Cara Menata Rumah Kecil Ukuran 36 Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa bilang rumah kecil tak bisa terlihat cantik dan nyaman? Meskipun rumahmu berukuran 36, kamu masih bisa membuatnya terlihat lebih luas dan enak dipandang. Yuk, kita simak cara-cara menata rumah kecil yang sederhana ini.

1. Pilih Warna Netral

Warna-warna cerah memang bisa membuat ruangan terlihat lebih terang, namun jika kamu ingin menciptakan kesan luas pada rumah kecil, pilihlah warna netral seperti putih, abu-abu, beige, atau cokelat muda. Warna-warna ini bisa menciptakan kesan lapang pada ruangan.

Untuk ruangan yang berukuran kecil, hindari menggunakan terlalu banyak warna dalam satu ruangan. Pilih satu atau dua warna saja untuk menggunakan di seluruh ruangan. Hindari juga memilih warna yang terlalu gelap karena bisa menciptakan kesan sesak pada ruangan.

2. Pilih Furnitur Minimalis

Untuk rumah kecil, pilih furnitur yang minimalis dan fungsional. Hindari menggunakan furnitur besar seperti sofa sudut atau meja makan besar. Pilihlah furnitur yang mudah dipindahkan dan multifungsi.

Contoh furnitur yang cocok untuk rumah kecil adalah sofa kecil dengan meja kecil yang bisa digunakan sebagai meja penyimpan, rak buku dengan fungsi ganda sebagai meja kerja, kursi makan dengan varian ukuran kecil, dan lain-lain.

3. Buat Pola Simetris

Membuat pola simetris dalam sebuah ruangan bisa memberikan kesan rapi dan teratur, juga bisa membuat ruangan terlihat lebih lapang. Misalnya, letakkan furnitur di sekitar pojok yang sama atau tempatkan beberapa bingkai foto dengan posisi yang simetris di dinding.

Jangan lupa juga untuk membuat kesan simetris pada penempatan barang-barang kecil seperti buku, tisu, atau hiasan dinding. Hindari menumpuk barang di satu sudut ruangan karena bisa menciptakan kesan sesak dan berantakan.

4. Simpan Barang yang Tidak Diperlukan

Jangan biarkan barang yang tidak diperlukan menumpuk di ruangan. Simpan barang-barang tersebut di tempat penyimpanan yang rapi seperti box atau rak untuk menghindari kesan berantakan di rumah.

Cara lain adalah dengan memilih furnitur yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan seperti rak buku dengan laci kecil, sofa dengan ruang penyimpanan di dalamnya, atau meja kerja dengan beberapa laci atau rak kecil sebagai tempat penyimpanan dokumen atau perlengkapan kerja.

5. Gunakan Cermin Besar

Cermin besar bisa memberikan efek visual yang menarik pada ruangan kecil. Letakkan cermin besar di sebuah dinding yang kosong agar ruangan terlihat lebih luas dan terang.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kipas Angin Sederhana dari Botol Bekas

Selain itu, cermin besar juga bisa menciptakan kesan simetris pada ruangan jika ditempatkan dengan baik. Cobalah untuk memilih cermin yang memiliki bingkai minimalis dan warna netral agar tidak memakan tempat pada ruangan kecil.

6. Pilih Lampu yang Terang

Lampu yang terang bisa memberikan kesan terang pada ruangan kecil. Gunakan lampu yang bisa diatur tingkat kecerahannya agar bisa menyesuaikan suasana di dalam ruangan.

Letakkan lampu di beberapa tempat seperti di meja kerja, di pojok ruangan, atau di atas meja makan untuk memberikan kesan terang dan nyaman pada ruangan kecil.

7. Buat Ilusi Optik dengan Karpet

Karpet dengan pola atau warna yang cerah bisa menciptakan ilusi optik pada ruangan kecil. Pilih karpet dengan pola vertikal agar bisa memberikan kesan tinggi pada ruangan.

