Cara Membuat Tripod HP Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Buat kamu yang hobi fotografi atau suka bikin video, pasti membutuhkan tripod sebagai alat bantu. Tripod memiliki kegunaan yang sangat penting dalam mempertahankan pengambilan gambar yang stabil.

Namun, sayangnya tripod yang dijual di pasaran cukup mahal. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas cara membuat tripod HP sederhana yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat tripod HP sederhana, Sobat Sederhana harus menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang harus kamu siapkan:

Bahan
Jumlah
PVC
4 batang, masing-masing 20cm
Besi ulir
Panjang 10cm
Sekrup
3 buah
Isolasi
1 lembar
Penggaris
Marker
Pita isolasi
HP

Pastikan semua bahan sudah disiapkan dengan baik, agar proses pembuatan tripod HP sederhana bisa berjalan dengan lancar. Selanjutnya, simak langkah-langkah membuat tripod HP sederhana berikut ini.

Langkah-Langkah Membuat Tripod HP Sederhana

1. Potong PVC Menjadi Empat Batang 20cm

Pertama-tama, Sobat Sederhana harus memotong PVC menjadi empat batang dengan panjang yang sama, yaitu 20cm. Potong dengan hati-hati agar tidak terjadi kesalahan pada pengukuran dan pemotongan.

2. Lubangi PVC

Setelah PVC dipotong, selanjutnya lubangi bagian tengah dari keempat batang PVC yang sudah dipotong menggunakan bor. Lubang yang dibuat harus cukup besar untuk memuat besi ulir yang akan digunakan sebagai penyangga HP.

3. Pasangkan Besi Ulir

Setelah PVC dilubangi, selanjutnya masukkan besi ulir ke dalam lubang PVC sampai masuk seluruhnya. Besi ulir ini akan digunakan sebagai penyangga HP, sehingga ukurannya harus pas dengan ukuran HP kamu.

TRENDING 🔥  Cara Mudah Menulis Artikel Sederhana

4. Potong Isolasi Menjadi 10cm x 10cm

Setelah besi ulir sudah dipasangkan, selanjutnya potong isolasi menjadi ukuran 10cm x 10cm menggunakan penggaris dan cutter. Ukuran tersebut cukup untuk menopang HP agar tidak tergelincir saat digunakan.

5. Tempelkan Isolasi pada PVC

Setelah isolasi sudah dipotong, selanjutnya tempelkan isolasi yang sudah dipotong pada bagian bawah PVC. Tempelkan dengan rapat, sehingga isolasi dan PVC menjadi satu kesatuan yang kuat.

6. Pasangkan Sekrup

Setelah semua bahan sudah dipersiapkan, selanjutnya pasangkan tiga buah sekrup pada bagian bawah PVC. Pasang sekrup pada tiga sudut PVC, sehingga tripod bisa lebih stabil saat digunakan.

7. Tripod HP Sederhana Siap Digunakan

Setelah semua langkah selesai dilakukan, tripod HP sederhana siap digunakan. Tinggal masukkan HP kamu pada besi ulir yang sudah dipasang pada PVC, dan tripod pun siap digunakan untuk memotret atau merekam video yang stabil.

FAQ

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat tripod HP sederhana?

A: Waktu yang dibutuhkan untuk membuat tripod HP sederhana sekitar 30-45 menit, tergantung keahlian dan keterampilan kamu dalam memotong dan mengebor PVC.

Q: Apakah tripod HP sederhana ini bisa menopang HP dengan baik?

A: Tentu saja. Tripod HP sederhana ini dirancang agar bisa menopang HP dengan baik dan stabil.

Q: Berapa biaya yang diperlukan jika ingin membuat tripod HP sederhana?

A: Biaya yang diperlukan untuk membuat tripod HP sederhana tidak terlalu mahal. Kamu hanya perlu membeli bahan-bahan yang dibutuhkan, seperti PVC, besi ulir, sekrup, isolasi, penggaris, dan marker.

Q: Apakah tripod HP sederhana bisa digunakan untuk semua jenis HP?

A: Tripod HP sederhana bisa digunakan untuk semua jenis HP, asalkan sudah dipasang pada besi ulir yang sudah dipasang pada PVC dengan ukuran yang tepat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Es Cream Sederhana untuk Dijual

Q: Apakah hasil foto yang dihasilkan dengan menggunakan tripod HP sederhana ini lebih baik daripada tanpa tripod?

A: Tentu saja. Dengan menggunakan tripod HP sederhana, hasil foto atau video yang dihasilkan jauh lebih stabil dan tidak goyah.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Demikianlah tutorial Cara Membuat Tripod HP Sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk kamu. Jangan lupa untuk selalu mengikuti artikel menarik lainnya di website kami. Terima kasih telah membaca!

Cara Membuat Tripod HP Sederhana