Cara Membuat Wedang Jahe Susu Sederhana

Halo, Sobat Sederhana! Apakah kamu suka minuman hangat yang bisa menghangatkan tubuh? Jika ya, kamu harus mencoba membuat wedang jahe susu sederhana, nih. Wedang jahe susu adalah minuman tradisional Indonesia yang terbuat dari campuran susu dan jahe segar. Selain enak, minuman ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Yuk, simak cara membuatnya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum kita masuk ke dalam cara membuat wedang jahe susu, ada baiknya kamu menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang kamu butuhkan:

Bahan
Jumlah
Jahe segar
50 gram
Gula pasir
3 sendok makan
Susu cair
500 ml
Air matang
500 ml
Kayu manis
1 batang
Cengkeh
3 butir

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan, kita bisa langsung memulai cara membuat wedang jahe susu. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara Membuat Wedang Jahe Susu

1. Kupas jahe segar, cuci bersih, dan iris tipis-tipis. Taruh irisan jahe di dalam panci.

2. Tambahkan air matang ke dalam panci. Masak jahe dengan air matang di atas api sedang selama kurang lebih 10 menit hingga jahe empuk dan air berubah warna menjadi kuning kecokelatan.

3. Setelah jahe matang, tambahkan gula pasir, kayu manis, dan cengkeh ke dalam panci. Masak sebentar sampai gula larut dan rempah-rempah tercampur rata dengan jahe.

4. Tuang susu cair ke dalam panci yang berisi campuran jahe dan rempah-rempah. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.

5. Masak wedang jahe susu di atas api sedang hingga benar-benar mendidih. Angkat dan siap disajikan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa manfaat dari wedang jahe susu?

Wedang jahe susu mengandung jahe yang dapat membantu meredakan sakit kepala, mual, dan gangguan pencernaan. Selain itu, susu yang terkandung di dalamnya juga mengandung kalsium dan protein yang baik untuk kesehatan tulang.

TRENDING 🔥  Cara Buat Olos Sederhana: Tips Mudah Merawat Kesehatan dengan Makanan

2. Bisakah saya menggunakan jahe bubuk?

Tentu saja bisa. Namun, rasanya tidak akan searoma dan segar jika dibandingkan dengan menggunakan jahe segar.

3. Berapa lama wedang jahe susu bisa bertahan?

Wedang jahe susu bisa bertahan hingga 2-3 hari jika disimpan di dalam lemari es dengan wadah yang tertutup rapat. Namun, sebaiknya diminum dalam waktu 12 jam setelah dibuat agar tetap segar.

4. Bisakah saya menambahkan bahan lain ke dalam wedang jahe susu?

Tentu saja. Beberapa bahan yang bisa ditambahkan antara lain madu, vanili, atau merica. Namun, pastikan jumlahnya pas agar tidak merusak rasa wedang jahe susu.

5. Apakah Wedang Jahe Susu cocok untuk diminum di semua musim?

Wedang Jahe Susu sangat cocok diminum pada saat musim hujan maupun musim dingin. Selain itu, Wedang jahe susu juga cocok diminum setelah makan berat dan bisa membantu mengatasi masalah pencernaan.

Penutup

Itulah cara membuat wedang jahe susu sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Selain mudah dibuat, wedang jahe susu juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Jangan lupa untuk menyesuaikan takaran gula dan rempah-rempah sesuai dengan selera ya, Sobat Sederhana. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Wedang Jahe Susu Sederhana