Cara Menyederhanakan Perbandingan Pecahan Campuran

Hello Sobat Sederhana! Pecahan campuran bisa menjadi rumit dan mengakibatkan kebingungan. Namun, dengan sedikit kesabaran dan pemahaman, kamu bisa dengan mudah menyederhanakan perbandingan pecahan campuran. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara melakukan hal tersebut. Simak terus ya Sobat Sederhana!

Apa itu Pecahan Campuran?

Sebelum kita membahas mengenai cara menyederhanakan perbandingan pecahan campuran, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu pecahan campuran. Pecahan campuran adalah suatu bentuk bilangan pecahan dimana ada kombinasi antara bilangan bulat dan pecahan.

Contohnya: 3 1/2, 5 3/4, atau 7 2/5. Jika dilihat, bentuk bilangan tersebut terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa. Nah, bagaimana cara menyederhanakan perbandingan pecahan campuran?

Cara Menyederhanakan Perbandingan Pecahan Campuran

Step 1: Membuat Pecahan Biasa

Langkah pertama dalam menyederhanakan perbandingan pecahan campuran adalah dengan membuat pecahan biasa. Caranya adalah dengan mengalikan bilangan bulat dengan penyebutnya, lalu jumlahkan dengan pembilangnya. Hasilnya akan menjadi pembilang baru dari pecahan tersebut.

Bilangan Campuran
Pembilang
Penyebut
3 1/2
(3 x 2) + 1 = 7
2
5 3/4
(5 x 4) + 3 = 23
4
7 2/5
(7 x 5) + 2 = 37
5

Step 2: Sederhanakan Pecahan Biasa

Setelah membuat pecahan biasa, langkah selanjutnya adalah menyederhanakan pecahan tersebut. Caranya adalah dengan membagi pembilang dan penyebut dengan faktor yang sama hingga tidak bisa disederhanakan lagi.

Contohnya: pecahan 7/10 bisa disederhanakan menjadi 1/5 karena kedua pembilang dan penyebutnya dapat dibagi dengan faktor 7.

Step 3: Ubah ke dalam Pecahan Campuran (Jika Perlu)

Jika perlu, ubah kembali pecahan biasa yang telah disederhanakan ke dalam bentuk pecahan campuran. Caranya adalah dengan membagi pembilang dengan penyebut, dan menyimpan sisa dari pembagian tersebut sebagai pecahan biasa.

TRENDING 🔥  Cara Uji Regresi Sederhana dengan SPSS

Frequently Asked Questions (FAQs)

1. Apa bedanya pecahan campuran dengan pecahan biasa?

Perbedaan antara pecahan campuran dengan pecahan biasa adalah terdapat bilangan bulat sebagai bagian dari pecahan campuran. Sedangkan pada pecahan biasa, hanya terdapat pembilang dan penyebut yang tidak mengandung bilangan bulat.

2. Apa tujuan dari menyederhanakan perbandingan pecahan campuran?

Tujuannya adalah untuk mempermudah dalam melakukan operasi bilangan pecahan, serta mempermudah dalam memahami konsep dasar dari bilangan pecahan.

3. Apa yang harus dilakukan jika pecahan campuran berbeda penyebutnya?

Jika pecahan campuran berbeda penyebutnya, maka harus dilakukan operasi penjumlahan atau pengurangan terlebih dahulu, kemudian baru dilakukan penyederhanaan jika perlu.

4. Bisakah pecahan campuran diubah menjadi bilangan bulat?

Ya, bisa. Caranya adalah dengan mengalikan bilangan bulat dengan penyebutnya, lalu menambahkan pembilangnya. Hasilnya akan menjadi bilangan bulat baru.

5. Bagaimana cara mengubah bilangan bulat menjadi pecahan campuran?

Caranya adalah dengan membagi bilangan bulat dengan penyebutnya, kemudian menyimpan sisa dari pembagian tersebut sebagai pecahan biasa.

Kesimpulan

Jadi, itulah cara menyederhanakan perbandingan pecahan campuran. Terlepas dari kesulitan awal, dengan sedikit kesabaran dan pemahaman, kamu pasti bisa melakukannya dengan mudah. Terapkan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini dengan teman-temanmu yang mungkin membutuhkannya. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya, Sobat Sederhana!

Cara Menyederhanakan Perbandingan Pecahan Campuran