Cara Menghias Taman Rumah Sederhana

Hai Sobat Sederhana! Apakah kamu sedang mencari inspirasi untuk menghias taman rumahmu? Di artikel ini kami akan memberikan 20 tips yang mudah dan praktis untuk membuat taman rumah sederhana tapi cantik. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

1. Menentukan Tema

Sebelum memulai menghias taman, tentukan terlebih dahulu tema yang ingin diusung. Apakah ingin memiliki taman modern, klasik, atau minimalis? Dengan menentukan tema, kamu akan lebih mudah menentukan jenis tanaman dan dekorasi yang akan digunakan.

Menentukan Tema Taman Minimalis

Jika ingin memiliki taman dengan tema minimalis, pilihlah tanaman yang tidak terlalu banyak daunnya dan memerlukan perawatan yang mudah, seperti tanaman kaktus atau sukulen. Hindari penggunaan dekorasi yang terlalu banyak, cukup gunakan pot yang simpel atau bebatuan untuk memberikan kesan natural.

Menentukan Tema Taman Klasik

Untuk taman dengan tema klasik, pilihlah tanaman dengan daun besar dan bunga yang indah seperti anggrek, mawar, atau peony. Tambahkan patung atau kolam kecil sebagai hiasan tamanmu.

Menentukan Tema Taman Modern

Taman dengan tema modern biasanya memiliki tanaman hijau yang banyak dan bersih. Pilihlah tanaman seperti pohon bambu atau palem. Dekorasikan taman dengan patung atau pot yang minimalis agar memberikan kesan modern yang elegan.

2. Menentukan Lokasi

Setelah menentukan tema, saatnya menentukan lokasi taman. Pastikan lokasi yang dipilih mendapatkan sinar matahari yang cukup dan mudah dijangkau. Hindari lokasi yang terlalu berdebu atau berisik.

3. Menentukan Ukuran dan Bentuk Area Taman

Tentukan ukuran dan bentuk area taman yang ingin dihias. Pastikan ukuran taman sesuai dengan luas rumah atau halaman. Pilihlah bentuk taman yang sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Misalnya, untuk tema minimalis, pilihlah bentuk taman persegi atau lingkaran yang simpel.

TRENDING 🔥  Tata Cara Memakai Kerudung Segi Tiga yang Sederhana

4. Memilih Tanaman yang Sesuai

Setelah menentukan tema dan lokasi taman, saatnya memilih tanaman yang ingin ditanam. Pilihlah tanaman yang sesuai dengan tema dan perawatannya mudah.

Tanaman yang Cocok untuk Taman Minimalis

Berdasarkan tema minimalis, pilihlah tanaman seperti kaktus, sukulen, atau palem. Tanaman ini tidak memerlukan perawatan yang rumit dan cocok untuk taman dengan ukuran kecil.

Tanaman yang Cocok untuk Taman Klasik

Untuk taman klasik, pilihlah tanaman dengan bunga yang indah seperti mawar, anggrek, atau peony. Tanaman hias dalam pot seperti tanaman ibu jari juga cocok untuk taman dengan tema klasik.

Tanaman yang Cocok untuk Taman Modern

Tanaman hijau seperti pohon bambu, monstera, atau peace lily cocok untuk taman dengan tema modern. Tanaman ini memberikan kesan natural dan elegan pada tamanmu.

5. Menentukan Sistem Penyiraman

Pastikan tamanmu terhidrasi dengan baik untuk membuat tanaman tetap sehat dan segar. Tentukan sistem penyiraman yang mudah dan praktis, seperti menggunakan irigasi otomatis atau sprinkler.

6. Menentukan Sistem Drainase

Jangan lupa memastikan tamanmu memiliki sistem drainase yang baik agar tidak terjadi genangan air pada saat hujan turun. Pastikan terdapat saluran air atau pengelolaan air limbah yang tepat.

7. Menentukan Batas Taman

Tentukan batas taman dengan menggunakan batu alam atau kayu. Hal ini akan memberikan kesan rapi dan teratur pada tamanmu.

