Cara Menyederhanakan Persamaan Output Multiplexer dan Demultiplekser

Halo Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara menyederhanakan persamaan output multiplexer dan demultiplekser. Kedua perangkat ini sangat penting dalam dunia elektronika, terutama dalam desain sistem digital. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menyederhanakan persamaan output dari kedua perangkat tersebut dengan bahasa yang santai dan mudah dipahami.

Apa itu Multiplexer dan Demultiplexer?

Pertama-tama, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu multiplexer dan demultiplexer. Multiplexer atau sering disingkat sebagai mux, adalah sebuah perangkat yang memiliki beberapa input dan satu output. Perangkat ini digunakan untuk memilih salah satu dari beberapa sinyal input dan mengirimkannya ke output. Sementara itu, demultiplexer atau demux, adalah perangkat yang memiliki satu input dan beberapa output. Perangkat ini digunakan untuk membagi sinyal input menjadi beberapa sinyal output yang berbeda.

Cara Menyederhanakan Persamaan Output dari Multiplexer

Persamaan Output

Untuk menyederhanakan persamaan output dari multiplexer, kita perlu memahami terlebih dahulu bagaimana cara kerja dari perangkat tersebut. Sebuah multiplexer memiliki n input dan 2^n output, dimana n merupakan jumlah bit dari sinyal input. Dalam hal ini, persamaan output dapat dinyatakan sebagai berikut:

Sinyal Input
Persamaan Output
0
Y0
1
Y1
2
Y2
2^n-1
Y2^n-1

Dari tabel di atas, kita dapat melihat bahwa persamaan output dari multiplexer terdiri dari n bit dan hanya ada satu bit yang bernilai 1. Bit yang bernilai 1 menunjukkan sinyal input yang dipilih untuk dikirim ke output.

Contoh Soal

Untuk memahami lebih jelas tentang cara menyederhanakan persamaan output dari multiplexer, berikut adalah beberapa contoh soal:

  • Sebuah multiplexer memiliki 3 input, Y0, Y1, dan Y2. Dengan menggunakan persamaan output, tentukan sinyal yang akan keluar jika sinyal input adalah 010.
  • Sebuah multiplexer memiliki 4 input, Y0, Y1, Y2, dan Y3. Dengan menggunakan persamaan output, tentukan sinyal yang akan keluar jika sinyal input adalah 1011.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Roti Burger Sederhana

Pada contoh soal pertama, sinyal input adalah 010, yang artinya Y2 dipilih untuk dikirim ke output. Oleh karena itu, sinyal yang akan keluar adalah Y2. Sedangkan pada contoh soal kedua, sinyal input adalah 1011, yang artinya Y11 dipilih untuk dikirim ke output. Oleh karena itu, sinyal yang akan keluar adalah Y11.

Cara Menyederhanakan Persamaan Output dari Demultiplexer

Persamaan Output

Untuk menyederhanakan persamaan output dari demultiplexer, kita perlu memahami terlebih dahulu bagaimana cara kerja dari perangkat tersebut. Sebuah demultiplexer memiliki 1 input dan n output, dimana n merupakan jumlah bit dari sinyal output. Dalam hal ini, persamaan output dapat dinyatakan sebagai berikut:

Sinyal Output
Persamaan Output
Y0
I * not(S1) * not(S0)
Y1
I * not(S1) * S0
Y2
I * S1 * not(S0)
Y2^n-1
I * S1 * S0

Dari tabel di atas, kita dapat melihat bahwa persamaan output dari demultiplexer terdiri dari n bit dan hanya ada satu bit yang bernilai 1. Bit yang bernilai 1 menunjukkan sinyal output yang aktif, sedangkan sinyal input (I) digunakan sebagai input untuk semua persamaan output.

Contoh Soal

Untuk memahami lebih jelas tentang cara menyederhanakan persamaan output dari demultiplexer, berikut adalah beberapa contoh soal:

  • Sebuah demultiplexer memiliki 3 output, Y0, Y1, dan Y2. Dengan menggunakan persamaan output, tentukan sinyal input yang akan mengaktifkan Y1.
  • Sebuah demultiplexer memiliki 4 output, Y0, Y1, Y2, dan Y3. Dengan menggunakan persamaan output, tentukan sinyal input yang akan mengaktifkan Y2.

Pada contoh soal pertama, persamaan output untuk Y1 adalah I * not(S1) * S0. Oleh karena itu, sinyal input yang akan mengaktifkan Y1 adalah I = 1, S1 = 0, dan S0 = 1. Sedangkan pada contoh soal kedua, persamaan output untuk Y2 adalah I * S1 * not(S0). Oleh karena itu, sinyal input yang akan mengaktifkan Y2 adalah I = 1, S1 = 1, dan S0 = 0.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Menghilangkan Nyamuk untuk Sobat Sederhana

FAQ

1. Apa itu multiplexer?

Multiplexer adalah sebuah perangkat yang memiliki beberapa input dan satu output. Perangkat ini digunakan untuk memilih salah satu dari beberapa sinyal input dan mengirimkannya ke output.

2. Apa itu demultiplexer?

Demultiplexer adalah perangkat yang memiliki satu input dan beberapa output. Perangkat ini digunakan untuk membagi sinyal input menjadi beberapa sinyal output yang berbeda.

3. Apa itu persamaan output?

Persamaan output adalah sebuah rumus matematis yang digunakan untuk menggambarkan hubungan antara sinyal input dan sinyal output pada suatu perangkat elektronik.

4. Apa yang dimaksud dengan menyederhanakan persamaan output?

Menyederhanakan persamaan output berarti mereduksi persamaan matematis yang menggambarkan hubungan antara sinyal input dan sinyal output pada suatu perangkat elektronik menjadi bentuk yang lebih sederhana dan mudah dipahami.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang cara menyederhanakan persamaan output dari multiplexer dan demultiplexer. Kedua perangkat ini sangat penting dalam dunia elektronika, terutama dalam desain sistem digital. Dengan memahami cara menyederhanakan persamaan output dari kedua perangkat tersebut, kita dapat lebih mudah melakukan perhitungan dan desain rangkaian yang membutuhkan penggunaan kedua perangkat tersebut.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Menyederhanakan Persamaan Output Multiplexer dan Demultiplekser