Cara Membuat Tongseng Sapi Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan belajar cara membuat tongseng sapi sederhana. Tongseng sapi merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang terkenal dengan bumbu rempah yang khas dan rasa gurih yang nikmat. Bagi Sobat Sederhana yang ingin mencoba membuat tongseng sapi sendiri di rumah, simak artikel ini sampai selesai ya.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan tongseng sapi sederhana, Sobat Sederhana harus menyiapkan beberapa bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tongseng sapi sederhana:

Bahan
Jumlah
Daging sapi
500 gram
Santan kental
500 ml
Kentang
2 buah
Wortel
2 buah
Bawang putih
5 siung
Bawang merah
5 siung
Jahe
2 ruas jari
Sereh
2 batang
Daun salam
2 lembar
Gula jawa
secukupnya
Garam
secukupnya
Lada bubuk
secukupnya

Setelah Sobat Sederhana berhasil menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, kita bisa langsung memulai proses pembuatan tongseng sapi sederhana. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah-Langkah Membuat Tongseng Sapi Sederhana

1. Memotong Daging Sapi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memotong daging sapi menjadi ukuran kecil atau sesuai selera. Setelah itu, cuci daging sapi dengan bersih dan tiriskan.

2. Membuat Bumbu Halus

Selanjutnya, Sobat Sederhana harus membuat bumbu halus terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan bawang putih, bawang merah, jahe, dan sereh dengan blender atau ulekan.

3. Menumis Bumbu Halus

Setelah bumbu halus sudah siap, panaskan minyak di atas wajan dan tumis bumbu halus hingga harum dan matang.

4. Masukkan Daging Sapi ke dalam Wajan

Jika bumbu halus sudah matang, masukkan daging sapi ke dalam wajan dan aduk-aduk hingga daging sapi berubah warna dan matang.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Repeater Sederhana untuk GSM 4G

5. Tambahkan Santan Kental

Selanjutnya, tambahkan santan kental ke dalam wajan dan aduk-aduk hingga bumbu meresap ke dalam daging sapi dan santan menjadi hangat.

6. Masukkan Kentang dan Wortel

Tambahkan kentang dan wortel yang sudah dipotong ke dalam wajan dan aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.

7. Tambahkan Daun Salam dan Gula Jawa

Tambahkan daun salam dan gula jawa ke dalam wajan dan aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata dan gula jawa larut.

8. Beri Garam dan Lada Bubuk

Beri garam dan lada bubuk secukupnya ke dalam wajan dan aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata dan meresap ke dalam daging sapi.

9. Masak Hingga Semua Bahan Matang dan Meresap

Terakhir, masak semua bahan hingga matang dan meresap. Jika sudah matang, angkat dan tongseng sapi sederhana siap disajikan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa bedanya tongseng sapi dengan gulai sapi?

Tongseng sapi memiliki bumbu rempah yang khas dan rasanya lebih gurih dibandingkan gulai sapi. Selain itu, tongseng sapi biasanya menggunakan daging sapi yang dipotong kecil-kecil dan memiliki tekstur yang lebih empuk.

2. Dapatkah saya menggunakan santan instan?

Tentu saja bisa. Namun, santan instan memiliki rasa yang kurang alami dibandingkan santan kental yang diambil dari kelapa parut.

3. Bisakah saya mengganti daging sapi dengan daging ayam?

Tentu saja bisa. Namun, rasanya akan berbeda karena daging ayam memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan daging sapi.

4. Apakah saya harus menambahkan daun salam ke dalam tongseng sapi?

Tidak harus, namun daun salam memberikan aroma yang khas dan dapat menambah rasa gurih pada tongseng sapi.

TRENDING 🔥  Cara Menggunakan Media Intruksional Sederhana dalam Kegiatan Belajar Mengajar

5. Apa kuncinya agar tongseng sapi tidak berbau prengus?

Kuncinya adalah memasak daging sapi hingga benar-benar matang dan santan tercampur rata dengan bumbu. Jangan lupa untuk membilas daging sapi dengan air jeruk nipis atau air asam sebelum dimasak untuk menghilangkan bau prengus.

Penutup

Itulah cara membuat tongseng sapi sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Dengan bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang sederhana, Sobat Sederhana bisa menikmati masakan khas Indonesia yang lezat dan gurih di rumah sendiri. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Tongseng Sapi Sederhana