Cara Menghitung Bentuk Sederhana Akar

Halo Sobat Sederhana, kita akan membahas tentang cara menghitung bentuk sederhana akar. Jangan khawatir, kita akan membahas secara santai dan mudah dipahami. Jadi, simak sampai selesai ya!

Pengertian Akar dan Bentuk Sederhana

Sebelum memulai perhitungan bentuk sederhana akar, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu akar dan bentuk sederhana.

Akar adalah operasi matematika yang digunakan untuk mencari bilangan yang jika dipangkatkan dengan suatu bilangan tertentu akan menghasilkan bilangan tersebut. Misalnya akar kuadrat dari 25 adalah 5, karena 5 dipangkatkan dua menghasilkan 25.

Sedangkan bentuk sederhana adalah bentuk yang sudah disederhanakan atau tidak dapat disederhanakan lagi. Misalnya √25 merupakan bentuk sederhana karena dapat disederhanakan menjadi 5.

Cara Menghitung Bentuk Sederhana Akar dari Bilangan Bulat

Jika kita ingin menghitung bentuk sederhana akar dari bilangan bulat seperti √16, maka caranya cukup mudah yaitu cari bilangan yang jika dipangkatkan dua hasilnya sama dengan 16. Kita tahu bahwa 4 dipangkatkan dua adalah 16, sehingga √16 sama dengan 4.

Berikut adalah contoh perhitungan bentuk sederhana akar dari bilangan bulat:

Bentuk Akar
Bentuk Sederhana
√4
2
√9
3
√16
4
√25
5

Dari tabel di atas, kita dapat melihat bahwa untuk menghitung bentuk sederhana akar dari bilangan bulat, kita hanya perlu mencari bilangan yang jika dipangkatkan dengan dua menghasilkan bilangan tersebut.

Cara Menghitung Bentuk Sederhana Akar dari Bilangan Desimal

Jika kita ingin menghitung bentuk sederhana akar dari bilangan desimal seperti √0,25, maka caranya sedikit berbeda. Kita perlu mengubah bilangan desimal menjadi pecahan terlebih dahulu.

Berikut adalah langkah-langkah cara mengubah bilangan desimal menjadi pecahan:

  1. Anggaplah bilangan desimal tersebut sebagai pembilang.
  2. Untuk penyebut, tulis angka 1 diikuti dengan nol sebanyak jumlah angka di belakang koma.
  3. Sederhanakan pecahan tersebut jika ada kesamaan faktor.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Slideshow Sederhana Ada Tombol Klik Dengan CSS3

Dari √0,25, kita anggap saja 0,25 sebagai pembilang dan menuliskan 1 diikuti nol dua kali sebagai penyebut. Sehingga menjadi √(0,25/100) = √(1/4). Kemudian sederhanakan pecahan tersebut hingga menjadi √1/√4. Akhirnya, kita dapatkan jawaban yaitu √1/√4 = 1/2.

Cara Menghitung Bentuk Sederhana Akar dari Bilangan Pecahan

Jika kita ingin menghitung bentuk sederhana akar dari bilangan pecahan seperti √(9/16), maka caranya hampir sama dengan bilangan desimal. Kita perlu mengubah bilangan pecahan menjadi bentuk sederhana terlebih dahulu.

Berikut adalah langkah-langkah cara mengubah bilangan pecahan menjadi bentuk sederhana:

  1. Carilah faktor prima dari pembilang dan penyebut.
  2. Susunlah faktor prima tersebut menjadi akar, dengan faktor yang sama di dalam akar.
  3. Sederhanakan akar tersebut jika ada kesamaan faktor.

Dari √(9/16), faktor prima dari 9 adalah 3×3 dan faktor prima dari 16 adalah 2x2x2x2. Kemudian susunlah faktor prima tersebut menjadi √(3×3/2x2x2x2). Sederhanakan akar tersebut hingga menjadi 3/4.

Cara Menghitung Bentuk Sederhana Akar dari Persamaan Kuadrat

Kita juga dapat menghitung bentuk sederhana akar dari persamaan kuadrat. Misalnya persamaan kuadrat x^2 + 6x + 5 = 0 memiliki akar-akar yaitu x1 = -1 dan x2 = -5.

Untuk menghitung bentuk sederhana akar dari persamaan kuadrat, kita perlu mencari akar-akar persamaan tersebut terlebih dahulu. Kemudian, akar-akar tersebut dapat disederhanakan menjadi bentuk sederhana dengan cara mengikuti langkah-langkah seperti pada contoh sebelumnya.

FAQ

1. Apa itu akar?

Akar adalah operasi matematika yang digunakan untuk mencari bilangan yang jika dipangkatkan dengan suatu bilangan tertentu akan menghasilkan bilangan tersebut.

2. Apa itu bentuk sederhana?

Bentuk sederhana adalah bentuk yang sudah disederhanakan atau tidak dapat disederhanakan lagi.

3. Bagaimana cara menghitung bentuk sederhana akar dari bilangan desimal?

Cara menghitung bentuk sederhana akar dari bilangan desimal yaitu dengan mengubah bilangan desimal menjadi pecahan terlebih dahulu, kemudian mengikuti langkah-langkah seperti pada contoh sebelumnya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pompa Akua Sederhana

4. Apa itu persamaan kuadrat?

Persamaan kuadrat adalah persamaan yang memiliki bentuk ax^2 + bx + c = 0, dengan a, b, dan c merupakan bilangan riil dan a bukan sama dengan nol.

5. Bagaimana cara menghitung bentuk sederhana akar dari persamaan kuadrat?

Cara menghitung bentuk sederhana akar dari persamaan kuadrat yaitu dengan mencari akar-akar persamaan terlebih dahulu, kemudian mengikuti langkah-langkah seperti pada contoh sebelumnya.

Penutup

Sekian pembahasan mengenai cara menghitung bentuk sederhana akar. Dengan memahami konsep ini, diharapkan Sobat Sederhana dapat lebih mudah dalam menghitung bentuk sederhana akar. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Menghitung Bentuk Sederhana Akar