Cara Membuat Tumis Brokoli Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat tumis brokoli yang sederhana namun lezat. Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi dan sering dijadikan bahan utama dalam masakan sehat. Tumis brokoli bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menambahkan variasi dalam menu makanan sehari-hari. Yuk, simak cara membuatnya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai proses memasak, pastikan semua bahan sudah disiapkan dengan baik. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tumis brokoli sederhana:

Bahan
Jumlah
Brokoli
1 ikat
Wortel
1 buah
Bawang bombay
1/2 buah
Bawang putih
3 siung
Cabe merah
2 buah
Garam
secukupnya
Gula pasir
secukupnya
Kecap manis
1-2 sdm
Air
100 ml
Minyak goreng
secukupnya

Pastikan semua bahan dalam keadaan segar dan bersih sebelum digunakan.

Langkah-langkah membuat tumis brokoli sederhana

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat tumis brokoli yang sederhana:

1. Menyiapkan bahan

Pertama-tama, potong-potong brokoli dan wortel sesuai dengan selera. Iris bawang bombay, bawang putih, dan cabe merah. Siapkan kecap manis, air, garam, dan gula pasir.

2. Memasak tumis brokoli

Panaskan minyak goreng di atas wajan. Tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan bawang putih dan cabe merah yang sudah diiris tadi. Tumis hingga bawang putih matang.

Selanjutnya, masukkan brokoli dan wortel yang sudah dipotong tadi. Tumis hingga tercampur rata dan sedikit layu. Tuangkan air ke dalam wajan dan aduk-aduk.

Tambahkan kecap manis, garam, dan gula pasir. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata. Koreksi rasa dan masak hingga tumis brokoli matang.

3. Sajikan tumis brokoli

Tumis brokoli sederhana siap disajikan. Sajikan di atas piring dan tambahkan nasi putih sebagai pelengkap. Selamat mencoba!

TRENDING 🔥  Cara Menanam Sawi Sederhana untuk Sobat Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah tumis brokoli sehat?

Ya, tumis brokoli merupakan masakan yang sehat karena brokoli merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi seperti serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan kalium. Selain itu, cara memasak yang ditumis juga lebih sehat daripada digoreng atau dibakar.

2. Apa saja varian tumis brokoli?

Tumis brokoli bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan tambahan seperti daging, udang, jamur, dan tahu. Anda bisa mencoba variasi tumis brokoli sesuai dengan selera.

3. Berapa lama memasak tumis brokoli?

Waktu memasak tumis brokoli tergantung pada tekstur dan kekerasan brokoli yang diinginkan. Pada umumnya, tumis brokoli hanya perlu dimasak selama 5-7 menit saja agar tetap renyah namun matang dengan sempurna.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Tumis Brokoli Sederhana