Pastikan ukuran karpet sesuai dengan ukuran ruangan dan hindari memilih karpet yang terlalu besar karena bisa membuat ruangan terlihat lebih kecil.

8. Gunakan Gordyn Transparan

Gordyn transparan bisa memberikan kesan ringan dan terang pada ruangan kecil. Pilihlah gordyn dengan warna netral dan transparan agar bisa memberikan kesan lapang pada ruangan.

Perhatikan juga panjang gordyn yang kamu pilih. Hindari memilih gordyn yang terlalu panjang atau terlalu pendek agar gordyn bisa memberikan kesan yang sesuai pada ruangan.

9. Gunakan Rak Dinding

Rak dinding bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin menampilkan barang-barang hiasan tanpa memakan tempat pada rumah kecil. Pilihlah rak dinding dengan warna dan pola yang minimalis agar tidak menciptakan kesan berantakan pada ruangan kecil.

Letakkan barang-barang hiasan pada rak dinding dengan posisi yang simetris agar bisa menciptakan kesan rapi pada ruangan.

10. Pilih Tanaman Kecil

Tanaman kecil bisa menjadi aksen yang menarik pada ruangan kecil. Pilihlah tanaman yang mudah dirawat seperti tanaman kaktus atau tanaman hias kecil yang bisa diletakkan di atas meja atau di sisi ruangan.

Hindari menggunakan tanaman yang terlalu besar karena bisa memakan tempat pada ruangan kecil. Pilihlah pot tanaman yang minimalis dan warna netral agar bisa menciptakan kesan lapang pada ruangan.

11. Beli Furnitur yang Berfungsi Ganda

Furnitur yang berfungsi ganda bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan ruangan kecil. Pilihlah furnitur seperti meja lipat yang bisa dilipat dan disimpan setelah digunakan, atau sofa yang bisa menjadi tempat tidur jika kamu memiliki tamu yang menginap di rumah.

TRENDING 🔥  Cara Buat Alarm Sederhana di Site amp.kaskus.co.id

Belilah furnitur dengan ukuran yang sesuai dan jangan terlalu memaksakan untuk memasukkan furnitur yang terlalu besar di dalam ruangan kecil agar tidak menciptakan kesan sesak.

12. Pilih Barang-Barang yang Sama

Untuk menciptakan kesan rapi dan teratur pada rumah kecil, pilihlah barang-barang yang sama atau memiliki warna yang sama. Misalnya, pilihlah bantal dengan warna yang sama untuk sofa, atau pilihlah tempat penyimpanan yang sama untuk menyimpan barang-barang kecil.

Hindari mencampuradukkan barang-barang dengan warna atau pola yang berbeda karena bisa menciptakan kesan berantakan pada ruangan kecil.

13. Buat Kesimpelan di Ruangan

Terlalu banyak barang atau hiasan di dalam ruangan bisa membuat ruangan terlihat sesak dan berantakan. Buatlah kesimpelan pada ruangan dengan memilih hiasan atau barang yang benar-benar diperlukan atau memiliki nilai sentimental.

Hindari membeli hiasan atau barang yang hanya dibeli untuk mengisi kosong tanpa memikirkan fungsinya di dalam ruangan.

14. Buat Pola Horizontal

Pola horizontal bisa memberikan kesan lebar pada ruangan kecil. Misalnya, tempatkan rak buku dengan posisi horizontal di atas dinding yang kosong atau letakkan lemari dengan posisi horizontal di atas dinding.

Pola horizontal juga bisa dicapai dengan memasang wallpaper dengan pola horizontal pada dinding ruangan.

15. Gunakan Furnitur Berwarna Cerah

Meskipun di atas sudah disarankan untuk memilih warna netral, namun menggunakan furnitur berwarna cerah juga bisa memberikan efek visual yang menarik pada ruangan kecil. Pilihlah furnitur dengan warna cerah seperti kuning, biru, atau merah agar bisa memberikan kesan hidup pada ruangan.

