Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Paling Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas tentang cara mengubah pecahan biasa menjadi pecahan paling sederhana. Pecahan sederhana sangat penting dalam matematika karena memudahkan kita dalam melakukan operasi matematika. Yuk kita simak cara-cara mengubah pecahan biasa menjadi pecahan paling sederhana berikut ini.

Pengertian Pecahan Biasa dan Pecahan Sederhana

Sebelum masuk pada pembahasan inti, sebaiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu pecahan biasa dan pecahan sederhana. Pecahan biasa adalah pecahan yang belum dapat disederhanakan lagi. Sedangkan pecahan sederhana atau pecahan paling sederhana adalah pecahan yang sudah dalam bentuk paling sederhana, dimana penyebut dan pembilang sudah tidak bisa disederhanakan lagi.

Contoh pecahan biasa : 9/12, 2/6, 5/15.

Sedangkan contoh pecahan sederhana : 3/4, 2/5, dan 5/8. Pecahan sederhana memiliki penyebut dan pembilang yang sudah tidak dapat disederhanakan lagi.

Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Sederhana

1. Faktorisasi

Langkah pertama untuk mengubah pecahan biasa ke pecahan sederhana adalah dengan faktorisasi. Faktorisasi adalah memecahkan bilangan menjadi faktor yang lebih kecil. Misalnya, kita akan mengubah pecahan 8/12 menjadi pecahan sederhana. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memfaktorkan bilangan 12 menjadi 2 dan 6, atau 3 dan 4.

12
=
2 x 6
=
3 x 4

Lalu, kita dapat menuliskan pecahan 8/12 sebagai berikut:

8
=
2 x 4
=
4 x 2

Maka, pecahan 8/12 dapat disederhanakan menjadi pecahan paling sederhana yaitu 2/3.

2. Bagi Pembilang dan Penyebut dengan Faktor Sama

Cara kedua adalah dengan membagi pembilang dan penyebut dengan faktor yang sama. Misalnya, kita akan mengubah pecahan biasa 24/36 menjadi pecahan sederhana. Langkah pertama adalah mencari faktor pembagi terbesar dari pembilang dan penyebut.

Faktor Pembagi 24 :
1, 2, 3, 4, 6, 8, 12
Faktor Pembagi 36 :
1, 2, 3, 4, 6, 9, 12, 18
TRENDING 🔥  Cara Membuat Anten TV Sederhana

Dari tabel faktor pembagi di atas, kita dapat mencari faktor terbesar pembilang dan penyebut, yaitu 12. Lalu, kita dapat membagi pembilang dan penyebut dengan angka 12.

24
:
12
=
2
36
:
12
=
3

Maka, pecahan 24/36 dapat disederhanakan menjadi pecahan paling sederhana yaitu 2/3.

3. Gunakan Kaidah Bagi

Cara ketiga adalah dengan menggunakan kaidah bagi. Kaidah bagi adalah membagi bilangan dengan bilangan yang sama. Misalnya, kita akan mengubah pecahan biasa 10/20 menjadi pecahan sederhana. Kita dapat menggunakan kaidah bagi dengan membagi bilangan pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama. Dalam hal ini, kita dapat membagi dengan bilangan 10.

10
:
10
=
1
20
:
10
=
2

Maka, pecahan 10/20 dapat disederhanakan menjadi pecahan paling sederhana yaitu 1/2.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang dimaksud dengan pecahan biasa?

Pecahan biasa adalah pecahan yang belum dapat disederhanakan lagi. Sedangkan pecahan sederhana atau pecahan paling sederhana adalah pecahan yang sudah dalam bentuk paling sederhana, dimana penyebut dan pembilang sudah tidak bisa disederhanakan lagi.

2. Apa itu faktorisasi?

Faktorisasi adalah memecahkan bilangan menjadi faktor yang lebih kecil.

3. Apa yang dimaksud dengan pecahan sederhana?

Pecahan sederhana atau pecahan paling sederhana adalah pecahan yang sudah dalam bentuk paling sederhana, dimana penyebut dan pembilang sudah tidak bisa disederhanakan lagi.

4. Apa yang harus dilakukan jika ingin mengubah pecahan biasa menjadi pecahan sederhana?

Untuk mengubah pecahan biasa menjadi pecahan sederhana, kita dapat melakukan faktorisasi, membagi pembilang dan penyebut dengan faktor yang sama, atau menggunakan kaidah bagi.

5. Mengapa penting untuk mengubah pecahan biasa menjadi pecahan sederhana?

Pecahan sederhana sangat penting dalam matematika karena memudahkan kita dalam melakukan operasi matematika.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Siomay Ayam Rumahan Sederhana

Penutup

Itulah tadi cara mengubah pecahan biasa ke pecahan paling sederhana yang dapat Sobat Sederhana coba. Ingatlah bahwa pecahan sederhana sangat penting dalam matematika, jadi selalu usahakan untuk mengubah pecahan biasa menjadi pecahan sederhana. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Paling Sederhana