Cara Menyederhanakan Pecahan Campuran Perkalian

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu sering kesulitan dalam mengerjakan soal matematika yang berkaitan dengan pecahan campuran perkalian? Jangan khawatir, dalam artikel ini kita akan membahas cara mudah untuk menyederhanakan pecahan campuran perkalian. Yuk, simak penjelasannya!

Apa itu Pecahan Campuran Perkalian?

Sebelum kita membahas cara menyederhanakan pecahan campuran perkalian, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan pecahan campuran perkalian. Pecahan campuran perkalian merupakan pecahan biasa yang memiliki angka bulat di depannya dan memiliki bentuk a b/c x d e/f. Angka bulat a, b, c, d, e, dan f merupakan bilangan bulat positif. Contoh bentuk pecahan campuran perkalian adalah 2 1/4 x 3 2/3.

Untuk mengerjakannya, pertama-tama kita harus mengubah dua pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Setelah itu, kalikan kedua pecahan tersebut dan hasilnya diubah kembali menjadi pecahan campuran jika perlu. Tapi bagaimana cara menyederhanakan pecahan campuran perkalian? Simak penjelasannya di bawah ini!

Cara Menyederhanakan Pecahan Campuran Perkalian

1. Ubah Pecahan Campuran Menjadi Pecahan Biasa

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Caranya adalah dengan mengalikan angka di depan pecahan dengan penyebut pecahan dan menambahkannya dengan pembilang pecahan. Hasilnya kemudian ditempatkan pada pembilang pecahan yang sama dengan pecahan awal.

Misalnya, 2 1/4 menjadi 9/4, sedangkan 3 2/3 menjadi 11/3.

2. Kalikan Kedua Pecahan Biasa

Setelah kedua pecahan diubah menjadi pecahan biasa, selanjutnya kalikan kedua pecahan tersebut. Caranya adalah dengan mengalikan pembilang pecahan pertama dengan pembilang pecahan kedua, dan penyebut pecahan pertama dengan penyebut pecahan kedua. Hasil perkaliannya adalah pecahan yang tidak disederhanakan.

Misalnya, 9/4 x 11/3 = 99/12.

TRENDING 🔥  Cara Menggambar Graf Sederhana

3. Sederhanakan Pecahan Hasil Perkalian

Setelah mengetahui hasil perkalian kedua pecahan, selanjutnya kita harus menyederhanakan pecahan tersebut. Caranya adalah dengan mencari faktor persekutuan terbesar (FPB) dari pembilang dan penyebut pecahan tersebut, kemudian membagi kedua bilangan tersebut dengan FPB tersebut.

4. Ubah Pecahan Biasa Menjadi Pecahan Campuran

Setelah pecahan hasil perkalian disederhanakan, kita kemudian mengubahnya kembali menjadi pecahan campuran jika perlu. Caranya adalah dengan membagi pembilang hasil perkalian dengan penyebutnya. Hasilnya adalah bilangan bulat dan sisa pembagian. Bilangan bulat tersebut menjadi angka di depan pecahan, sementara sisa pembagian tersebut menjadi pembilang pecahan dengan penyebut yang sama seperti sebelumnya.

Misalnya, hasil perkalian 9/4 x 11/3 = 33/4. Setelah disederhanakan, menjadi 8 1/4. Artinya, 2 1/4 x 3 2/3 = 8 1/4.

Contoh Soal dan Penyelesaian

Untuk lebih memahami cara menyederhanakan pecahan campuran perkalian, berikut ini adalah contoh soal dan penyelesaiannya:

Soal
Penyelesaian
2 1/2 x 3 3/4
1. Ubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa
2 1/2 = 5/2; 3 3/4 = 15/4
2. Kalikan kedua pecahan
5/2 x 15/4 = 75/8
3. Sederhanakan pecahan hasil perkalian
FPB (75, 8) = 1
75/8 : 1/1 = 75/8
4. Ubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran
75/8 : 8 = 9 sisa 3
Hasil akhir adalah 9 3/8
1 1/3 x 2 1/2
1. Ubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa
1 1/3 = 4/3; 2 1/2 = 5/2
2. Kalikan kedua pecahan
4/3 x 5/2 = 10/3
3. Sederhanakan pecahan hasil perkalian
FPB (10, 3) = 1
10/3 : 1/1 = 10/3
4. Ubah pecahan biasa menjadi pecahan campuran
10/3 : 3 = 3 sisa 1
Hasil akhir adalah 3 1/3

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apa bedanya pecahan campuran dengan pecahan biasa?

Pecahan campuran merupakan pecahan biasa yang memiliki angka bulat di depannya. Sedangkan pecahan biasa tidak memiliki angka bulat di depannya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Donat Sederhana di Rumah

Bagaimana cara menyederhanakan pecahan biasa?

Cara menyederhanakan pecahan biasa adalah dengan mencari faktor persekutuan terbesar (FPB) dari pembilang dan penyebut pecahan tersebut, kemudian membagi kedua bilangan tersebut dengan FPB tersebut.

Apakah harus selalu mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa?

Tidak selalu. Namun, dengan mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, kita lebih mudah dalam melakukan perkalian dan penyederhanaan pecahan.

Apakah penyederhanaan pecahan campuran perkalian selalu dapat dilakukan?

Ya, penyederhanaan pecahan campuran perkalian selalu dapat dilakukan. Namun, hasil sederhana yang didapatkan bisa berupa pecahan biasa atau pecahan campuran.

Apakah hasil sederhana dari pecahan campuran perkalian selalu pecahan campuran?

Tidak selalu. Hasil sederhana dari pecahan campuran perkalian bisa berupa pecahan biasa atau pecahan campuran.

Kesimpulan

Penyederhanaan pecahan campuran perkalian dapat dilakukan dengan mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, melakukan perkalian, menyederhanakan pecahan hasil perkalian, dan mengubah kembali menjadi pecahan campuran jika perlu. Dengan memahami cara ini, kita dapat lebih mudah dalam mengerjakan soal matematika yang berkaitan dengan pecahan campuran perkalian. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Menyederhanakan Pecahan Campuran Perkalian