8. Memilih Dekorasi Taman

Dekorasi taman yang mudah dan murah adalah dengan menggunakan batu-batuan kecil atau tanaman mini dalam pot. Untuk taman dengan tema klasik, tambahkan patung atau air mancur sebagai dekorasi.

9. Memilih Furniture Taman

Jika ingin memiliki tempat duduk di tamanmu, pilihlah furniture yang tahan lama dan mudah dirawat seperti kursi plastik atau kayu keras. Tambahkan payung atau kain peneduh sebagai pelindung dari sinar matahari yang terik.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Red Velvet Sederhana

10. Menentukan Pencahayaan Taman

Tentukan jenis pencahayaan yang ingin digunakan pada tamanmu. Gunakan lampu taman yang tahan air atau serat optik untuk memberikan kesan romantis pada malam hari.

11. Menentukan Waktu Tanam

Pilih waktu yang tepat untuk menanam tanaman di tamanmu. Disarankan untuk menanam pada musim semi atau awal musim hujan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

12. Menjaga Kebersihan Taman

Agar taman tetap terlihat indah, jangan lupa untuk membuang daun kering dan sampah lainnya secara rutin. Jaga kebersihan taman agar terlihat rapi sepanjang waktu.

13. Menjaga Tanaman Agar Tetap Sehat

Perhatikan kondisi tanaman dengan memberikan pupuk dan pestisida secara rutin. Jangan biarkan tanaman kekurangan nutrisi atau terkena serangan hama dan penyakit.

14. Menciptakan Tampilan Asimetris

Menghias taman dengan tampilan asimetris akan memberikan keunikan dan kesan natural pada tamanmu. Pilih jenis tanaman yang berbeda-beda untuk menimbulkan perbedaan ketinggian.

15. Menentukan Warna Tanaman

Pilih warna tanaman yang cocok dengan tema tamanmu. Misalnya, jika ingin memiliki taman dengan tema merah putih, pilihlah tanaman yang berbunga warna merah atau putih.

16. Menambahkan Air Mancur

Menambahkan air mancur pada tamanmu akan memberikan kesan tenang dan rileksasi. Gunakan air mancur yang berukuran kecil untuk taman sederhanamu.

17. Membuat Taman Vertikal

Jika tidak memiliki cukup lahan untuk membuat taman horizontal, coba buat taman vertikal dengan menggunakan tanaman gantung atau rak tanaman. Taman vertikal akan memberikan kesan modern dan minimalis pada tamanmu.

18. Menggunakan Batu Alam

Penggunaan batu alam pada tamanmu akan memberikan kesan natural dan memberikan nuansa asri pada tamanmu. Gunakan batu alam sebagai jalan setapak atau hiasan pada tamanmu.

TRENDING 🔥  Cara Buat Kipas Sederhana

19. Menambahkan Pohon di Taman

Tambahkan satu atau dua pohon di tamanmu untuk memberikan kesan sejuk dan menyejukkan. Pilihlah jenis pohon yang tumbuh cepat seperti pohon bambu atau palem.

20. Menentukan Anggaran

Terakhir, tentukan anggaran yang sesuai dengan tema dan ukuran tamanmu. Hindari pengeluaran yang berlebihan dan tetap fokus pada hasil akhir yang ingin dihasilkan.

FAQ

Pertanyaan
Jawaban
Apa saja tanaman yang cocok untuk taman minimalis?
Tanaman yang cocok untuk taman minimalis adalah kaktus, sukulen, dan palem.
Bagaimana cara membuat tampilan asimetris pada taman?
Pilih jenis tanaman yang berbeda-beda untuk menimbulkan perbedaan ketinggian.
Apa saja dekorasi yang cocok untuk taman klasik?
Untuk taman klasik, tambahkan patung atau air mancur sebagai dekorasi.
Apakah air mancur cocok untuk taman minimalis?
Tentu saja, air mancur yang berukuran kecil akan memberikan kesan tenang dan rileksasi pada taman minimalismu.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Menghias Taman Rumah Sederhana