Cara Membuat Vu Meter LED Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara membuat vu meter LED sederhana. Vu meter LED adalah alat yang digunakan untuk menunjukkan level suara yang sedang diputar pada sebuah speaker atau perangkat audio lainnya. Dengan membuat vu meter LED sederhana, Sobat Sederhana dapat melihat dan mengukur level suara yang sedang dimainkan.

1. Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai pembuatan vu meter LED sederhana, Sobat Sederhana perlu menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Adapun alat dan bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut:

Alat
Bahan
Solder
PCB board
Soldering iron
LEDs (merah, kuning, hijau)
Cutter
Resistor 220 ohm
Pincet
Capasitor 47μf
Tang potong
IC LM3915
Multimeter
Kabel jumper

Setelah menyiapkan alat dan bahan, Sobat Sederhana siap untuk memulai pembuatan vu meter LED sederhana.

2. Membuat Rangkaian Vu Meter LED

Untuk membuat rangkaian vu meter LED sederhana, Sobat Sederhana dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1

Pertama-tama, letakkan PCB board pada tempat yang datar dan aman. Pastikan PCB board telah bersih dari kotoran dan debu.

Langkah 2

Setelah itu, letakkan IC LM3915 pada PCB board. Kemudian, gunakan solder untuk menyolder IC LM3915 pada PCB board. Pastikan solderan terlihat rapi dan tidak mengalir ke jalur lain.

Langkah 3

Setelah itu, sambungkan kapasitor 47μf ke pin 6 dan pin 7 IC LM3915. Pastikan polaritas kapasitor terpasang dengan benar.

Langkah 4

Selanjutnya, sambungkan resistor 220 ohm pada pin 5 IC LM3915. Setelah itu, sambungkan juga kabel jumper pada pin 5 IC LM3915. Kabel jumper ini akan menjadi penghubung antara IC LM3915 dengan LED merah.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Kue Ulang Tahun Hello Kitty Sederhana

Langkah 5

Setelah kabel jumper terpasang, sambungkan LED merah pada jalur kabel jumper. Pastikan polaritas LED terpasang dengan benar. Kemudian, lakukan hal yang sama pada LED kuning dan hijau.

3. Menghubungkan Rangkaian Vu Meter LED dengan Speaker

Setelah membuat rangkaian vu meter LED sederhana, selanjutnya Sobat Sederhana perlu menghubungkannya dengan speaker. Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

Langkah 1

Pertama-tama, ambil kabel audio (RCA atau 3.5mm jack). Kemudian, potong salah satu ujung kabel audio dan pisahkan kabel yang ada di dalamnya. Sobat Sederhana akan mendapatkan dua kabel, yaitu kabel putih dan kabel merah.

Langkah 2

Setelah itu, sambungkan kabel putih pada pin output speaker kiri dan sambungkan kabel merah pada pin output speaker kanan. Pastikan kabel terpasang dengan benar.

Langkah 3

Setelah itu, sambungkan kedua kabel ke PCB board yang telah dibuat sebelumnya. Sambungkan kabel putih pada pin input audio kiri dan sambungkan kabel merah pada pin input audio kanan.

4. Uji Coba Rangkaian Vu Meter LED

Setelah menghubungkan rangkaian vu meter LED dengan speaker, Sobat Sederhana dapat menguji coba rangkaian tersebut. Adapun cara menguji coba rangkaian vu meter LED sederhana adalah sebagai berikut:

Langkah 1

Nyalakan speaker dan sambungkan kabel audio ke perangkat audio (misalnya laptop atau smartphone).

Langkah 2

Putar lagu atau suara yang ingin Sobat Sederhana ukur level suaranya.

Langkah 3

Lihat LED pada rangkaian vu meter LED. Jika LED merah menyala, maka level suara sedang tinggi. Jika LED hijau menyala, maka level suara sedang rendah.

5. FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang dimaksud dengan vu meter LED?

Vu meter LED adalah alat yang digunakan untuk menunjukkan level suara yang sedang diputar pada sebuah speaker atau perangkat audio lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Scalping M1 untuk Pemula

2. Apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat vu meter LED sederhana?

Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan adalah solder, PCB board, soldering iron, LEDs (merah, kuning, hijau), resistor 220 ohm, capasitor 47μf, IC LM3915, cutter, pincet, tang potong, multimeter, dan kabel jumper.

3. Bagaimana cara membuat rangkaian vu meter LED sederhana?

Cara membuat rangkaian vu meter LED sederhana adalah dengan meletakkan IC LM3915 pada PCB board, menyambungkan kapasitor 47μf ke pin 6 dan pin 7 IC LM3915, menyambungkan resistor 220 ohm pada pin 5 IC LM3915, menyambungkan kabel jumper pada pin 5 IC LM3915, menyambungkan LED pada jalur kabel jumper, dan menghubungkan kabel audio pada PCB board.

4. Bagaimana cara menguji coba rangkaian vu meter LED sederhana?

Cara menguji coba rangkaian vu meter LED sederhana adalah dengan menyalakan speaker, menyambungkan kabel audio ke perangkat audio, memutar lagu atau suara, dan melihat LED pada rangkaian vu meter LED.

6. Kesimpulan

Sekarang Sobat Sederhana sudah mengetahui cara membuat vu meter LED sederhana. Dengan membuat vu meter LED sederhana, Sobat Sederhana dapat melihat dan mengukur level suara yang sedang dimainkan pada sebuah speaker atau perangkat audio lainnya. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Vu Meter LED Sederhana