Cara Membuat Vacuum Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu pernah mendengar tentang vacuum cleaner atau penyedot debu? Dalam kehidupan sehari-hari, vacuum cleaner sangat berguna untuk membersihkan rumah dari debu dan kotoran. Namun, apakah kamu tahu bahwa kamu bisa membuat vacuum sederhana dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan biaya yang terjangkau? Jangan khawatir, dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan cara membuat vacuum sederhana untuk Sobat Sederhana. Yuk, kita mulai!

1. Apa itu Vacuum Cleaner?

Sebelum kita membahas tentang cara membuat vacuum sederhana, mari kita lihat terlebih dahulu apa itu vacuum cleaner. Vacuum cleaner atau penyedot debu adalah alat yang digunakan untuk membersihkan debu dari permukaan. Alat ini bekerja dengan cara menciptakan vakum atau hampa udara dan menghisap debu dan kotoran ke dalam wadah penyimpanan yang terdapat pada alat tersebut.

Ada beberapa jenis vacuum cleaner di pasaran, seperti vacuum cleaner dengan kabel dan vacuum cleaner tanpa kabel. Namun, dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara membuat vacuum sederhana dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat dan biaya yang terjangkau.

2. Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat vacuum sederhana, Sobat Sederhana perlu menyiapkan beberapa bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Kotak Plastik
1 Buah
Motor DC
1 Buah
Kipas Angin Mini
1 Buah
Penyekat
1 Buah
Saluran Penyedot
1 Buah
Baterai 9V
1 Buah
Selotip
Sesuai dengan kebutuhan
Gunting
1 Buah

3. Cara Membuat Vacuum Sederhana

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat vacuum sederhana:

Step 1: Menyusun Kotak Plastik

Pertama, Sobat Sederhana perlu mengambil kotak plastik dan mengukur ukuran yang diperlukan untuk membuat lubang pada bagian atas dan bawah. Setelah itu, gunakan gunting untuk membuat lubang yang diinginkan. Kemudian, pasang kipas angin mini pada lubang bagian bawah dan motor DC pada lubang bagian atas.

TRENDING 🔥  Cara Buat Web Sederhana dengan PHP CodeIgniter

Sobat Sederhana dapat menggunakan selotip atau lem untuk memasang kipas angin mini dan motor DC agar lebih kokoh dan stabil. Pastikan juga kipas angin mini terpasang dengan rapi pada kotak plastik.

Step 2: Membuat Penyekat

Pada langkah ini, Sobat Sederhana perlu membuat penyekat agar debu dan kotoran yang terhisap melalui kipas angin mini dapat masuk ke dalam saluran penyedot debu. Gunakan kardus untuk membuat penyekat dan pasang di dalam kotak plastik.

Step 3: Memasang Saluran Penyedot

Sobat Sederhana perlu memasang saluran penyedot pada bagian bawah kotak plastik untuk membantu mengumpulkan debu dan kotoran. Saluran ini dapat kamu buat dari pipa PVC atau pipa karet yang dihubungkan dengan selang vakum. Pasang saluran penyedot pada bagian bawah kotak plastik dan pastikan saluran terpasang dengan kokoh.

Step 4: Menyambung Motor DC dan Baterai

Sobat Sederhana perlu menghubungkan motor DC dengan baterai 9V agar alat dapat berfungsi. Gunakan kabel untuk menghubungkan keduanya. Pastikan juga semua koneksi terpasang dengan kuat dan benar agar alat bekerja dengan baik.

Step 5: Cek Kembali Koneksi

Sebelum mencoba menggunakan vacuum sederhana yang kamu buat, pastikan kembali semua koneksi sudah terpasang dengan benar dan kuat. Kamu bisa mencoba menyalakan motor DC dan kipas angin mini secara terpisah terlebih dahulu untuk memastikan semua berjalan dengan baik.

4. FAQ

1. Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat vacuum sederhana?

Biaya yang diperlukan untuk membuat vacuum sederhana cukup terjangkau. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 100.000 untuk membeli bahan-bahan yang dibutuhkan.

2. Apakah vacuum sederhana yang saya buat bisa menghisap debu dan kotoran dengan baik?

Ya, vacuum sederhana yang kamu buat bisa menghisap debu dan kotoran dengan baik. Namun, jangan terlalu sering menggunakannya untuk membersihkan permukaan yang besar atau tebal, karena motor DC yang digunakan pada vacuum sederhana ini memiliki kekuatan yang terbatas.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Olahan Pisang Sederhana

3. Bagaimana cara membersihkan wadah penyimpanan pada vacuum sederhana yang saya buat?

Kamu bisa membersihkan wadah penyimpanan pada vacuum sederhana yang kamu buat dengan menggunakan tangan atau sikat lembut. Pastikan wadah penyimpanan benar-benar bersih sebelum digunakan kembali.

5. Kesimpulan

Nah, itulah tadi panduan cara membuat vacuum sederhana untuk Sobat Sederhana. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan biaya yang terjangkau, kamu bisa membuat vacuum sederhana untuk membersihkan rumah dari debu dan kotoran. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan memeriksa kembali semua koneksi sebelum menggunakan alat. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Vacuum Sederhana untuk Sobat Sederhana