Cara Membuat Yrafo Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas cara membuat yrafo sederhana. Yrafo adalah alat yang biasa digunakan untuk menjangkau area yang sulit dijangkau, seperti atap rumah atau plafon yang tinggi. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah membuat yrafo sederhana yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai pembuatan yrafo, ada beberapa alat dan bahan yang perlu kamu persiapkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah daftar alat dan bahan yang diperlukan:

Alat
Bahan
Obeng
Pipa PVC dengan diameter 1 inci dan panjang 2 meter
Pisau
4 buah siku PVC dengan sudut 90 derajat
Gergaji
2 buah siku PVC dengan sudut 45 derajat
Tang
1 buah kawat besi dengan diameter 2 mm dan panjang 2 meter
Peniti
2 buah pengunci pipa PVC

Setelah semua alat dan bahan sudah siap, kita bisa lanjut ke langkah selanjutnya.

2. Potong Pipa PVC Menjadi Beberapa Bagian

Pertama-tama, ambil pipa PVC dengan diameter 1 inci dan panjang 2 meter. Potong pipa tersebut menjadi beberapa bagian dengan panjang sebagai berikut:

  • 2 buah pipa dengan panjang 40 cm
  • 1 buah pipa dengan panjang 30 cm
  • 2 buah pipa dengan panjang 20 cm
  • 2 buah pipa dengan panjang 10 cm

Selanjutnya, potong ujung masing-masing pipa menjadi miring agar lebih mudah dipasang.

3. Pasang Siku PVC dengan Sudut 90 Derajat

Ambil 2 buah siku PVC dengan sudut 90 derajat. Pasang siku tersebut pada pipa PVC dengan panjang 40 cm pada kedua ujungnya. Lakukan hal yang sama pada pipa PVC dengan panjang 30 cm. Dua pipa PVC dengan siku PVC akan menjadi bagian utama dari yrafo.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Alat Pengiris Bawang Sederhana

3.1 Memasang Siku PVC pada Pipa PVC dengan Panjang 40 cm

Pertama-tama, pasang siku PVC dengan sudut 90 derajat pada salah satu ujung pipa PVC dengan panjang 40 cm. Pastikan siku PVC terpasang dengan kuat dan tidak goyah. Lakukan hal yang sama pada ujung pipa PVC yang lain. Dua pipa PVC dengan siku PVC tersebut akan menjadi bagian utama yrafo.

3.2 Memasang Siku PVC pada Pipa PVC dengan Panjang 30 cm

Pasang siku PVC dengan sudut 90 derajat pada salah satu ujung pipa PVC dengan panjang 30 cm. Pastikan siku PVC terpasang dengan kuat dan tidak goyah. Lakukan hal yang sama pada ujung pipa PVC yang lain. Pipa PVC dengan siku PVC tersebut akan menjadi bagian bawah yrafo.

4. Pasang Siku PVC dengan Sudut 45 Derajat

Ambil 2 buah siku PVC dengan sudut 45 derajat. Pasang siku tersebut pada kedua ujung pipa PVC dengan panjang 20 cm. Siku PVC ini akan menjadi bagian penyangga dari yrafo.

4.1 Memasang Siku PVC pada Pipa PVC dengan Panjang 20 cm

Pasang siku PVC dengan sudut 45 derajat pada salah satu ujung pipa PVC dengan panjang 20 cm. Pastikan siku PVC terpasang dengan kuat dan tidak goyah. Lakukan hal yang sama pada ujung pipa PVC yang lain. Dua pipa PVC dengan siku PVC tersebut akan menjadi bagian penyangga yrafo.

5. Pasang Kawat Besi pada Bagian Atas Yrafo

Ambil kawat besi dengan diameter 2 mm dan panjang 2 meter. Pasang kawat besi tersebut pada bagian atas yrafo, tepat di antara kedua siku PVC dengan sudut 90 derajat. Pastikan kawat besi terpasang dengan kuat dan tidak goyah.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kandang Natal Sederhana

5.1 Cara Memasang Kawat Besi pada Bagian Atas Yrafo

Pertama-tama, buat lubang pada pipa PVC dengan diameter yang sama dengan kawat besi. Lubang tersebut harus berada pada posisi yang sama dengan siku PVC. Masukkan kawat besi ke dalam lubang pipa PVC tersebut dan pastikan terpasang dengan kuat.

6. Pasang Pengunci Pipa PVC pada Bagian Bawah Yrafo

Ambil 2 buah pengunci pipa PVC. Pasang pengunci tersebut pada bagian bawah yrafo, pada pipa PVC dengan panjang 30 cm. Pastikan pengunci terpasang dengan kuat dan tidak goyah. Pengunci pipa PVC ini akan menjadi penahan yrafo saat digunakan.

7. Yrafo Sederhana siap digunakan

Yrafo sederhana sudah selesai dibuat. Sekarang kamu bisa mencobanya pada area yang sulit dijangkau, seperti atap rumah atau plafon yang tinggi. Jangan lupa untuk berhati-hati saat menggunakannya dan pastikan pengikat pipa PVC terpasang dengan kuat sehingga yrafo tidak mudah lepas saat digunakan.

FAQ

1. Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat yrafo sederhana?

Biaya yang diperlukan untuk membuat yrafo sederhana tergantung pada harga bahan di daerah masing-masing. Namun, secara rata-rata, biaya yang diperlukan sekitar Rp 100.000.

2. Apakah yrafo sederhana aman digunakan?

Yrafo sederhana aman digunakan jika dirancang dan dipasang dengan benar. Pastikan semua bagian terpasang dengan kuat dan tidak goyah sebelum menggunakannya.

3. Apakah yrafo sederhana bisa digunakan untuk menjangkau ketinggian yang sangat tinggi?

Tidak disarankan menggunakan yrafo sederhana untuk menjangkau ketinggian yang sangat tinggi. Yrafo sederhana hanya cocok untuk digunakan pada area yang sulit dijangkau, seperti atap rumah atau plafon yang tinggi.

4. Apa saja alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat yrafo sederhana?

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat yrafo sederhana antara lain pipa PVC, siku PVC dengan sudut 90 derajat, siku PVC dengan sudut 45 derajat, kawat besi, pengunci pipa PVC, obeng, pisau, gergaji, dan tang.

TRENDING 🔥  Cara Mencatat Akuntansi Secara Sederhana untuk Usaha Dagang

5. Apakah yrafo sederhana mudah dibongkar pasang?

Yrafo sederhana mudah dibongkar pasang karena terbuat dari pipa PVC yang dapat dipasang dan dilepas dengan mudah.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Membuat Yrafo Sederhana