipahami. Tak perlu khawatir jika kamu belum menguasai konsep matematika yang rumit, karena artikel ini akan memberikan penjelasan secara lengkap dan detail.

Apa itu Penyebut dalam Matematika?

Sebelum masuk ke pembahasan cara menyederhanakan penyebut, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu penyebut. Penyebut adalah bagian dari pecahan yang berada di bawah garis pecahan. Penyebut menunjukkan jumlah bagian yang dibagi dari keseluruhan atau total bagian.

Sebagai contoh, dalam pecahan 3/4, angka 3 adalah penyebut, sementara 4 adalah pembilang. Penyebut menunjukkan bahwa pecahan tersebut membagi tiga bagian dari keseluruhan empat bagian.

Apa yang Dimaksud dengan Mengalikan Sekawan?

Mengalikan sekawan adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyederhanakan penyebut dalam matematika. Ide dasar dari metode ini adalah dengan mengalikan penyebut dengan suatu bilangan pada setiap pecahan, sehingga hasilnya menjadi bilangan bulat (integer) atau satu yang sama.

Metode ini akan membantu kamu lebih mudah dan cepat dalam melakukan operasi matematika, terutama dalam perhitungan pecahan yang memiliki penyebut yang berbeda.

Cara Menyederhanakan Penyebut dengan Mengalikan Sekawan

Langkah 1: Cari Bilangan yang Sama

Langkah pertama dalam menyederhanakan penyebut adalah dengan mencari bilangan yang sama pada kedua penyebut yang ingin disederhanakan. Dalam hal ini, kamu perlu mencari bilangan terkecil atau kelipatan persekutuan terbesar (KPK) dari kedua penyebut tersebut.

Sebagai contoh, jika kamu ingin menyederhanakan penyebut 2/3 dan 3/4, kamu perlu mencari KPK dari 3 dan 4, yaitu 12.

TRENDING 🔥  Cara Mengatur Ruang Kamar Tidur Sebagai Tempat Les Sederhana

Langkah 2: Kalikan dengan Faktor Pengubah

Langkah kedua adalah dengan mengalikan kedua pecahan dengan faktor pengubah, yang merupakan bilangan pengali yang diperlukan untuk membuat kedua penyebut sama ke dalam bilangan yang sama atau KPK.

Sebagai contoh, jika kamu ingin menyederhanakan penyebut 2/3 dan 3/4, kamu perlu mengalikan pecahan 2/3 dengan 4/4 dan pecahan 3/4 dengan 3/3. Dalam hal ini, faktor pengubah untuk pecahan 2/3 adalah 4/4, sedangkan untuk pecahan 3/4 adalah 3/3.

Pecahan
Faktor Pengubah
Hasil
2/3
4/4
8/12
3/4
3/3
9/12

Langkah 3: Sederhanakan Pecahan

Langkah terakhir adalah dengan menyederhanakan pecahan atau membuatnya lebih sederhana. Dalam hal ini, kamu dapat menyederhanakan pecahan dengan membagi penyebut dengan pembilang dan memperoleh pecahan yang lebih kecil.

Sebagai contoh, jika kamu ingin menyederhanakan pecahan 8/12 dan 9/12, kamu dapat membagi kedua pecahan dengan 4, karena 4 merupakan faktor persekutuan terbesar dari 8 dan 12. Hasilnya, kamu akan mendapatkan pecahan 2/3 dan 3/4, atau pecahan yang sudah disederhanakan.

FAQ

1. Apa itu penyebut dalam matematika?

Penyebut adalah bagian dari pecahan yang berada di bawah garis pecahan. Penyebut menunjukkan jumlah bagian yang dibagi dari keseluruhan atau total bagian.

2. Apa itu mengalikan sekawan?

Mengalikan sekawan adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyederhanakan penyebut dalam matematika. Ide dasar dari metode ini adalah dengan mengalikan penyebut dengan suatu bilangan pada setiap pecahan, sehingga hasilnya menjadi bilangan bulat atau satu yang sama.

3. Bagaimana cara menyederhanakan penyebut dengan mengalikan sekawan?

Langkah-langkah untuk menyederhanakan penyebut dengan mengalikan sekawan adalah mencari bilangan yang sama, mengalikan kedua pecahan dengan faktor pengubah, dan menyederhanakan pecahan dengan membagi penyebut dengan pembilang.

TRENDING 🔥  Cara Flash Sederhana Oppo Neo3 Aplikasi Terhenti

Penutup

Semoga artikel ini dapat membantu kamu memahami cara menyederhanakan penyebut dengan mengalikan sekawan secara sederhana dan mudah dipahami. Dengan menggunakan metode ini, kamu dapat lebih mudah dan cepat dalam melakukan operasi matematika, terutama dalam perhitungan pecahan yang memiliki penyebut yang berbeda. Jangan lupa untuk selalu berlatih dan menguji kemampuan matematika kamu. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Menyederhanakan Penyebut dengan Mengalikan Sekawan