Cara Menghias Kamar Kost Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kamar kost merupakan tempat tinggal sementara bagi para pekerja atau mahasiswa yang memilih untuk tinggal di daerah perkotaan. Kamar kost biasanya hanya berukuran kecil dan minim fasilitas, namun bukan berarti tidak bisa dijadikan tempat yang nyaman untuk tinggal. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips dan trik untuk menghias kamar kost sederhana agar menjadi tempat tinggal yang nyaman dan indah.

1. Maksimalkan Pencahayaan Alami dengan Gorden Transparan

Pencahayaan alami sangat penting untuk keindahan dan kenyamanan kamar kostmu. Kamu bisa memaksimalkan pencahayaan alami dengan memasang gorden transparan di jendela kamarmu. Gorden transparan akan membiarkan sinar matahari masuk ke dalam kamar dan membuat kamarmu terlihat lebih terang.

Tidak hanya itu, gorden transparan juga dapat memberikan kesan elegan dan minimalis pada kamar kostmu. Kamu bisa memilih gorden dengan warna netral seperti putih atau krem agar lebih mudah dipadukan dengan dekorasi lainnya.

2. Gunakan Wallpaper atau Stiker Dinding

Jika kamu bosan dengan dinding kosong yang membosankan, kamu bisa mempercantiknya dengan wallpaper atau stiker dinding. Wallpaper atau stiker dinding dapat membuat kamarmu terlihat lebih hidup dan menarik. Kamu bisa memilih motif atau warna yang sesuai dengan selera dan kepribadianmu.

Namun, sebelum memasang wallpaper atau stiker dinding, pastikan dinding kamarmu dalam kondisi yang baik dan rata. Jika ada kerusakan atau noda pada dinding, sebaiknya kamu perbaiki terlebih dahulu sebelum memasang wallpaper atau stiker dinding.

3. Pilih Warna yang Sesuai

Warna juga sangat penting dalam dekorasi kamar kostmu. Pilihlah warna yang sesuai dengan selera dan kepribadianmu. Jika kamu suka dengan warna cerah, kamu bisa memilih warna seperti kuning, hijau, atau biru muda. Namun, jika kamu suka dengan warna yang lebih tenang, kamu bisa memilih warna seperti putih, biru tua, atau abu-abu.

Setelah memilih warna utama, kamu bisa memadukannya dengan warna lainnya seperti warna aksesoris atau furnitur. Pilihlah warna yang senada atau kontras dengan warna utama agar tampilan kamarmu lebih menarik.

4. Gunakan Furnitur yang Fungsional dan Minimalis

Karena kamar kostmu memiliki ukuran yang terbatas, kamu harus pintar dalam memilih furnitur. Pilihlah furnitur yang fungsional dan minimalis agar tidak memakan banyak tempat di kamarmu.

Contohnya, kamu bisa memilih tempat tidur dengan laci di bawahnya agar bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan. Selain itu, kamu juga bisa memilih lemari pakaian yang pendek atau rak buku yang bisa dipasang di dinding agar tidak memakan banyak tempat di kamarmu.

TRENDING 🔥  Cara Sablon Manual Sederhana untuk Sobat Sederhana

5. Tambahkan Tanaman Kecil

Tanaman dapat memberikan kesan segar dan alami pada kamar kostmu. Kamu bisa menambahkan tanaman kecil seperti kaktus atau tanaman hias lainnya di sudut kamar atau di atas meja agar tampilan kamarmu lebih hidup.

Namun, pastikan kamu memilih tanaman yang tidak membutuhkan perawatan yang rumit dan bisa bertahan dalam kondisi cahaya yang minimal karena kamu tidak selalu berada di kamar kostmu.

6. Gunakan Karpet atau Tirai sebagai Aksesoris

Karpet atau tirai dapat menjadi aksesoris yang tepat untuk menghias kamar kostmu. Kamu bisa memilih karpet dengan warna atau motif yang sesuai dengan tema dekorasi kamarmu. Sementara itu, tirai dapat menjadi alternatif pilihan jika kamu tidak ingin menggunakan gorden.

Namun, pastikan kamu memilih karpet atau tirai yang mudah dibersihkan dan tidak mudah kusut agar tidak memakan banyak waktu untuk perawatan.

FAQ

Tanya
Jawab
1. Apa warna yang cocok untuk kamar kost?
Kamu bisa memilih warna yang sesuai dengan selera dan kepribadianmu. Namun, pilihlah warna yang tidak terlalu gelap agar kamar terlihat lebih terang sempit
2. Bagaimana cara mempercantik dinding kamar kost?
Kamu bisa mempercantik dinding kamar kost dengan wallpaper atau stiker dinding. Pilih motif atau warna yang sesuai dengan selera dan kepribadianmu.
3. Apa saja furnitur yang cocok untuk kamar kost?
Pilihlah furnitur yang fungsional dan minimalis agar tidak memakan banyak tempat di kamarmu. Contohnya, tempat tidur dengan laci di bawahnya atau lemari pakaian pendek.

7. Tambahkan Lampu Hias

Lampu hias dapat menjadi aksesoris yang indah dan menarik untuk menghiasi kamar kostmu. Kamu bisa memilih lampu dengan bentuk atau warna yang unik agar tampilan kamarmu lebih menarik.

Terlebih lagi, lampu hias juga dapat membantu memberikan pencahayaan yang cukup pada kamarmu. Kamu bisa memilih lampu dengan intensitas cahaya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu.

