Cara Menyederhanakan Pecahan 73 36 adalah

Halo Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara menyederhanakan pecahan 73 36. Pecahan memang seringkali membuat kita bingung dan sulit dipahami. Namun, dengan memahami langkah-langkah yang tepat, kalian akan mudah untuk menyederhanakan pecahan tersebut. Yuk simak artikel ini sampai habis!

Pengertian Pecahan

Pecahan adalah bilangan yang menyatakan bagian dari keseluruhan dengan menggunakan angka pecahan. Pecahan terdiri dari dua bagian, yaitu pembilang dan penyebut. Pembilang adalah angka yang berada di atas garis pecahan (numerator), sedangkan penyebut adalah angka yang berada di bawah garis pecahan (denominator).

Contoh pecahan adalah 1/2, 2/5, 3/4, dan seterusnya. Pecahan juga bisa diubah menjadi desimal atau persen dengan melakukan operasi matematika yang sesuai.

Langkah-langkah Menyederhanakan Pecahan 73 36

Untuk menyederhanakan pecahan 73 36, kalian harus melakukan beberapa langkah berikut:

Langkah 1: Cari Faktor Persekutuan Terbesar

Langkah pertama adalah mencari faktor persekutuan terbesar antara pembilang dan penyebut.

Pembilang
Penyebut
73
36

Untuk mencari faktor persekutuan terbesar, kalian bisa menggunakan metode faktorisasi prima. Caranya adalah dengan memfaktorkan bilangan tersebut menjadi faktor-faktor prima, kemudian mencari faktor-faktor yang sama pada kedua bilangan dan mengalikannya.

Faktor prima dari 73 adalah 73 (karena bilangan prima tidak bisa difaktorkan lagi), sedangkan faktor prima dari 36 adalah 2 x 2 x 3 x 3.

Maka, faktor persekutuan terbesar antara 73 dan 36 adalah 1 (karena tidak ada faktor prima yang sama).

Langkah 2: Bagi Pembilang dan Penyebut dengan Faktor Persekutuan Terbesar

Setelah menemukan faktor persekutuan terbesar, langkah berikutnya adalah membagi pembilang dan penyebut dengan faktor tersebut.

Pada kasus kali ini, faktor persekutuan terbesar adalah 1, sehingga pembilang dan penyebut tidak perlu dibagi lagi.

TRENDING 🔥  Karya Ilmiah Sederhana dengan Cara Menyusun

FAQ

Apakah Pecahan 73 36 Bisa Disederhanakan?

Iya, pecahan 73 36 bisa disederhanakan dengan mencari faktor persekutuan terbesar dan membagi pembilang dan penyebut dengan faktor tersebut.

Bagaimana Cara Mencari Faktor Persekutuan Terbesar?

Kalian bisa menggunakan metode faktorisasi prima untuk mencari faktor persekutuan terbesar. Caranya adalah dengan memfaktorkan bilangan menjadi faktor-faktor prima, kemudian mencari faktor-faktor yang sama pada kedua bilangan dan mengalikannya.

Apakah Harus Selalu Menyederhanakan Pecahan?

Tidak selalu harus menyederhanakan pecahan. Namun, menyederhanakan pecahan bisa mempermudah perhitungan dan mempermudah pemahaman.

Kesimpulan

Menyederhanakan pecahan 73 36 bisa dilakukan dengan mencari faktor persekutuan terbesar dan membagi pembilang dan penyebut dengan faktor tersebut. Dengan memahami langkah-langkah tersebut, kalian bisa menyederhanakan pecahan dengan mudah.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Menyederhanakan Pecahan 73 36 adalah