Cara Menata Ruang Keluarga Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Ruang keluarga merupakan ruangan yang sangat penting dalam sebuah rumah. Di ruang keluarga, keluarga bisa berkumpul bersama, menonton televisi, membaca buku, atau sekedar bercengkrama. Maka dari itu, penting untuk menata ruang keluarga dengan baik supaya suasana menjadi nyaman dan menyenangkan. Artikel ini akan memberikan tips cara menata ruang keluarga sederhana agar rumah Sobat Sederhana terasa lebih hangat dan menyenangkan.

1. Pilih Warna Netral

Memilih warna netral seperti putih, abu-abu, dan krem bisa membuat ruang keluarga terlihat lebih bersih dan luas. Selain itu, warna netral juga lebih mudah dipadukan dengan warna lain sehingga Sobat Sederhana bisa lebih leluasa dalam mengatur dekorasi ruangan.

Memadukan Warna Netral dengan Aksen Warna

Meskipun warna netral menjadi pilihan utama, jangan lupa untuk menambahkan sedikit aksen warna agar ruangan terlihat lebih hidup. Sobat Sederhana bisa menambahkan aksen warna pada bantal, karpet, atau pernak-pernik lainnya.

Memilih Warna Kesan

Jika Sobat Sederhana ingin memberikan kesan tertentu pada ruang keluarga, Sobat Sederhana bisa memilih warna tertentu yang sesuai dengan kesan yang ingin diberikan. Misalnya, warna hijau untuk memberikan kesan alami dan segar, atau warna biru untuk memberikan kesan tenang dan damai.

2. Pilih Furnitur yang Fungsional dan Minimalis

Furnitur yang fungsional dan minimalis sangat cocok untuk ruang keluarga sederhana. Dengan memilih furnitur yang fungsional, Sobat Sederhana bisa menghemat ruang dan meningkatkan kenyamanan. Sedangkan furnitur minimalis bisa membuat ruangan terlihat lebih modern.

Furnitur yang Fungsional

Contoh furnitur yang fungsional adalah rak buku yang bisa digunakan sebagai penyimpanan buku sekaligus sebagai elemen dekorasi. Sofa bed juga merupakan furnitur yang fungsional karena bisa digunakan sebagai tempat tidur saat ada tamu yang menginap.

TRENDING 🔥  Cara Meminta Maaf Sederhana Berdasarkan Pengalaman di Perjalanan

Furnitur yang Minimalis

Furnitur minimalis bisa membuat ruang keluarga terlihat lebih modern dan simpel. Sofa tiga seater atau dua seater dengan desain minimalis bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, meja kopi minimalis dengan bahan kayu atau kaca bisa membuat ruangan terlihat lebih elegan.

3. Pilih Pencahayaan yang Tepat

Pencahayaan yang tepat sangat penting dalam menata ruangan. Ruang keluarga yang terang bisa membuat suasana terasa lebih cerah dan nyaman. Sedangkan pencahayaan yang redup bisa memberikan kesan tenang dan romantis.

Pencahayaan Umum

Pencahayaan umum seperti lampu plafon atau downlight bisa digunakan sebagai sumber cahaya utama di ruang keluarga. Pilihlah lampu yang memiliki kecerahan yang cukup agar ruangan terlihat terang dan nyaman.

Pencahayaan Tambahan

Pencahayaan tambahan seperti lampu meja atau standing lamp bisa digunakan sebagai aksen pencahayaan yang memberikan kesan lebih pada ruangan. Selain itu, pencahayaan tambahan juga bisa membuat ruangan terlihat lebih hangat dan invitng.

4. Pilih Dekorasi yang Menarik

Dekorasi menjadi elemen penting dalam menata ruang keluarga. Pilih dekorasi yang sesuai dengan tema ruangan agar terlihat lebih serasi. Selain itu, dekorasi juga bisa menjadi bahan percakapan yang menarik di antara keluarga atau tamu.

Karpet dan Bantal

Karpet dan bantal bisa menjadi elemen dekorasi yang mudah digunakan. Pilihlah karpet dengan motif yang sesuai dengan tema ruangan agar terlihat lebih serasi. Sedangkan bantal bisa dipilih dengan warna atau motif yang kontras dengan warna sofa untuk memberikan kesan lebih pada ruangan.

Wall Art

Wall art bisa menjadi elemen dekorasi yang menarik dan mondar-mandir di ruang keluarga. Pilihlah wall art yang sesuai dengan tema ruangan atau pilihlah wall art yang menjadi perpanjangan dari diri Sobat Sederhana.

TRENDING 🔥  Cara Buat Conveyor Sederhana

5. Rapihkan Ruangan

Rapihkan ruang keluarga dengan cara membereskan barang-barang yang sudah tidak dibutuhkan. Hindari menumpuk barang-barang di atas meja atau di sudut ruangan karena bisa membuat ruangan terlihat berantakan dan tidak teratur.

Penyimpanan yang Efektif

Pilihlah furnitur atau rak yang bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan barang-barang agar tidak menghabiskan ruang di ruang keluarga. Selain itu, Sobat Sederhana juga bisa memilih kotak penyimpanan atau box yang bisa digunakan sebagai tempat menyimpan barang-barang yang tidak sering digunakan.

FAQ

Pertanyaan
Jawaban
Haruskah saya membeli furnitur baru?
Tidak selalu. Cobalah untuk memanfaatkan furnitur lama atau merubah posisi furnitur agar terlihat lebih baru dan segar.
Bagaimana cara memilih karpet yang baik?
Pilihlah karpet dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran ruangan. Selain itu, pastikan karpet mudah dibersihkan karena ruang keluarga adalah ruangan yang sering digunakan oleh keluarga.
Apakah harus merombak seluruh ruang keluarga?
Tidak selalu. Jika budget terbatas, cukup merombak bagian-bagian tertentu saja seperti penyimpanan atau dekorasi.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Menata Ruang Keluarga Sederhana