Cara Menulis Makro Sederhana di Excel

Halo Sobat Sederhana, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara menulis makro sederhana di Excel. Makro adalah serangkaian perintah yang digunakan untuk mengotomatisasi tugas yang dilakukan secara berulang pada Excel. Dengan menuliskan makro, Anda dapat menghemat waktu dan usaha dalam menyelesaikan tugas sehari-hari pada Excel. Yuk, pelajari bersama cara menulis makro sederhana di Excel!

Pengenalan Makro di Excel

Sebelum kita mulai membahas cara menulis makro sederhana di Excel, ada baiknya kita mempelajari terlebih dahulu apa itu makro di Excel dan apa manfaatnya bagi kegiatan sehari-hari. Makro sendiri adalah serangkaian perintah yang disimpan dan dijalankan pada Excel. Makro dapat membantu Anda melakukan tugas-tugas yang dilakukan secara berulang pada Excel secara otomatis, sehingga dapat menghemat waktu dan usaha.

Makro sendiri digunakan dalam bahasa pemrograman VBA (Visual Basic for Applications) yang terintegrasi pada Excel. VBA adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam Excel untuk menulis makro dan memproses data pada Excel.

Dalam artikel ini kita akan belajar cara menulis makro sederhana di Excel dengan menggunakan bahasa pemrograman VBA. Simak langkah-langkahnya pada sub bab berikut.

Persiapan untuk Menulis Makro di Excel

Sebelum mulai menulis makro sederhana di Excel, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah hal-hal yang perlu disiapkan:

No
Persiapan
1
Mengaktifkan Developer Tab
2
Membuka VBA Editor
3
Menyiapkan file Excel

Mengaktifkan Developer Tab

Untuk dapat menulis makro di Excel, Anda perlu mengaktifkan tab developer terlebih dahulu. Developer tab adalah tab khusus pada Excel yang digunakan untuk mengakses berbagai fitur pemrograman, termasuk VBA Editor.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Taplak Meja Sederhana dari Kain Perca

Cara mengaktifkan developer tab:

  1. Buka Excel.
  2. Klik “File” pada menu bar.
  3. Pilih “Options”.
  4. Pilih “Customize Ribbon”.
  5. Pilih kotak centang “Developer” pada bagian “Main Tabs” dan klik “OK”.

Membuka VBA Editor

Setelah mengaktifkan developer tab, langkah selanjutnya adalah membuka VBA Editor. VBA Editor adalah tempat di mana Anda dapat menulis dan mengedit makro di Excel.

Cara membuka VBA Editor:

  1. Klik “Developer” pada menu bar.
  2. Pilih “Visual Basic”.

Menyiapkan File Excel

Setelah membuka VBA Editor, Anda perlu menyiapkan file Excel untuk diberi makro. Pastikan file Excel yang digunakan sudah lengkap dengan data dan formatnya.

Langkah-Langkah Menulis Makro Sederhana di Excel

Nah, setelah persiapan awal telah dilakukan, berikut ini adalah langkah-langkah menulis makro sederhana di Excel:

  1. Mulai dengan membuka file Excel yang ingin diberi makro.
  2. Klik “Developer” pada menu bar.
  3. Pilih “Visual Basic”.
  4. Di VBA Editor, klik “Insert” pada menu bar.
  5. Pilih “Module”.
  6. Tuliskan kode VBA untuk makro pada editor.
  7. Jalankan makro yang telah ditulis dengan cara menekan tombol “F5”.

Kode VBA untuk Makro Sederhana

Berikut adalah kode VBA untuk makro sederhana pada Excel:

Sub macro_sederhana()'Memisahkan barisRange("A1").SelectDo While ActiveCell.Value <> ""If ActiveCell.Value = "Tugas 1" ThenActiveCell.Offset(1, 0).SelectElseActiveCell.Offset(0, 1).SelectEnd IfLoopEnd Sub

Dalam kode VBA di atas, makro akan memisahkan baris berdasarkan kriteria “Tugas 1”. Makro akan melewatkan baris dengan kriteria “Tugas 1” dan memindahkan ke baris selanjutnya. Jika tidak ada baris dengan kriteria “Tugas 1”, maka makro akan memindahkan ke kolom selanjutnya.

FAQ tentang Cara Menulis Makro Sederhana di Excel

1. Apa itu makro di Excel?

Makro adalah serangkaian perintah dalam bahasa pemrograman VBA yang digunakan untuk mengotomatisasi tugas yang dilakukan secara berulang pada Excel.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pempek Sederhana

2. Apa manfaat dari menulis makro di Excel?

Manfaat dari menulis makro di Excel adalah dapat menghemat waktu dan usaha dalam menyelesaikan tugas sehari-hari pada Excel. Dengan menuliskan makro, Anda dapat melakukan tugas-tugas yang dilakukan secara berulang pada Excel secara otomatis.

3. Apa yang harus dipersiapkan sebelum menulis makro di Excel?

Hal-hal yang perlu disiapkan sebelum menulis makro di Excel adalah mengaktifkan developer tab, membuka VBA Editor, dan menyiapkan file Excel.

4. Apa bahasa pemrograman yang digunakan dalam menulis makro di Excel?

Bahasa pemrograman yang digunakan dalam menulis makro di Excel adalah VBA (Visual Basic for Applications).

5. Apa langkah-langkah untuk menulis makro sederhana di Excel?

Langkah-langkah untuk menulis makro sederhana di Excel adalah membuka file Excel yang ingin diberi makro, mengaktifkan developer tab, membuka VBA Editor, menulis kode VBA untuk makro, dan menjalankan makro yang telah ditulis.

Kesimpulan

Demikianlah cara menulis makro sederhana di Excel. Semoga artikel ini dapat membantu sobat sederhana dalam mengotomatisasi tugas sehari-hari pada Excel dan menghemat waktu serta usaha. Selalu praktikkan cara menulis makro sederhana di Excel untuk mendapatkan hasil yang optimal. Terima kasih telah membaca sampai selesai, Sobat Sederhana. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Menulis Makro Sederhana di Excel