Cara Menyederhanakan Bilangan Desimal di Excel

Halo Sobat Sederhana! Dalam dunia perkantoran, pemakaian Microsoft Excel sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Salah satu fitur yang sering digunakan adalah menyederhanakan bilangan desimal. Meskipun terlihat sepele, menyederhanakan bilangan desimal di Excel bisa mempermudah pekerjaan dan membuat hasil yang lebih akurat. Artikel ini akan membahas cara menyederhanakan bilangan desimal di Excel dengan mudah dan cepat.

1. Apa itu bilangan desimal di Excel?

Sebelum membahas cara menyederhanakan bilangan desimal di Excel, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu bilangan desimal. Bilangan desimal adalah angka yang terdiri dari angka dasar 10 (0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9) yang digunakan untuk menunjukkan pecahan atau pembagian. Di Excel, bilangan desimal sering digunakan untuk menghitung angka-angka yang akurat.

Contohnya, jika kita ingin menghitung persentase nilai Ujian Nasional, maka kita perlu menghitung rata-rata nilai siswa. Namun, seringkali hasil rata-rata yang kita dapatkan memiliki banyak angka di belakang koma, seperti 87,667891. Tanpa menyederhanakan bilangan desimal, angka ini akan sulit dibaca dan dipahami oleh orang lain.

1.1. Bilangan bulat dan bilangan pecahan

Selain bilangan desimal, terdapat juga dua jenis bilangan lain yang sering digunakan di Excel, yaitu bilangan bulat dan bilangan pecahan. Bilangan bulat adalah angka yang tidak memiliki koma, sedangkan bilangan pecahan adalah angka yang memiliki koma.

Contohnya, 5 adalah bilangan bulat, sedangkan 5,5 adalah bilangan pecahan. Dalam Excel, kita bisa menggunakan rumus dan fungsi untuk mengolah bilangan bulat dan pecahan. Namun, agar hasil lebih mudah dibaca dan dipahami, maka kita perlu menyederhanakan bilangan desimal.

2. Cara menyederhanakan bilangan desimal dengan Auto Fit

Cara paling mudah untuk menyederhanakan bilangan desimal di Excel adalah dengan menggunakan fitur Auto Fit. Fitur ini bisa memperkecil angka di belakang koma menjadi angka yang lebih sedikit dan mudah dibaca. Berikut adalah cara menggunakan fitur Auto Fit:

  1. Pilih sel atau kolom yang ingin kita sederhanakan.
  2. Klik kanan pada sel atau kolom yang dipilih, kemudian pilih Format Cells.
  3. Pilih tab Number, kemudian pilih Category: Number.
  4. Pada bagian Decimal Places, pilih angka desimal yang diinginkan. Misalnya, jika kita ingin memperkecil angka di belakang koma menjadi 2 digit, maka pilih angka 2.
  5. Klik OK untuk menyimpan perubahan.
TRENDING 🔥  Cara Hias Tumpeng Sederhana untuk Sobat Sederhana

Dengan fitur Auto Fit, angka di belakang koma akan otomatis disederhanakan. Namun, cara ini hanya efektif untuk menyederhanakan sedikit angka di belakang koma. Jika angka di belakang koma terlalu banyak, maka cara ini tidak akan cukup.

3. Cara menyederhanakan bilangan desimal dengan ROUND

Jika kita ingin menyederhanakan bilangan desimal dengan lebih akurat, maka kita bisa menggunakan rumus ROUND. Rumus ini akan membulatkan angka ke atas atau ke bawah sesuai dengan digit yang kita tentukan. Berikut adalah cara menggunakan rumus ROUND:

  1. Ketikkan rumus dengan format: =ROUND(number,num_digits)
  2. number adalah angka yang ingin kita bulatkan.
  3. num_digits adalah jumlah digit di belakang koma yang kita inginkan.
  4. Misalnya, jika kita ingin membulatkan angka 87,667891 menjadi 87,67 (2 digit di belakang koma), maka kita bisa menggunakan rumus =ROUND(87,667891,2).
  5. Tekan Enter untuk menghasilkan hasil yang sudah disederhanakan.

