Cara Membuat Thermostat Digital Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar hari ini? Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat thermostat digital sederhana. Mungkin kamu pernah mendengar tentang thermostat, alat yang digunakan untuk mengatur suhu pada mesin atau ruangan. Nah, kali ini kita akan membuatnya sendiri dengan cara yang mudah dan murah. Yuk simak artikel ini sampai selesai!

Pendahuluan

Sebelum memulai pembuatan thermostat digital sederhana, mari kita bahas dulu apa itu thermostat. Thermostat adalah alat yang digunakan untuk mengontrol suhu pada sebuah ruangan atau mesin. Dengan thermostat, suhu dapat diatur secara otomatis atau manual. Terdapat berbagai macam jenis thermostat, mulai dari yang sederhana hingga yang canggih dengan fitur yang lengkap.

1. Apa Kelebihan Thermostat Digital?

Salah satu jenis thermostat adalah thermostat digital. Thermostat digital memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan jenis thermostat lainnya. Kelebihan-kelebihan tersebut antara lain:

Kelebihan
Keterangan
Mudah digunakan
Thermostat digital memiliki tampilan yang jelas dan mudah dipahami sehingga penggunaannya sangat mudah.
Presisi yang tinggi
Thermostat digital memiliki sensor suhu yang lebih presisi dibandingkan dengan thermostat analog.
Hemat energi
Dengan pengaturan suhu yang lebih presisi, thermostat digital dapat menghemat penggunaan energi sehingga lebih hemat biaya.

2. Apa yang Dibutuhkan untuk Membuat Thermostat Digital Sederhana?

Untuk membuat thermostat digital sederhana, kita memerlukan beberapa komponen sebagai berikut:

  1. Arduino Uno
  2. Sensor suhu LM35
  3. LCD 16×2
  4. Resistor 220 ohm (3 buah)
  5. Potensiometer 10k ohm
  6. Kabel jumper
  7. Breadboard

Langkah-Langkah Membuat Thermostat Digital Sederhana

1. Pasang Sensor Suhu

Langkah pertama adalah memasang sensor suhu LM35 pada breadboard. Sensor ini akan digunakan untuk mengukur suhu ruangan atau mesin.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Stik Drum Sederhana

Pertama, hubungkan pin VCC sensor suhu ke jalur positif breadboard. Kemudian, hubungkan pin GND ke jalur negatif breadboard. Terakhir, hubungkan pin output ke jalur A0 pada Arduino Uno.

2. Pasang LCD

Langkah kedua adalah memasang LCD 16×2 pada breadboard. LCD ini akan digunakan untuk menampilkan suhu yang diukur dan suhu yang diatur.

Pertama, hubungkan pin VSS, RW, dan K ke jalur negatif breadboard. Kemudian, hubungkan pin VDD ke jalur positif breadboard. Terakhir, hubungkan pin VO ke potensiometer 10k ohm. Hubungkan juga pin A ke jalur positif breadboard dan pin K ke jalur negatif breadboard.

3. Pasang Resistor

Langkah ketiga adalah memasang resistor 220 ohm. Resistor ini akan digunakan untuk melindungi LCD dari arus yang terlalu besar.

Pertama, hubungkan resistor 220 ohm pada jalur V0 pada LCD. Kemudian, hubungkan resistor 220 ohm pada jalur RS, EN, dan D4-D7 pada LCD.

4. Hubungkan Arduino Uno dan Breadboard

Langkah terakhir adalah menghubungkan Arduino Uno dan breadboard menggunakan kabel jumper. Hubungkan pin 5V pada Arduino Uno ke jalur positif breadboard. Kemudian, hubungkan pin GND pada Arduino Uno ke jalur negatif breadboard.

Coding Thermostat Digital Sederhana

Setelah semua komponen terpasang dengan benar, selanjutnya kita akan membuat program untuk thermostat digital sederhana. Berikut adalah kode programnya:

#include <LiquidCrystal.h>const int sensorPin = A0;LiquidCrystal lcd(12, 11, 5, 4, 3, 2);void setup() {lcd.begin(16, 2);pinMode(sensorPin, INPUT);}void loop() {float suhu = analogRead(sensorPin);suhu = suhu * 0.48828125;lcd.clear();lcd.setCursor(0, 0);lcd.print("Suhu saat ini:");lcd.setCursor(0, 1);lcd.print(suhu);lcd.print(" C");delay(1000);}

Simpan program di Arduino IDE dan upload ke Arduino Uno. Setelah itu, thermostat digital sederhana siap digunakan.

FAQ

1. Berapa Harga yang Dibutuhkan untuk Membuat Thermostat Digital Sederhana?

Harga yang dibutuhkan untuk membuat thermostat digital sederhana tidak terlalu mahal. Semua komponen yang dibutuhkan dapat dibeli dengan harga kurang dari Rp 100.000,-.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Alat Gerinda Sederhana

2. Apakah Thermostat Digital Sederhana Ini Akurat?

Ya, thermostat digital sederhana ini cukup akurat karena menggunakan sensor suhu LM35 yang presisi.

3. Bagaimana Cara Mengatur Suhu pada Thermostat Digital Sederhana?

Untuk mengatur suhu pada thermostat digital sederhana, kamu dapat menambahkan potensiometer sebagai pengatur suhu. Hubungkan potensiometer pada jalur A0 dan GND pada breadboard. Kemudian, tambahkan kode program berikut:

const int potPin = A1;int setSuhu;setSuhu = map(analogRead(potPin), 0, 1023, 0, 50);lcd.setCursor(0, 1);lcd.print("Set Suhu: ");lcd.print(setSuhu);lcd.print(" C");

Selanjutnya, kamu bisa menyesuaikan suhu dengan memutar potensiometer yang sudah terpasang.

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai cara membuat thermostat digital sederhana. Thermostat digital sederhana ini cukup mudah dan murah untuk dibuat. Dengan thermostat ini, kamu dapat mengatur suhu ruangan atau mesin secara otomatis atau manual. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk mencoba membuatnya sendiri ya, Sobat Sederhana!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Thermostat Digital Sederhana