Cara Membuat Terarium Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Selamat datang di artikel kami tentang cara membuat terarium sederhana. Terarium adalah sebuah miniatur taman dalam wadah kaca atau plastik yang dapat membuat rumahmu terlihat lebih hijau dan segar. Selain itu, terarium juga dapat menjadi tambahan dekorasi yang menarik di dalam rumahmu. Di sini, kami akan memberikan panduan lengkap dalam membuat terarium sederhana yang mudah dilakukan oleh siapa saja. Yuk, simak artikel kami ini!

Pengantar

Sebelum kita mulai membuat terarium, kita harus tahu dulu apa itu terarium dan apa manfaatnya. Secara sederhana, terarium adalah miniatur taman dalam wadah kaca atau plastik. Terarium terdiri dari beberapa lapisan yang berfungsi untuk menjaga kelembaban dan nutrisi tanaman yang ada di dalamnya.

Manfaat dari membuat terarium adalah:

  1. Meningkatkan kesehatan dan produktivitas dengan adanya tanaman hijau di dalam rumah.
  2. Mendekorasi rumah dengan tambahan miniatur taman yang indah.
  3. Menenangkan pikiran dan mengurangi stres dengan adanya unsur alam di dalam rumah.

Bahan dan Alat yang Diperlukan

Sebelum mulai membuat terarium, Sobat Sederhana harus menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan dan alat yang harus disiapkan:

Bahan-bahan:

  • Tanah
  • Pasir
  • Batu kerikil
  • Tanaman kecil
  • Aktivator
  • Karbon aktif
  • Moss
  • Charcoal
  • Wadah kaca atau plastik

Alat-alat:

  • Sendok
  • Air spray
  • Gunting
  • Tray
  • Spuit

Langkah-langkah Membuat Terarium Sederhana

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat terarium sederhana:

1. Menyiapkan Wadah

Pertama-tama, Sobat Sederhana harus menyiapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat terarium. Wadah yang digunakan biasanya berupa wadah kaca atau plastik dengan bagian atas yang dapat dibuka. Pastikan wadah yang dipilih bersih dan kering sebelum digunakan.

TRENDING 🔥  Cara Membesarkan Peni Pakai Alt Sederhana

2. Mempersiapkan Lapisan Pertama

Lapisan pertama dalam terarium adalah batu kerikil. Batu kerikil berfungsi untuk drainase air yang berlebihan dan menjaga sirkulasi udara di dalam terarium. Letakkan batu kerikil di bagian bawah wadah terarium dengan ketebalan sekitar 1-2 cm.

3. Mempersiapkan Lapisan Kedua

Lapisan kedua dalam terarium adalah arang aktif. Arang aktif berfungsi untuk menyerap bau dan menjaga kebersihan di dalam terarium. Letakkan arang aktif di atas lapisan batu kerikil dengan ketebalan sekitar 1-2 cm.

4. Mempersiapkan Lapisan Ketiga

Lapisan ketiga dalam terarium adalah moss. Moss berfungsi untuk menyerap air dan menjaga kelembaban di dalam terarium. Letakkan moss di atas lapisan arang aktif dengan ketebalan sekitar 1-2 cm.

5. Mempersiapkan Lapisan Keempat

Lapisan keempat dalam terarium adalah campuran tanah dan pasir. Campuran tanah dan pasir berfungsi sebagai media tanam untuk tanaman yang akan ditanam di dalam terarium. Letakkan campuran tanah dan pasir di atas lapisan moss dengan ketebalan sekitar 5-7 cm.

6. Menanam Tanaman

Setelah semua lapisan terpasang, Sobat Sederhana dapat menanam tanaman kecil yang telah dipilih ke dalam terarium. Pastikan tanaman yang dipilih sesuai dengan ukuran dan kebutuhan terarium. Tanam tanaman dengan hati-hati agar tidak merusak lapisan dalam terarium.

7. Memberi Aktivator dan Pupuk

Setelah menanam tanaman, Sobat Sederhana dapat memberi aktivator dan pupuk untuk memberikan nutrisi bagi tanaman. Aktivator berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan tanaman, sedangkan pupuk berfungsi sebagai sumber nutrisi bagi tanaman.

8. Menyiram Tanaman

Setelah semua selesai, menyiram tanaman dengan air secukupnya. Pastikan tidak terlalu banyak menyiram agar tidak ada genangan air di dalam terarium.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa bahan yang dibutuhkan dalam membuat terarium sederhana?

Bahan yang dibutuhkan dalam membuat terarium sederhana antara lain tanah, pasir, batu kerikil, karbon aktif, moss, charcoal, dan tanaman kecil.

TRENDING 🔥  Cara Melubangi Botol Kaca dengan Alat Sederhana

2. Apa alat yang dibutuhkan dalam membuat terarium sederhana?

Alat yang dibutuhkan dalam membuat terarium sederhana antara lain sendok, air spray, gunting, tray, dan spuit.

3. Apa manfaat dari membuat terarium sederhana?

Manfaat dari membuat terarium sederhana antara lain meningkatkan kesehatan dan produktivitas, mendekorasi rumah, dan menenangkan pikiran.

4. Apakah semua jenis tanaman cocok untuk ditanam di dalam terarium?

Tidak semua jenis tanaman cocok untuk ditanam di dalam terarium. Tanaman yang cocok untuk ditanam di dalam terarium adalah tanaman dengan ukuran kecil dan kebutuhan kelembaban yang rendah.

5. Berapa sering harus menyiram tanaman di dalam terarium?

Frekuensi menyiram tanaman di dalam terarium tergantung pada kebutuhan tanaman dan kelembaban di dalam terarium. Sebaiknya menyiram tanaman setiap 2-3 hari sekali.

Penutup

Sekarang Sobat Sederhana sudah tahu cara membuat terarium sederhana yang mudah dan menyenangkan. Dengan membuat terarium, kamu dapat menambah kehijauan di dalam rumah dan juga mendekorasi rumahmu dengan miniatur taman yang indah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Terarium Sederhana untuk Sobat Sederhana