8. Buat Galeri Foto atau Lukisan

Jika kamu suka dengan seni, kamu bisa membuat galeri foto atau lukisan di dinding kamarmu. Kamu bisa mencetak foto atau membuat lukisan sendiri untuk dipajang di dinding kamarmu. Galeri foto atau lukisan dapat memberikan kesan personal serta membuat tampilan kamarmu lebih unik dan berbeda.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Membuat Inverter AC ke DC 12V

9. Buat Penyimpanan yang Terorganisir

Pengaturan penyimpanan yang baik dapat membuat kamarmu terlihat lebih rapi dan terorganisir. Kamu bisa memilih tempat penyimpanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Misalnya, kamu bisa memilih kotak penyimpanan atau tempat penyimpanan gantung yang bisa digantung di dinding.

Pastikan kamu juga menandai atau memberi label pada tiap tempat penyimpanan agar lebih mudah dalam mencari barang yang kamu butuhkan.

10. Tambahkan Bantal dan Guling

Bantal dan guling dapat menjadi aksesoris yang penting untuk kenyamanan kamar kostmu. Kamu bisa memilih bantal dan guling dengan warna atau motif yang sesuai dengan tema dekorasi kamarmu.

Selain itu, kamu juga bisa memilih bantal dan guling dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran tempat tidurmu agar lebih nyaman saat tidur.

11. Gunakan Rak Dinding

Rak dinding dapat menjadi alternatif pilihan untuk menyimpan barang-barangmu tanpa memakan banyak tempat di kamarmu. Kamu bisa memilih rak dinding yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu seperti rak buku atau rak sepatu.

Pastikan kamu memilih rak dinding yang kuat dan mudah dipasang agar tidak mudah terlepas dari dinding kamar mu.

12. Gunakan Gantungan untuk Menyimpan Pakaian

Gantungan pakaian dapat menjadi alternatif pilihan untuk menyimpan pakaianmu dan tidak memakan banyak tempat di kamarmu. Kamu bisa memilih gantungan pakaian yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu seperti gantungan baju atau gantungan celana.

Pastikan kamu memilih gantungan yang kuat dan mudah digunakan agar tidak merusak pakaianmu.

13. Pasang Cermin di Dinding

Cermin dapat menjadi aksesoris yang penting untuk kenyamanan kamar kostmu. Selain dapat digunakan untuk memeriksa penampilanmu sebelum pergi ke kampus atau kantor, cermin juga dapat memberikan kesan luas pada kamar kostmu.

Kamu bisa memilih cermin dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran kamarmu. Selain itu, pastikan kamu memasang cermin di dinding yang kuat agar tidak mudah terlepas.

14. Tempatkan Meja Kecil di Kamar

Meja kecil dapat menjadi aksesoris yang penting untuk kepraktisan kamar kostmu. Kamu bisa memilih meja kecil yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu seperti meja belajar atau meja kerja.

Pastikan kamu memilih meja kecil yang mudah dipindahkan dan kuat agar tidak mudah rusak.

15. Gunakan Lampu Tidur

Lampu tidur dapat menjadi aksesoris yang penting untuk kenyamanan tidurmu di kamar kostmu. Kamu bisa memilih lampu tidur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu seperti lampu dengan intensitas cahaya yang dapat disesuaikan atau lampu dengan desain yang unik.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pemadam Api Sederhana

Pastikan kamu memilih lampu tidur yang mudah digunakan dan tidak mengganggu kenyamanan tidurmu.

16. Buat Pemisah Ruangan

Jika kamar kostmu memiliki ruangan yang terbuka seperti ruang tamu dan ruang tidur yang tergabung dalam satu ruangan, kamu bisa membuat pemisah ruangan agar terlihat lebih teratur dan rapi.

Kamu bisa memilih pemisah ruangan seperti korden atau rak buku agar tampilan kamarmu lebih menarik dan terorganisir.

17. Gunakan Benda Bekas untuk Dekorasi

Jika kamu memiliki benda bekas yang sudah tidak terpakai lagi, jangan langsung dibuang. Kamu bisa menggunakan benda bekas itu sebagai aksesoris dekorasi untuk kamar kostmu.

Misalnya, kamu bisa memanfaatkan baju bekas untuk membuat bantal atau tirai atau menggunakan kaleng bekas untuk tempat pensil atau brush make up.

18. Buat Ruang untuk Berolahraga

Jika kamu peduli dengan kesehatanmu, kamu bisa membuat ruang untuk berolahraga di kamar kostmu. Ruang untuk berolahraga dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuhmu serta membuat kamarmu lebih indah dan berguna.

Kamu bisa memilih alat olahraga yang mudah dipindahkan dan tidak memakan banyak tempat seperti yoga mat atau dumbell. Pastikan kamu juga memilih alat olahraga yang sesuai dengan jenis olahraga yang kamu lakukan.

19. Gunakan Bantal yang Berwarna

Jika kamu ingin tampilan kamarmu lebih hidup dan ceria, kamu bisa memilih bantal dengan warna yang cerah seperti merah, kuning, atau hijau. Bantal dengan warna yang cerah dapat memberikan kesan yang berbeda pada kamar kostmu serta membuatnya terlihat lebih eksentrik.

Namun, pastikan kamu memilih bantal dengan warna yang sesuai dengan tema dekorasi kamarmu agar tampilan kamarmu tidak terlihat berantakan.

20. Buat Tampilan Kamar yang Simpel

Last but not least, jangan terlalu berlebihan dalam menghias kamar kostmu. Buatlah tampilan kamar yang simpel namun tetap menarik dan nyaman untuk tinggal.

Pilihlah aksesoris atau furnitur yang minimalis dan fungsional agar tidak memakan banyak tempat di kamarmu. Selain itu, pastikan kamu juga mempertimbangkan kenyamanan dan kepraktisan dalam memilih dekorasi kamar kostmu.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Menghias Kamar Kost Sederhana