Gunakan furnitur warna cerah dalam jumlah yang sedikit agar tidak menciptakan keterlaluan pada ruangan kecil. Hindari juga memilih furnitur dengan warna yang terlalu mencolok atau terang karena bisa menciptakan kesan berlebihan pada ruangan.

16. Buat Area Terpisah

Meskipun ruangan kecil, kamu masih bisa membuat area-area yang terpisah untuk kebutuhan tertentu. Misalnya, kamu bisa menggabungkan ruang tamu dengan ruang makan namun membuat partisi dengan furnitur atau rak dinding yang sesuai.

Dengan membuat area terpisah di dalam ruangan kecil, kamu bisa memaksimalkan penggunaan ruangan dan menciptakan kesan luas pada setiap area.

17. Hindari Memasang Terlalu Banyak Hiasan di Dinding

Memasang terlalu banyak hiasan atau bingkai foto di dinding bisa membuat ruangan terlihat padat dan berantakan. Pilihlah beberapa bingkai foto atau hiasan yang benar-benar diperlukan dan letakkan dengan posisi yang strategis pada dinding.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Bumbu Jagung Bakar Sederhana

Jangan terlalu memaksakan memasang hiasan yang terlalu besar atau terlalu banyak pada ruangan kecil karena akan menciptakan kesan sesak dan berantakan.

18. Gunakan Kursi Task

Kursi task atau kursi kerja ringan bisa menjadi solusi untuk ruangan kecil. Kursi ini memiliki bentuk sederhana dan bisa diatur tinggi atau rendahnya. Selain itu, kursi task juga bisa diharapkan digunakan sebagai tempat duduk tamu dalam jumlah yang terbatas.

Pilihlah kursi yang mudah dipindah-pindahkan agar bisa digunakan di berbagai area dalam ruangan.

19. Buat Pola Vertikal

Selain menggunakan pola horizontal, pola vertikal juga bisa memberikan kesan tinggi pada ruangan kecil. Misalnya, tempatkan rak buku yang tinggi di atas dinding atau pasang wallpaper dengan pola vertikal pada dinding.

Polat vertikal bisa menciptakan kesan tinggi yang terlihat lebar pada ruangan kecil.

20. Buat Pencahayaan Alami

Pencahayaan alami bisa menjadi solusi yang baik untuk ruangan kecil. Buka tirai atau gordyn pada siang hari untuk membiarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan.

Selain itu, kamu bisa memasang jendela tambahan pada ruangan yang terlihat redup dan gelap untuk menciptakan pencahayaan alami yang lebih maksimal.

FAQ

Pertanyaan
Jawaban
Saya memiliki banyak barang, bagaimana cara menyimpannya agar tidak menciptakan kesan berantakan pada ruangan?
Simpan barang-barang yang tidak diperlukan di tempat penyimpanan yang rapi seperti box atau rak. Hindari menumpuk barang di satu sudut ruangan karena bisa menciptakan kesan sesak dan berantakan pada ruangan.
Apakah saya bisa menggunakan warna cerah dalam ruangan kecil?
Anda bisa menggunakan warna cerah pada furnitur atau aksen hiasan di ruangan kecil. Pastikan jumlah furnitur atau hiasan berwarna cerah tidak terlalu banyak agar tidak menciptakan kesan berlebihan pada ruangan kecil.
Bagaimana cara membuat area terpisah di dalam ruangan kecil?
Anda bisa membuat partisi dengan menggunakan furnitur atau rak dinding yang sesuai untuk memisahkan area di dalam ruangan kecil. Pastikan partisi yang digunakan tidak terlalu besar dan tidak memakan tempat pada ruangan kecil.

Jadi, itulah beberapa cara sederhana menata rumah kecil yang bisa kamu coba. Dengan menerapkan tips-tips di atas, rumah kecilmu bisa terlihat lebih cantik, luas, dan nyaman. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Menata Rumah Kecil Ukuran 36 Sederhana