Cara Menyederhanakan Link Google Form

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara menyederhanakan link Google Form. Seperti yang kita ketahui, Google Form adalah salah satu alat yang sangat berguna untuk mengumpulkan data dan informasi dalam bentuk survei, polling, atau formulir. Namun, seringkali link Google Form yang dihasilkan terlalu panjang dan sulit untuk dibagikan. Nah, berikut adalah cara mudah untuk menyederhanakan link Google Form agar lebih praktis dan mudah dibagikan.

Pengenalan

Sebelum kita mulai, mari kita lihat sedikit pengenalan tentang Google Form dan apa itu link Google Form. Google Form adalah alat yang disediakan oleh Google untuk membuat formulir online seperti survei, kuesioner, atau pendaftaran. Setiap kali kita membuat formulir baru, Google akan memberikan link unik yang dapat digunakan untuk mengakses formulir tersebut.

Namun, seringkali link yang dihasilkan terlalu panjang dan sulit untuk dibagikan, terutama jika kita ingin membagikan formulir tersebut melalui media sosial atau aplikasi pesan. Oleh karena itu, kita perlu menyederhanakan link Google Form agar lebih praktis dan mudah dibagikan.

Cara Menyederhanakan Link Google Form

1. Menggunakan URL Shortener

Cara pertama yang dapat kita lakukan adalah menggunakan URL shortener atau penyederhana URL seperti bit.ly atau tinyurl.com. Kita tinggal memasukkan link Google Form yang panjang ke dalam kolom yang disediakan oleh URL shortener tersebut, kemudian kita akan mendapatkan link yang lebih pendek dan mudah dibagikan.

Untuk menggunakan URL shortener, kita dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-langkah
Keterangan
1. Buka URL Shortener
Buka situs URL shortener seperti bit.ly atau tinyurl.com
2. Masukkan Link Google Form
Salin link Google Form yang ingin disederhanakan, kemudian tempelkan ke dalam kolom yang disediakan di situs URL shortener
3. Klik Sederhana
Klik tombol “Sederhana” atau “Shorten” untuk mendapatkan link yang lebih pendek
4. Salin Link Baru
Salin link baru yang dihasilkan oleh URL shortener, kemudian gunakan untuk membagikan formulir Google kita
TRENDING 🔥  Cara Membuat Vitamin Sederhana untuk Semut Kroto

2. Menggunakan Google URL Shortener

Cara kedua adalah menggunakan layanan Google URL shortener yang disediakan oleh Google. Layanan ini memungkinkan kita untuk menyederhanakan link Google Form menjadi lebih pendek dan mudah diingat.

Untuk menggunakan layanan Google URL shortener, kita dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-langkah
Keterangan
1. Buka Google URL Shortener
Buka situs Google URL shortener di https://goo.gl/
2. Masukkan Link Google Form
Salin link Google Form yang ingin disederhanakan, kemudian tempelkan ke dalam kolom yang disediakan di situs Google URL shortener
3. Klik Sederhana
Klik tombol “Sederhana” atau “Shorten URL” untuk mendapatkan link yang lebih pendek
4. Salin Link Baru
Salin link baru yang dihasilkan oleh Google URL shortener, kemudian gunakan untuk membagikan formulir Google kita

3. Menyembunyikan Link Google Form di Teks

Cara ketiga adalah dengan menyembunyikan link Google Form di dalam teks atau kalimat. Kita dapat membuat kata atau kalimat tertentu sebagai hyperlink yang mengarah ke link Google Form.

Contohnya, kita dapat membuat kata “klik di sini” sebagai hyperlink yang mengarah ke link Google Form kita. Cara ini cukup efektif jika kita ingin membagikan link Google Form melalui media sosial atau aplikasi pesan.

FAQ

1. Apa itu Google Form?

Google Form adalah salah satu alat yang disediakan oleh Google untuk membuat formulir online seperti survei, kuesioner, atau pendaftaran. Setiap kali kita membuat formulir baru, Google akan memberikan link unik yang dapat digunakan untuk mengakses formulir tersebut.

2. Mengapa perlu menyederhanakan link Google Form?

Seringkali link Google Form yang dihasilkan terlalu panjang dan sulit untuk dibagikan, terutama jika kita ingin membagikan formulir tersebut melalui media sosial atau aplikasi pesan. Oleh karena itu, kita perlu menyederhanakan link Google Form agar lebih praktis dan mudah dibagikan.

TRENDING 🔥  Cara Membut Botol Susu Sederhana

3. Apa cara yang paling mudah untuk menyederhanakan link Google Form?

Cara paling mudah untuk menyederhanakan link Google Form adalah dengan menggunakan URL shortener atau penyederhana URL seperti bit.ly atau tinyurl.com. Kita tinggal memasukkan link Google Form yang panjang ke dalam kolom yang disediakan oleh URL shortener tersebut, kemudian kita akan mendapatkan link yang lebih pendek dan mudah dibagikan.

Kesimpulan

Demikianlah cara menyederhanakan link Google Form yang dapat kita lakukan. Dengan menyederhanakan link Google Form, kita dapat lebih mudah membagikan formulir kita melalui media sosial atau aplikasi pesan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Menyederhanakan Link Google Form