Cara Membuat Vla Puding Sederhana Tanpa Telur

Hello Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara membuat vla puding sederhana tanpa telur. Vla puding merupakan saus yang sering digunakan untuk tambahan pada puding atau dessert lainnya. Namun, kadang-kadang sulit untuk menemukan resep vla puding yang mudah dan sederhana. Oleh karena itu, kita akan berbagi resep yang mudah diikuti dan cocok untuk pemula. Mari kita mulai!

1. Bahan-Bahan

Sebelum memasak, pastikan kamu mempersiapkan semua bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Susu cair
500 ml
Maizena
2 sendok makan
Gula pasir
5 sendok makan
Garam
1/4 sendok teh
Pewarna makanan (opsional)
secukupnya

Pastikan kamu telah menyiapkan semua bahan sebelum memulai proses memasak. Jika sudah siap, langsung saja kita masuk ke tahap berikutnya.

2. Langkah-Langkah

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat vla puding:

2.1. Campurkan Bahan

Pertama, campurkan susu cair, maizena, gula pasir, dan garam dalam panci. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan atau bahan yang terpisah.

2.2. Masak di atas Api Sedang

Setelah bahan tercampur dengan baik, masak di atas api sedang sambil terus diaduk. Pastikan api tidak terlalu besar agar adonan tidak cepat mengental dan terbakar. Terus diaduk hingga vla puding mulai mengental dan melekat pada sendok. Ini memakan waktu sekitar 10-15 menit.

2.3. Tambahkan Pewarna Makanan (Opsional)

Jika kamu ingin memberikan warna pada vla puding, tambahkan pewarna makanan secukupnya. Aduk rata sehingga warna tercampur dengan baik.

2.4. Sajikan atau Gunakan Sebagai Topping

Setelah vla puding sudah mengental, kamu bisa langsung menyajikannya sebagai saus untuk puding atau dessert lainnya. Atau, kamu bisa menggunakan vla puding sebagai topping pada es krim atau pancake. Selamat mencoba!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Dispenser Sederhana

3. FAQ

3.1. Apa Bedanya Vla Puding dan Saus Vanilla?

Vla puding dan saus vanilla memang mirip, namun ada sedikit perbedaan. Vla puding biasanya lebih kental dan dibuat untuk menjadi saus tambahan pada puding atau dessert lainnya. Sedangkan saus vanilla biasanya lebih encer dan digunakan sebagai topping pada cake, pancake, atau es krim.

3.2. Bolehkah Mengganti Susu Cair dengan Susu Kental Manis?

Ya, kamu bisa mengganti susu cair dengan susu kental manis. Namun, kamu perlu mengurangi jumlah gula pasir yang digunakan karena susu kental manis sudah cukup manis sendiri.

3.3. Apakah Vla Puding Bisa Disimpan dalam Kulkas?

Ya, vla puding bisa disimpan dalam kulkas selama 2-3 hari. Simpan dalam wadah kedap udara agar tidak mudah basi atau berubah rasa.

3.4. Bisakah Vla Puding Dibuat Tanpa Maizena?

Tidak bisa. Maizena berfungsi sebagai bahan pengental pada vla puding. Jika tidak digunakan, vla puding tidak akan mengental dan cair seperti susu biasa.

3.5. Bisakah Pewarna Makanan Diganti dengan Bahan Alami?

Tentu saja. Kamu bisa menggunakan bahan alami seperti buah-buahan atau tanaman untuk memberikan warna pada vla puding. Misalnya, gunakan buah strawberry untuk memberikan warna merah pada vla puding.

4. Kesimpulan

Itulah cara membuat vla puding sederhana tanpa telur. Sangat mudah dan simpel, kan? Kamu bisa mencoba resep ini di rumah dan menikmatinya bersama keluarga atau teman-temanmu. Jangan lupa untuk berbagi resep ini kepada yang lainnya.

5. Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Cara Membuat Vla Puding Sederhana Tanpa Telur