Cara Membuat Waterpass Sederhana

Salam hangat dan salam sejahtera untuk Sobat Sederhana. Pada artikel kali ini, kami akan membahas cara membuat waterpass sederhana yang dapat Sobat Sederhana gunakan dalam pekerjaan sehari-hari. Tanpa perlu menunggu lama, mari kita mulai pembahasan kali ini.

Apa itu Waterpass?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara membuat waterpass sederhana, alangkah baiknya jika Sobat Sederhana mengetahui terlebih dahulu apa itu waterpass. Waterpass adalah alat yang digunakan untuk menentukan ketinggian suatu objek atau permukaan yang sama dengan ketinggian waterpass tersebut. Waterpass juga dapat digunakan untuk mengetahui kemiringan atau perbedaan tinggi suatu objek atau permukaan.

Bagaimana Waterpass Bekerja?

Waterpass bekerja berdasarkan prinsip dasar bahwa air selalu datar dan mengalir ke arah yang lebih rendah. Oleh karena itu, ketika air diletakkan pada sebuah pipa yang rata, maka permukaan air pada pipa tersebut akan berada pada posisi yang sama. Ketika pipa tersebut diletakkan pada permukaan yang miring atau tidak rata, maka permukaan air pada pipa tersebut akan bergerak ke arah yang lebih rendah dan menunjukkan bahwa permukaan yang diukur tersebut memiliki perbedaan ketinggian dari permukaan air pada pipa waterpass.

Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat waterpass sederhana, Sobat Sederhana memerlukan beberapa bahan yang cukup mudah didapatkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan
Jumlah
2 pipa PVC diameter 1 inci
2 buah
2 tutup PVC diameter 1 inci
2 buah
Lem PVC
secukupnya
Waterpass mini
1 buah
Air
secukupnya

Cara Membuat Waterpass Sederhana

Langkah 1: Persiapkan Bahan dan Alat

Sebelum mulai membuat waterpass sederhana, pastikan Sobat Sederhana telah menyiapkan semua bahan dan alat yang diperlukan. Selanjutnya, ambil salah satu pipa PVC dan pasang tutup pada salah satu ujungnya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Bolu Karamel Kukus Sederhana

Langkah 2: Pasang Waterpass Mini

Buka bagian penutup bawah pada waterpass mini dan pasang ke dalam ujung pipa PVC yang sudah dipasang tutup pada langkah sebelumnya. Pastikan waterpass mini berada pada posisi yang datar dan rata dengan pipa PVC.

Langkah 3: Pasang Pipa PVC Kedua

Pasang pipa PVC kedua pada ujung lain dari pipa PVC yang sudah dipasang waterpass mini. Pastikan kedua pipa PVC tersebut sejajar dan rata.

Langkah 4: Sambungkan Pipa PVC

Sambungkan kedua pipa PVC dengan menggunakan lem PVC pada bagian yang bertemu. Pastikan lem PVC telah kering dan kedua pipa PVC saling terhubung dengan kuat.

Langkah 5: Test Waterpass

Setelah pipa PVC dan waterpass mini sudah terpasang, Sobat Sederhana dapat melakukan pengujian pada waterpass tersebut. Caranya dengan mengisi pipa PVC dengan air hingga setengah bagian. Pastikan air tersedia pada kedua pipa PVC. Setelah itu, periksa waterpass mini apakah posisinya datar atau tidak. Jika posisi waterpass mini datar, maka waterpass sederhana sudah siap digunakan.

FAQ Cara Membuat Waterpass Sederhana

Apa yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Waterpass Sederhana?

Saat membuat waterpass sederhana, Sobat Sederhana perlu memperhatikan bahwa pipa PVC yang dipilih memiliki kualitas yang cukup baik agar waterpass sederhana tersebut dapat digunakan dalam waktu yang lama. Selain itu, pastikan waterpass mini yang digunakan memiliki kualitas yang cukup baik agar hasil pengukuran dapat lebih akurat.

Apakah Waterpass Sederhana Bisa Digunakan untuk Mengukur Perbedaan Ketinggian yang Besar?

Waterpass sederhana hanya dapat digunakan untuk mengukur perbedaan ketinggian yang relatif kecil. Jika Sobat Sederhana ingin mengukur perbedaan ketinggian yang besar, disarankan untuk menggunakan alat yang lebih canggih dan akurat.

TRENDING 🔥  Cara Buat Roti Oven Sederhana

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Membuat Waterpass Sederhana?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat waterpass sederhana cukup singkat, kurang lebih 30 menit.

Kesimpulan

Dalam artikel ini Sobat Sederhana telah belajar cara membuat waterpass sederhana dengan mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar. Dengan adanya waterpass sederhana ini, Sobat Sederhana dapat melakukan pengukuran dengan mudah dalam pekerjaan sehari-hari. Jangan lupa untuk memperhatikan bahan dan alat yang digunakan serta proses pembuatan agar waterpass sederhana yang dihasilkan dapat berfungsi dengan baik.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Waterpass Sederhana