Cara Membuat Website Sederhana Part 2

Halo Sobat Sederhana, selamat datang kembali di artikel kedua tentang cara membuat website sederhana. Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang dasar-dasar membuat website dan sekarang saatnya kita melanjutkan pembahasannya. Jika kamu belum membaca artikel sebelumnya, kamu dapat membacanya di sini.

Menentukan Tujuan Website

Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang menentukan tujuan website. Hal ini sangat penting karena tujuan website akan mempengaruhi desain, konten, dan fitur yang akan kamu tambahkan ke dalam website kamu. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang bisa kamu jawab untuk menentukan tujuan website kamu:

Pertanyaan
Jawaban
Apa tujuan dari website kamu?
Jawaban kamu
Siapa target audience dari website kamu?
Jawaban kamu
Apa konten yang akan kamu tampilkan di website kamu?
Jawaban kamu

Setelah kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kamu bisa menentukan tujuan website kamu. Misalnya, jika kamu ingin membuat website untuk mempromosikan produk, maka tujuan website kamu adalah untuk meningkatkan penjualan.

Menentukan Desain Website

Setelah menentukan tujuan website, langkah selanjutnya adalah menentukan desain website. Desain website akan mempengaruhi kesan pertama yang akan diberikan oleh website kamu kepada pengunjung. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan desain website antara lain:

  1. Pilih warna yang sesuai dengan brand atau tema yang kamu inginkan
  2. Pilih font yang mudah dibaca dan sesuai dengan brand atau tema yang kamu inginkan
  3. Buat layout yang mudah dipahami dan mudah di navigasi

Untuk mempermudah dalam menentukan desain website, kamu dapat mencari referensi dari website-website lain yang sudah terkenal dan memiliki desain yang menarik.

Menambahkan Konten ke Website

Setelah menentukan tujuan dan desain website, langkah selanjutnya adalah menambahkan konten ke dalam website kamu. Konten yang ditambahkan harus berkaitan dengan tujuan website dan harus informatif. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menambahkan konten ke dalam website antara lain:

  1. Pilih kata kunci yang tepat dan gunakan dalam konten kamu
  2. Sertakan gambar atau video untuk membuat konten lebih menarik
  3. Jangan membuat konten terlalu panjang dan susun dengan baik
TRENDING 🔥  Cara Bikin Kacang Bawang Sederhana

Perlu diingat bahwa konten yang informatif dan berkualitas akan meningkatkan pengalaman pengunjung dan juga akan membantu website kamu untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik pada mesin pencari.

Menambahkan Fitur ke dalam Website

Fitur yang ditambahkan ke dalam website harus juga berkaitan dengan tujuan website. Beberapa fitur yang bisa ditambahkan ke dalam website antara lain:

  1. Formulir kontak untuk memudahkan pengunjung dalam menghubungi kamu
  2. Fitur pencarian untuk mempermudah pengunjung dalam mencari konten
  3. Fitur sosial media untuk mempermudah pengunjung dalam berbagi konten

Fitur-fitur tersebut akan membuat website kamu lebih interaktif dan akan meningkatkan pengalaman pengunjung.

FAQ

1. Apa itu hosting?

Hosting adalah layanan penyimpanan yang diberikan oleh perusahaan hosting untuk menyimpan website kamu. Hosting memungkinkan website kamu dapat diakses di seluruh dunia.

2. Apa itu domain?

Domain adalah alamat website kamu yang ditulis di browser. Contohnya, google.com adalah sebuah domain. Domain akan memudahkan pengunjung untuk mengakses website kamu.

3. Apa itu SEO?

SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik untuk meningkatkan peringkat website kamu pada mesin pencari. Hal ini dilakukan dengan cara menyusun konten dan struktur website sesuai dengan aturan mesin pencari.

Kesimpulan

Setelah kamu menentukan tujuan, desain, konten, dan fitur website kamu, maka kamu sudah siap untuk membuat website sederhana. Pastikan website kamu mudah diakses, informatif, dan interaktif agar dapat membantu kamu mencapai tujuan website kamu. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Membuat Website Sederhana Part 2