Cara Membuat Web Sederhana dengan Notepad

Halo Sobat Sederhana! Pernahkah Sobat ingin memiliki website sendiri namun bingung dengan banyaknya pilihan aplikasi web builder? Tenang saja, kali ini kami akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara membuat web sederhana dengan menggunakan notepad sebagai text editor-nya. Dalam tutorial ini Sobat akan mempelajari tahapan dari pengkodean HTML dan CSS hingga deploy website tersebut ke internet. Simak penjelasannya berikut ini.

Pendahuluan

Sebelum Sobat mulai membuat website, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Pertama-tama, Sobat perlu menyiapkan program text editor, dalam tutorial ini kita akan menggunakan notepad sebagai editor-nya. Kedua, Sobat perlu memiliki pengetahuan dasar mengenai HTML dan CSS karena dua bahasa tersebut akan digunakan untuk membuat website. Terakhir, Sobat harus memiliki akses internet dan web hosting untuk men-deploy website Sobat.

1. Menyiapkan Text Editor

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan program text editor. Dalam tutorial ini, kita akan menggunakan notepad sebagai text editor-nya. Sobat dapat menemukan notepad pada komputer Sobat di menu start atau dengan mengetik notepad di kolom pencarian.

Selain notepad, Sobat juga dapat menggunakan text editor alternatif seperti Sublime Text, Atom, dan Visual Studio Code. Namun, untuk tutorial ini kami akan fokus pada penggunaan notepad.

2. Memahami HTML dan CSS

Setelah menyiapkan text editor, langkah berikutnya adalah mempelajari bahasa HTML dan CSS. HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat struktur website. Sedangkan CSS (Cascading Style Sheets) adalah bahasa yang digunakan untuk mempercantik tampilan website.

Pada dasarnya, website terdiri dari struktur HTML dan tampilan CSS. Struktur HTML akan menentukan konten website seperti teks, gambar, dan video. Sedangkan tampilan CSS akan menentukan bagaimana konten tersebut ditampilkan.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Perkedel Sederhana untuk Sobat Sederhana

3. Memiliki Akses Internet dan Web Hosting

Langkah terakhir adalah memiliki akses internet dan web hosting. Web hosting adalah layanan penyimpanan website di internet. Ada banyak penyedia layanan web hosting yang dapat Sobat gunakan seperti Hostinger, Niagahoster, dan Domainesia.

Setelah menyiapkan ketiga hal di atas, sekarang saatnya kita memulai tahapan pembuatan website.

Membuat Struktur HTML

Sebelum membuat struktur HTML, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama-tama, setiap website harus memiliki tag HTML pada awal dokumen dan diakhiri dengan tag HTML. Kedua, setiap bagian website harus diberi tag yang benar-benar sesuai dengan isinya. Dan ketiga, setiap tag harus diakhiri dengan tag penutup yang sesuai.

1. Membuat Tag HTML pada Awal Dokumen

Untuk membuat tag HTML pada awal dokumen, Sobat perlu menulis tag <!DOCTYPE html>. Tag ini akan memberitahu browser bahwa website yang Sobat buat menggunakan HTML versi terbaru.

Berikut adalah contoh kode untuk membuat tag HTML pada awal dokumen:

<!DOCTYPE html><html><head><title>Judul Website</title></head><body><p>Isi website</p></body></html>

2. Membuat Tag Head dan Title

Tag head digunakan untuk mendefinisikan informasi tentang dokumen seperti judul, meta deskripsi, dan CSS. Sedangkan tag title digunakan untuk menampilkan judul website pada tab browser.

Berikut adalah contoh kode untuk membuat tag head dan title:

<!DOCTYPE html><html><head><title>Judul Website</title></head><body><p>Isi website</p></body></html>

3. Membuat Struktur HTML

Setelah membuat tag head dan title, selanjutnya Sobat perlu membuat struktur HTML. Struktur HTML terdiri dari beberapa tag seperti header, navigation, section, dan footer.

