Cara Menghitung Bentuk Sederhana Bilangan Akar

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang cara menghitung bentuk sederhana bilangan akar. Siapa yang tidak kenal dengan bilangan akar? Bilangan ini sering muncul dalam matematika, fisika, dan banyak bidang ilmu lainnya. Namun, beberapa orang mungkin masih merasa kesulitan dalam menghitung bilangan akar. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan penjelasan lengkap tentang cara menghitung bentuk sederhana bilangan akar yang mudah dipahami. Yuk, simak artikelnya sampai selesai!

Pengertian Bilangan Akar

Sebelum kita membahas tentang cara menghitung bentuk sederhana bilangan akar, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu pengertian bilangan akar. Bilangan akar adalah bilangan yang jika dikuadratkan akan menghasilkan bilangan tersebut. Bilangan akar biasanya dilambangkan dengan simbol √. Contohnya, √9 = 3, karena 3 x 3 = 9.

Bilangan akar juga bisa dihitung dengan menggunakan kalkulator. Pada kalkulator, bilangan akar biasanya dilambangkan dengan simbol √ atau radikal.

Bentuk Sederhana Bilangan Akar

Bentuk sederhana bilangan akar adalah bentuk di mana bilangan pada akar merupakan bilangan bulat dan tidak ada faktor kuadrat yang sama. Contohnya, √16, √25, dan √39 bukan merupakan bentuk sederhana bilangan akar. Sedangkan √4, √9, dan √10 merupakan bentuk sederhana bilangan akar.

Ketika bilangan pada akar tidak merupakan bilangan bulat atau memiliki faktor kuadrat yang sama, maka bilangan akar harus disederhanakan terlebih dahulu. Proses penyederhanaan ini umumnya dilakukan dengan cara memfaktorkan bilangan pada akar menjadi faktor-faktor pembentuknya, lalu mencari faktor kuadrat yang sama untuk diambil ke luar dari akar. Hasil akhirnya adalah bilangan bulat yang dikalikan dengan bilangan akar sederhana.

Cara Menghitung Bentuk Sederhana Bilangan Akar

Untuk menghitung bentuk sederhana bilangan akar, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan:

TRENDING 🔥  Cara Filter Aquarium Air Laut Sederhana

Langkah 1: Faktorkan Bilangan pada Akar

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memfaktorkan bilangan pada akar menjadi faktor-faktor pembentuknya. Misalnya, untuk menghitung √12, faktorkan dulu 12 menjadi 2 x 2 x 3.

Langkah 2: Ambil Faktor Kuadrat yang Sama ke Luar dari Akar

Langkah kedua adalah mengambil faktor kuadrat yang sama ke luar dari akar. Faktor kuadrat yang sama adalah faktor pembentuk yang muncul dalam jumlah yang sama dalam bentuk akar. Misalnya, pada bentuk √20, faktor 2 muncul sebanyak 2 kali. Oleh karena itu, faktor 2 dapat diambil ke luar dari akar.

Sebagai contoh, untuk menghitung √12, karena faktor 2 muncul sebanyak 2 kali, maka bisa ditulis sebagai √(2 x 2 x 3) = 2√3.

Langkah 3: Kalikan Bilangan Bulat dengan Bilangan Akar Sederhana

Langkah terakhir adalah mengalikan bilangan bulat dengan bilangan akar sederhana. Bilangan akar sederhana adalah bilangan akar yang tidak bisa disederhanakan lagi. Contohnya, bilangan akar 2 merupakan bilangan akar sederhana karena tidak ada bilangan bulat yang jika dikalikan dengan bilangan akar 2 akan menghasilkan bilangan pada akar tersebut.

Sebagai contoh, untuk menghitung √27, faktorkan dulu 27 menjadi 3 x 3 x 3. Kemudian, ambil faktor kuadrat yang sama, yaitu faktor 3. Setelah itu, kalikan bilangan bulat 3 dengan bilangan akar sederhana, yaitu √3. Hasil akhirnya adalah 3√3.

Contoh Soal Menghitung Bentuk Sederhana Bilangan Akar

No
Bilangan Akar
Bentuk Setelah Disederhanakan
1
√12
2√3
2
√48
4√3
3
√75
5√3
4
√98
7√2
5
√180
6√5

FAQ

1. Apa itu bilangan akar?

Bilangan akar adalah bilangan yang jika dikuadratkan akan menghasilkan bilangan tersebut. Bilangan akar biasanya dilambangkan dengan simbol √.

2. Apa itu bentuk sederhana bilangan akar?

Bentuk sederhana bilangan akar adalah bentuk di mana bilangan pada akar merupakan bilangan bulat dan tidak ada faktor kuadrat yang sama.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Vla Puding Sederhana Tanpa Telur

3. Bagaimana cara menghitung bentuk sederhana bilangan akar?

Untuk menghitung bentuk sederhana bilangan akar, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah memfaktorkan bilangan pada akar, mengambil faktor kuadrat yang sama ke luar dari akar, dan mengalikan bilangan bulat dengan bilangan akar sederhana.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Menghitung Bentuk Sederhana Bilangan Akar