Cara Menghitung Regresi Sederhana

Sobat Sederhana, apakah kalian pernah mendengar istilah regresi sederhana? Regresi sederhana merupakan salah satu teknik pengolahan data yang sering digunakan dalam berbagai bidang, seperti ekonomi, sains, dan sosial. Melalui teknik ini, kita dapat mengetahui sejauh mana hubungan antara dua variabel yang diteliti. Pada artikel kali ini, kita akan membahas cara menghitung regresi sederhana secara sederhana dan mudah dipahami. Yuk, simak pembahasannya!

Pengertian Regresi Sederhana

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara menghitung regresi sederhana, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan regresi sederhana. Regresi sederhana merupakan teknik statistik yang digunakan untuk menganalisis hubungan antara dua variabel, yaitu variabel independen dan variabel dependen.

Variabel independen adalah variabel yang mempengaruhi variabel dependen. Sedangkan variabel dependen adalah variabel yang diukur atau diamati sebagai akibat dari adanya variabel independen. Misalnya, dalam sebuah penelitian tentang hubungan antara tinggi badan dengan berat badan, tinggi badan adalah variabel independen sedangkan berat badan adalah variabel dependen.

Fungsi Regresi Sederhana

Fungsi regresi sederhana digunakan untuk mengukur seberapa besar pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Fungsi regresi sederhana dapat dinyatakan dalam rumus matematika sebagai berikut:

Y = a + bX

Dimana:

  • Y = variabel dependen
  • X = variabel independen
  • a = konstanta
  • b = koefisien regresi

Untuk mengetahui nilai a dan b, kita perlu melakukan perhitungan terlebih dahulu. Berikut adalah cara menghitung regresi sederhana secara sederhana dan mudah dipahami.

Cara Menghitung Regresi Sederhana

1. Membuat Tabel Data

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat tabel data yang berisi variabel independen dan variabel dependen. Misalnya, kita ingin mengetahui hubungan antara harga rumah dengan luas tanahnya. Maka, kita dapat membuat tabel data sebagai berikut:

TRENDING 🔥  Cara Membuat Scrapbook Sendiri Yang Sederhana
No.
Luas Tanah (X)
Harga Rumah (Y)
1
100
500
2
150
750
3
200
1000
4
250
1250

Dari tabel di atas, kita dapat melihat bahwa luas tanah (X) adalah variabel independen sedangkan harga rumah (Y) adalah variabel dependen.

2. Menghitung Nilai Rata-rata

Langkah selanjutnya adalah menghitung nilai rata-rata dari variabel independen (X) dan variabel dependen (Y). Caranya adalah dengan menjumlahkan semua nilai X dan Y, kemudian dibagi dengan jumlah data yang ada. Misalnya, untuk menghitung nilai rata-rata luas tanah (X), kita dapat melakukan perhitungan seperti berikut:

Rata-rata Luas Tanah (X) = (100 + 150 + 200 + 250) / 4 = 175

Demikian juga untuk menghitung nilai rata-rata harga rumah (Y), kita dapat melakukan perhitungan seperti berikut:

Rata-rata Harga Rumah (Y) = (500 + 750 + 1000 + 1250) / 4 = 875

3. Menghitung Nilai Koefisien Regresi (b)

Setelah itu, kita perlu menghitung nilai koefisien regresi (b) dengan menggunakan rumus matematika berikut:

b = [(n * ΣXY) – (ΣX * ΣY)] / [(n * ΣX^2) – (ΣX)^2]

Dimana:

  • n = jumlah data
  • ΣXY = jumlah hasil perkalian antara X dan Y
  • ΣX = jumlah nilai X
  • ΣY = jumlah nilai Y
  • ΣX^2 = jumlah kuadrat nilai X

Misalnya, untuk menghitung nilai koefisien regresi (b) pada tabel data di atas, kita dapat melakukan perhitungan seperti berikut:

b = [(4 * (100 * 500 + 150 * 750 + 200 * 1000 + 250 * 1250)) – (1000 * 875)] / [(4 * (100^2 + 150^2 + 200^2 + 250^2)) – (1000^2)]

b = 5

4. Menghitung Nilai Konstanta (a)

Selanjutnya, kita dapat menghitung nilai konstanta (a) dengan menggunakan rumus matematika berikut:

a = Y – bX

Dalam kata lain, nilai konstanta (a) dapat dihitung dengan cara mengurangi nilai rata-rata variabel independen (X) yang telah dikali dengan koefisien regresi (b) dari nilai rata-rata variabel dependen (Y). Misalnya, untuk menghitung nilai konstanta (a) pada tabel data di atas, kita dapat melakukan perhitungan seperti berikut:

TRENDING 🔥  Cara Buat Telur Asin Sederhana untuk Sobat Sederhana

a = 875 – (5 * 175)

a = -125

5. Membuat Fungsi Regresi Sederhana

Setelah itu, kita dapat membuat fungsi regresi sederhana dengan menggunakan rumus matematika berikut:

Y = a + bX

Misalnya, untuk membuat fungsi regresi sederhana pada tabel data di atas, kita dapat menggunakan nilai koefisien regresi (b) dan nilai konstanta (a) yang telah kita hitung sebelumnya. Sehingga, fungsi regresi sederhananya dapat dituliskan sebagai berikut:

Harga Rumah (Y) = -125 + 5 * Luas Tanah (X)

Dengan menggunakan fungsi regresi sederhana tersebut, kita dapat memprediksi harga rumah berdasarkan luas tanah yang dimiliki.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan regresi sederhana?

Regresi sederhana merupakan teknik statistik yang digunakan untuk menganalisis hubungan antara dua variabel, yaitu variabel independen dan variabel dependen.

2. Apa yang dimaksud dengan variabel independen?

Variabel independen adalah variabel yang mempengaruhi variabel dependen.

3. Apa yang dimaksud dengan variabel dependen?

Variabel dependen adalah variabel yang diukur atau diamati sebagai akibat dari adanya variabel independen.

4. Apa fungsi regresi sederhana?

Fungsi regresi sederhana digunakan untuk mengukur seberapa besar pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen.

5. Bagaimana cara menghitung regresi sederhana?

Cara menghitung regresi sederhana dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Membuat tabel data
  • Menghitung nilai rata-rata
  • Menghitung nilai koefisien regresi (b)
  • Menghitung nilai konstanta (a)
  • Membuat fungsi regresi sederhana

Kesimpulan

Itulah tadi cara menghitung regresi sederhana secara sederhana dan mudah dipahami. Dengan mengetahui teknik ini, kita dapat menganalisis hubungan antara dua variabel dan memprediksi nilai variabel dependen berdasarkan nilai variabel independen yang telah diketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang ingin belajar lebih dalam tentang regresi sederhana. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Mengenali Kelompok Risiko Sederhana Menengah Tinggi

Cara Menghitung Regresi Sederhana