Cara Menyederhanakan Bentuk Aljabar Kelas 8 Penjumlahan dan Pengurangan

Halo Sobat Sederhana, dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang cara menyederhanakan bentuk aljabar kelas 8 pada operasi penjumlahan dan pengurangan. Aljabar menjadi salah satu pelajaran yang seringkali membuat siswa merasa sulit, terlebih pada kelas 8 yang mempelajari konsep-konsep dasar aljabar. Dalam pembahasan kali ini, akan dijelaskan langkah-langkah sederhana untuk menyederhanakan bentuk aljabar pada operasi penjumlahan dan pengurangan.

Pengertian Aljabar

Sebelum membahas cara menyederhanakan bentuk aljabar pada operasi penjumlahan dan pengurangan, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu pengertian aljabar itu sendiri. Aljabar merupakan cabang matematika yang mempelajari operasi dan simbol-simbol matematika seperti variabel, konstanta, dan parameter.

Dalam aljabar, variabel diwakili oleh huruf yang biasanya digunakan untuk menggantikan bilangan atau angka. Adapun fungsi dari variabel tersebut adalah untuk mempermudah dalam melakukan penghitungan maupun pemecahan masalah. Konstanta pada aljabar sendiri adalah bilangan yang tak berubah nilainya, sementara parameter merupakan nilai yang bisa berubah-ubah menurut kondisi yang diberikan.

Contoh Soal Penjumlahan Aljabar

Sebelum masuk ke langkah-langkah cara menyederhanakan bentuk aljabar pada operasi penjumlahan dan pengurangan, mari kita coba mempelajari terlebih dahulu contoh soal penjumlahan aljabar. Misalkan kita memiliki persamaan seperti berikut:

(a + b) + (c + d)

Persamaan tersebut dapat disederhanakan dengan menjumlahkan setiap variabel yang memiliki simbol yang sama. Sehingga, hasil penjumlahannya adalah sebagai berikut:

a + b + c + d

Hasil tersebut adalah bentuk sederhana dari persamaan penjumlahan aljabar. Mari kita lanjutkan ke contoh soal pengurangan aljabar.

Contoh Soal Pengurangan Aljabar

Contoh soal pengurangan aljabar adalah sebagai berikut:

(m – n) – (o – p)

Persamaan tersebut dapat disederhanakan dengan melakukan pengurangan setiap variabel yang memiliki simbol yang sama. Maka, bentuk sederhana dari persamaan pengurangan aljabar tersebut adalah sebagai berikut:

TRENDING 🔥  Teks Laporan Cara Membuat Filter Air Sederhana dari Botol

m – n – o + p

Nah, setelah memahami contoh soal penjumlahan dan pengurangan aljabar, kita lanjutkan ke langkah-langkah cara menyederhanakan bentuk aljabar pada operasi penjumlahan dan pengurangan.

Langkah-langkah Menyederhanakan Bentuk Aljabar Kelas 8 Penjumlahan dan Pengurangan

Langkah-langkah sederhana untuk menyederhanakan bentuk aljabar pada operasi penjumlahan dan pengurangan adalah sebagai berikut:

1. Identifikasi Variabel yang Sama

Langkah pertama untuk menyederhanakan bentuk aljabar pada operasi penjumlahan dan pengurangan adalah dengan mengidentifikasi variabel yang sama pada setiap ruas persamaan. Pada operasi penjumlahan, identifikasi variabel yang sama dengan cara menjumlahkan variabel yang memiliki simbol yang sama. Sedangkan pada operasi pengurangan, identifikasi variabel yang sama dengan cara mengurangkan variabel yang memiliki simbol yang sama.

2. Gabungkan Variabel yang Sama

Setelah mengidentifikasi variabel yang sama, langkah selanjutnya adalah menggabungkan variabel yang sama menjadi satu variabel yang memiliki koefisien yang sama. Koefisien adalah bilangan yang mengalikan suatu variabel dalam persamaan aljabar. Sebagai contoh, pada persamaan 4x + 5x, koefisien x adalah 4 dan 5.

3. Urutkan Variabel berdasarkan Koefisiennya dari yang Besar ke yang Kecil

Setelah variabel digabungkan, urutkan variabel dari yang memiliki koefisien yang besar ke yang memiliki koefisien yang kecil. Hal ini dilakukan agar persamaan aljabar menjadi lebih mudah dibaca dan dipahami.

