Cara Membuat Tumis Bayam Sederhana

Selamat datang, sobat sederhana! Kali ini kita akan membahas cara membuat tumis bayam yang sederhana namun enak dan sehat untuk mengisi menu makan siang atau makan malam keluarga. Bayam merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi, salah satunya yaitu zat besi yang baik untuk membantu proses metabolisme tubuh kita. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum mulai memasak, pastikan sobat sudah menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

Bayam segar
300 gram
Bawang putih
3 siung
Cabe merah
3 buah
Cabe hijau
2 buah
Garam
secukupnya
Gula pasir
secukupnya
Kecap manis
2 sendok makan
Air matang
50 ml
Minyak goreng
3 sendok makan

Langkah-langkahnya

1. Persiapan Bahan

Bersihkan bayam dan rebus dengan air panas selama 1-2 menit hingga layu. Tiriskan dan potong-potong ukuran sedang. Cuci bersih bawang putih, kemudian iris tipis. Cuci juga cabe merah dan hijau, lalu iris serong.

2. Tumis Bawang Putih

Panaskan minyak goreng di atas wajan. Tumis bawang putih hingga harum dan berubah warna menjadi kecoklatan.

3. Tumis Cabe

Tambahkan cabe merah dan hijau ke dalam wajan. Tumis hingga layu dan harum. Mohon berhati-hati saat menumis cabe, jangan sampai terlalu lama agar warnanya tidak pudar.

4. Masukkan Bayam

Tambahkan bayam ke dalam wajan. Aduk rata dengan bawang putih dan cabe yang sudah ditumis sebelumnya. Tambahkan gula pasir, garam, dan kecap manis. Aduk kembali hingga merata.

5. Tambahkan Air

Tambahkan 50 ml air matang ke dalam wajan. Masak hingga air menyusut dan bumbu meresap ke dalam bayam. Tes rasa dan tambahkan gula atau garam sesuai selera. Jangan lupa aduk kembali agar bumbu merata.

TRENDING 🔥  Cara Mengetahui Pewarna Tekstil pada Makanan Secara Sederhana

6. Sajikan

Tumis bayam sederhana siap disajikan. Sajikan di atas piring dan nikmati selagi hangat.

FAQ

1. Harus memakai bayam segar atau bisa pakai bayam yang sudah disimpan lama di kulkas?

Sebaiknya menggunakan bayam segar untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Bayam yang sudah disimpan lama di kulkas bisa kehilangan cita rasa dan nutrisinya.

2. Apakah tambahan bumbu lain seperti bawang merah atau daun bawang bisa ditambahkan?

Tentu saja bisa. Sobat bisa menambahkan bawang merah atau daun bawang sesuai dengan selera masing-masing untuk menambah cita rasa tumis bayam.

3. Apakah harus memakai kecap manis atau bisa memakai kecap asin?

Bisa memakai kecap asin jika sobat tidak menyukai rasa manis. Namun, kecap manis memberikan sedikit sentuhan manis yang membuat tumis bayam lebih lezat.

Penutup

Itulah tadi cara membuat tumis bayam sederhana yang bisa sobat praktikkan di rumah. Bayam yang lezat dan sehat akan membuat menu makan siang atau makan malam keluarga menjadi lebih bervariasi. Jangan ragu untuk mencoba dan kreasikan sesuai dengan selera masing-masing. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Tumis Bayam Sederhana