Berikut adalah contoh kode untuk membuat struktur HTML:

<!DOCTYPE html><html><head><title>Judul Website</title></head><body><header><h1>Judul Header</h1></header><nav><ul><li><a href="#">Nav 1</a></li><li><a href="#">Nav 2</a></li><li><a href="#">Nav 3</a></li></ul></nav><section><h2>Judul Section</h2><p>Isi Section</p></section><footer><p>Kontak Footer</p></footer></body></html>

Mendesain Tampilan Website menggunakan CSS

Setelah membuat struktur HTML, selanjutnya Sobat perlu mendesain tampilan website menggunakan CSS. Ada beberapa cara untuk menambahkan CSS pada website, dalam tutorial ini kita akan menggunakan inline CSS dan internal CSS.

TRENDING 🔥  Cara Langsing Alami dan Sederhana

1. Inline CSS

Inline CSS digunakan untuk menambahkan style pada elemen HTML. Sobat dapat menambahkan inline CSS dengan menambahkan atribut style pada elemen HTML.

Berikut adalah contoh kode untuk menambahkan inline CSS:

<!DOCTYPE html><html><head><title>Judul Website</title></head><body><header style="background-color: red;"><h1>Judul Header</h1></header><nav style="background-color: blue;"><ul><li><a href="#">Nav 1</a></li><li><a href="#">Nav 2</a></li><li><a href="#">Nav 3</a></li></ul></nav><section style="background-color: yellow;"><h2>Judul Section</h2><p>Isi Section</p></section><footer style="background-color: green;"><p>Kontak Footer</p></footer></body></html>

2. Internal CSS

Internal CSS digunakan untuk menambahkan style pada seluruh elemen di dalam satu dokumen HTML. Sobat dapat menambahkan internal CSS dengan menambahkan tag <style></style> di dalam tag head.

Berikut adalah contoh kode untuk menambahkan internal CSS:

<!DOCTYPE html><html><head><title>Judul Website</title><style>header {background-color: red;}nav {background-color: blue;}section {background-color: yellow;}footer {background-color: green;}</style></head><body><header><h1>Judul Header</h1></header><nav><ul><li><a href="#">Nav 1</a></li><li><a href="#">Nav 2</a></li><li><a href="#">Nav 3</a></li></ul></nav><section><h2>Judul Section</h2><p>Isi Section</p></section><footer><p>Kontak Footer</p></footer></body></html>

Mendeploy Website ke Internet

Setelah selesai membuat struktur HTML dan mendesain tampilan website menggunakan CSS, selanjutnya Sobat perlu mendeploy website ke internet. Ada beberapa cara untuk mendeploy website, dalam tutorial ini kita akan menggunakan layanan web hosting gratis dari GitHub Pages.

1. Membuat Repository di GitHub

Pertama-tama, Sobat perlu membuat repository di GitHub dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Login ke akun GitHub Sobat
  2. Klik tombol “New” pada halaman dashboard
  3. Isi nama repository dengan format “nama-username.github.io”, contoh “web-sederhana-username.github.io”
  4. Klik tombol “Create Repository”

2. Mengupload File ke Repository GitHub

Setelah membuat repository, selanjutnya Sobat perlu mengupload file HTML dan CSS ke repository tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka repository yang telah dibuat
  2. Klik tombol “Upload files”
  3. Drag and drop file HTML dan CSS atau klik tombol “choose your files” untuk memilih file
  4. Klik tombol “Commit changes”
  5. File HTML dan CSS akan terupload ke repository
TRENDING 🔥  Cara Membuat Lumpia Goreng Sederhana

3. Membuka Website di Browser

Setelah mengupload file ke repository, selanjutnya Sobat perlu membuka website di browser dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Buka alamat “nama-username.github.io” di browser
  2. Website yang telah dibuat akan tampil di browser

FAQ

1. Apakah notepad satu-satunya text editor yang dapat digunakan?

Tidak, ada banyak text editor lain yang dapat digunakan seperti Sublime Text, Atom, dan Visual Studio Code.

2. Apakah CSS harus selalu ditulis di dalam tag <style>?

Tidak, CSS juga dapat ditulis di file terpisah dengan menggunakan tag <link> pada tag head.

3. Apa itu GitHub Pages?

GitHub Pages adalah layanan web hosting gratis dari GitHub yang dapat digunakan untuk men-deploy website.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Web Sederhana dengan Notepad

https://youtube.com/watch?v=PmA_fs0fYzw