4. Tambahkan atau Kurangkan Koefisien Variabel yang Sama

Setelah variabel diurutkan, langkah selanjutnya adalah menambahkan atau mengurangkan koefisien variabel yang sama. Pada operasi penjumlahan, tambahkan koefisien variabel yang sama, sedangkan pada operasi pengurangan, kurangkan koefisien variabel yang sama.

5. Sederhanakan Bentuk Aljabar

Langkah terakhir adalah menyederhanakan bentuk aljabar dengan menggabungkan variabel yang sama dan menjumlahkan atau mengurangkan koefisien variabel yang sama. Dengan begitu, persamaan aljabar akan menjadi lebih sederhana dan mudah dipahami.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sayur Sop Sederhana Tanpa Daging - Sobat Sederhana

Contoh Soal Menyederhanakan Bentuk Aljabar Kelas 8 Penjumlahan dan Pengurangan

Berikut ini adalah contoh soal untuk menyederhanakan bentuk aljabar pada operasi penjumlahan dan pengurangan:

3x + 2y + 4x – y + 7z – 3x + 2z

Langkah-langkah untuk menyederhanakan bentuk aljabar pada soal di atas adalah sebagai berikut:

1. Identifikasi Variabel yang Sama

Pada persamaan di atas, variabel yang sama adalah x, y, dan z.

2. Gabungkan Variabel yang Sama

Setelah mengidentifikasi variabel yang sama, gabungkan variabel yang sama menjadi satu variabel yang memiliki koefisien yang sama. Maka, persamaan di atas akan menjadi:

3x + 4x – 3x + 2y – y + 7z + 2z

Hasilnya adalah:

4x + y + 9z

3. Urutkan Variabel berdasarkan Koefisiennya dari yang Besar ke yang Kecil

Setelah variabel digabungkan, urutkan variabel dari yang memiliki koefisien yang besar ke yang memiliki koefisien yang kecil. Maka, persamaan di atas akan menjadi:

4x + y + 9z

4. Tambahkan atau Kurangkan Koefisien Variabel yang Sama

Selanjutnya, tambahkan atau kurangkan koefisien variabel yang sama. Dalam kasus ini, tidak ada variabel yang perlu ditambah atau dikurangkan.

5. Sederhanakan Bentuk Aljabar

Langkah terakhir adalah menyederhanakan bentuk aljabar dengan menggabungkan variabel yang sama dan menjumlahkan atau mengurangkan koefisien variabel yang sama. Dengan begitu, persamaan aljabar akan menjadi lebih sederhana dan mudah dipahami. Hasil akhir dari soal ini adalah:

4x + y + 9z

FAQ

No.
Pertanyaan
Jawaban
1
Apa itu aljabar?
Aljabar merupakan cabang matematika yang mempelajari operasi dan simbol-simbol matematika seperti variabel, konstanta, dan parameter.
2
Bagaimana cara menyederhanakan bentuk aljabar pada operasi penjumlahan dan pengurangan?
Langkah-langkah sederhana untuk menyederhanakan bentuk aljabar pada operasi penjumlahan dan pengurangan adalah dengan mengidentifikasi variabel yang sama, menggabungkan variabel yang sama, mengurutkan variabel berdasarkan koefisiennya dari yang besar ke kecil, menambahkan atau mengurangkan koefisien variabel yang sama, dan menyederhanakan bentuk aljabar.
3
Bagaimana contoh soal penjumlahan aljabar?
Misalkan kita memiliki persamaan seperti berikut: (a + b) + (c + d). Persamaan tersebut dapat disederhanakan dengan menjumlahkan setiap variabel yang memiliki simbol yang sama. Sehingga, hasil penjumlahannya adalah a + b + c + d.
4
Bagaimana contoh soal pengurangan aljabar?
Contoh soal pengurangan aljabar adalah sebagai berikut: (m – n) – (o – p). Persamaan tersebut dapat disederhanakan dengan melakukan pengurangan setiap variabel yang memiliki simbol yang sama. Maka, bentuk sederhana dari persamaan pengurangan aljabar tersebut adalah m – n – o + p.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Rumah Kucing Sederhana

Demikianlah artikel mengenai cara menyederhanakan bentuk aljabar kelas 8 pada operasi penjumlahan dan pengurangan. Dengan memahami langkah-langkah sederhana tersebut, diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami konsep aljabar dan mampu mengaplikasikannya dalam pembelajaran matematika. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Menyederhanakan Bentuk Aljabar Kelas 8 Penjumlahan dan Pengurangan