3.1. Contoh penggunaan rumus ROUND

Contoh di atas mungkin terlihat sederhana, namun pada kenyataannya kita seringkali perlu menyederhanakan angka dengan lebih kompleks. Berikut adalah contoh penggunaan rumus ROUND dengan lebih kompleks:

No
Nama
Nilai Tugas
Nilai Ujian
Nilai Akhir
1
Andre
87,5
91,3
=ROUND((A2*0,4)+(B2*0,6),2)
2
Bintang
78,2
88,5
=ROUND((A3*0,4)+(B3*0,6),2)
3
Citra
90,0
95,8
=ROUND((A4*0,4)+(B4*0,6),2)

Pada contoh di atas, kita ingin menghitung nilai akhir siswa dengan mempertimbangkan nilai tugas dan nilai ujian. Nilai akhir dihitung dengan rumus =ROUND((A2*0,4)+(B2*0,6),2), dimana A2 adalah nilai tugas dan B2 adalah nilai ujian dari siswa Andre.

Dengan cara ini, kita bisa menyederhanakan angka dengan lebih akurat dan mudah dibaca oleh orang lain.

4. Cara menyederhanakan bilangan desimal dengan TRUNC

Selain menggunakan rumus ROUND, kita juga bisa menggunakan rumus TRUNC. Rumus ini akan membuang angka di belakang koma tanpa membulatkannya ke atas atau ke bawah. Berikut adalah cara menggunakan rumus TRUNC:

  1. Ketikkan rumus dengan format: =TRUNC(number,num_digits)
  2. number adalah angka yang ingin kita buang angka di belakang koma nya.
  3. num_digits adalah jumlah digit di belakang koma yang kita inginkan.
  4. Misalnya, jika kita ingin membuang angka di belakang koma pada angka 87,667891 menjadi 87, maka kita bisa menggunakan rumus =TRUNC(87,667891,0).
  5. Tekan Enter untuk menghasilkan hasil yang sudah disederhanakan.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Saus Salad Buah Sederhana

Dengan rumus TRUNC, kita bisa membuang angka di belakang koma tanpa membulatkannya. Jadi, hasilnya bisa berbeda dengan rumus ROUND.

4.1. Contoh penggunaan rumus TRUNC

Berikut adalah contoh penggunaan rumus TRUNC untuk menyederhanakan nilai kurs mata uang:

Kurs (Rp) 100 USD 500 USD 1000 USD
=TRUNC(A2*B2,0) =TRUNC(A2*B3,0) =TRUNC(A2*B4,0)

Dalam contoh di atas, kita ingin menghitung nilai rupiah dari jumlah dolar yang telah ditentukan. Nilai kurs dalam contoh ini adalah 14.000. Dengan menggunakan rumus TRUNC, kita bisa membuang angka di belakang koma sehingga hasilnya lebih mudah dibaca dan dipahami.

5. Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara untuk menyederhanakan bilangan desimal di Excel. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung pada kebutuhan kita. Dalam menggunakan Excel, kita perlu memahami cara mengolah angka agar hasilnya lebih akurat dan mudah dibaca. Dengan mengikuti panduan di atas, kita bisa menyederhanakan bilangan desimal dengan mudah dan cepat.

FAQ

1. Apakah saya perlu menyederhanakan bilangan desimal di Excel?

Ya, menyederhanakan bilangan desimal di Excel sangat penting agar hasil yang kita dapatkan lebih akurat dan mudah dibaca oleh orang lain.

2. Apakah saya bisa menggunakan rumus ROUND dan TRUNC pada satu sel?

Tidak, Anda hanya bisa menggunakan salah satu rumus pada satu sel.

3. Apakah saya bisa menggunakan rumus ROUND dengan angka di belakang koma yang nol?

Ya, Anda bisa menggunakan rumus ROUND dengan angka di belakang koma yang nol.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Menyederhanakan Bilangan Desimal di Excel