Cara Membuat USB OTG Sederhana

Halo Sobat Sederhana, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat USB OTG sederhana. USB OTG atau USB On-The-Go adalah teknologi yang memungkinkan perangkat USB dapat berfungsi sebagai Host dan sebagai perangkat klien sehingga dapat digunakan sebagai perangkat input/output pada smartphone atau tablet.

1. Apa itu USB OTG?

USB OTG atau USB On-The-Go adalah teknologi yang memungkinkan perangkat USB dapat berfungsi sebagai Host dan sebagai perangkat klien sehingga dapat digunakan sebagai perangkat input/output pada smartphone atau tablet.

Dengan adanya USB OTG, kita dapat menghubungkan flashdisk, mouse, keyboard, dan perangkat USB lainnya pada smartphone atau tablet yang memiliki port micro USB.

Namun, tidak semua smartphone atau tablet memiliki kemampuan USB OTG. Untuk mengecek kemampuan USB OTG pada perangkat kita, kita dapat menggunakan aplikasi USB OTG Checker yang dapat diunduh di Google Play Store.

2. Persiapan Sebelum Membuat USB OTG

Sebelum kita mulai membuat USB OTG sederhana, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan:

Bahan
Jumlah
Kabel USB
1 buah
Female USB port
1 buah
Kabel jumper
2 buah
Solder
1 buah
Tang potong
1 buah

Selain bahan-bahan di atas, kita juga memerlukan peralatan solder dan tang potong untuk membuat USB OTG.

3. Langkah-Langkah Membuat USB OTG

3.1 Membuka Kabel USB

Langkah pertama adalah membuka kabel USB menggunakan tang potong dan memisahkan kabel hijau, merah, dan hitam dari kabel putih dan kuning.

3.2 Menyiapkan Female USB Port

Selanjutnya, kita perlu menyiapkan female USB port dengan memotong kabel jumper menjadi dua bagian menggunakan tang potong dan mengupas ujung-ujung kabel jumper tersebut.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Buat Tempat Lampu Neon

3.3 Menyolder Kabel-Kabel

Langkah selanjutnya adalah menyolder kabel merah, hitam, dan hijau pada female USB port. Kabel merah dihubungkan pada pin VCC, kabel hitam dihubungkan pada pin GND, dan kabel hijau dihubungkan pada pin D-.

Selain itu, kita juga perlu menyolder kabel putih dan kuning pada kabel hijau dan merah. Kabel putih dihubungkan pada kabel hijau dan kabel kuning dihubungkan pada kabel merah.

3.4 Menyambungkan Kabel-Kabel

Langkah terakhir adalah menyambungkan kabel-kabel yang telah disolder dengan kabel USB menggunakan solder. Kabel merah disambungkan pada kabel USB yang berwarna merah, kabel hitam disambungkan pada kabel USB yang berwarna hitam, dan kabel hijau disambungkan pada kabel USB yang berwarna hijau.

4. Cara Menggunakan USB OTG

Setelah selesai membuat USB OTG, kita dapat menggunakannya dengan menghubungkan perangkat USB seperti flashdisk, mouse, atau keyboard pada female USB port yang telah kita buat.

Untuk mengaktifkan USB OTG pada smartphone atau tablet, kita perlu mengunduh aplikasi USB OTG Helper di Google Play Store dan mengikuti petunjuk yang terdapat pada aplikasi tersebut.

5. Kesimpulan

Itulah cara membuat USB OTG sederhana yang dapat digunakan pada smartphone atau tablet yang memiliki port micro USB. Dengan adanya USB OTG, kita dapat menghubungkan perangkat USB seperti flashdisk, mouse, atau keyboard pada smartphone atau tablet. Namun, tidak semua smartphone atau tablet memiliki kemampuan USB OTG, sehingga perlu dilakukan pengecekan kemampuan USB OTG pada perangkat kita.

6. FAQ

6.1 Apakah semua smartphone atau tablet memiliki kemampuan USB OTG?

Tidak, tidak semua smartphone atau tablet memiliki kemampuan USB OTG. Untuk mengecek kemampuan USB OTG pada perangkat kita, kita dapat menggunakan aplikasi USB OTG Checker yang dapat diunduh di Google Play Store.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Membuat Es Krim untuk Sobat Sederhana

6.2 Bagaimana cara mengaktifkan USB OTG pada smartphone atau tablet?

Untuk mengaktifkan USB OTG pada smartphone atau tablet, kita perlu mengunduh aplikasi USB OTG Helper di Google Play Store dan mengikuti petunjuk yang terdapat pada aplikasi tersebut.

6.3 Apa saja perangkat USB yang dapat digunakan dengan USB OTG?

Beberapa perangkat USB yang dapat digunakan dengan USB OTG antara lain: flashdisk, mouse, keyboard, gamepad, dan kamera.

7. Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah membaca artikel tentang cara membuat USB OTG sederhana. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Sobat Sederhana dalam membuat USB OTG sendiri. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat USB OTG Sederhana