Cara Membuat Terang Bulan Sederhana Tanpa Mixer

Hello Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan terang bulan? Makanan khas dari China ini memang sudah menjadi makanan favorit di Indonesia. Tidak hanya enak, terang bulan juga mudah ditemukan di mana-mana, mulai dari warung pinggir jalan hingga restoran terkenal. Namun, tahukah Sobat Sederhana bahwa kita bisa membuat terang bulan sendiri di rumah? Benar, kita tidak perlu pergi ke restoran atau membeli di pinggir jalan karena kali ini saya akan membagikan cara membuat terang bulan sederhana tanpa mixer. Yuk, simak selengkapnya!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Pertama-tama, tentu saja kita perlu menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat terang bulan sederhana tanpa mixer:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gr
Gula pasir
100 gr
Susu bubuk
1 sdm
Ragi instan
1 sdt
Garam
1/4 sdt
Air matang
250 ml
Mentega
2 sdm, lelehkan
Minyak goreng
secukupnya
Isian (coklat, selai kacang, keju, dsb)
sesuai selera

Cara Membuat Terang Bulan Sederhana Tanpa Mixer

1. Campurkan Bahan Kering

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, ragi instan, dan garam di dalam wadah. Aduk rata menggunakan sendok.

2. Tambahkan Air Sedikit-Sedikit

Selanjutnya, tambahkan air sedikit-sedikit sambil diaduk-aduk hingga adonan menjadi kalis, tidak lengket di tangan, dan tidak terlalu lembek. Lakukan pengulangan selama kurang lebih 15 menit hingga adonan terlihat mengkilap.

3. Tambahkan Mentega Cair

Setelah itu, tambahkan mentega cair ke dalam adonan. Aduk rata hingga adonan kembali tercampur dengan baik.

4. Diamkan Adonan

Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit hingga mengembang dua kali lipat.

5. Panaskan Wajan

Panaskan wajan anti lengket dengan api kecil. Tambahkan sedikit minyak goreng dan ratakan dengan sendok.

TRENDING 🔥  Cara Buat Bangku Kayu Sederhana

6. Tuang Adonan ke Wajan

Tuangkan adonan ke dalam wajan dan ratakan. Tunggu hingga adonan matang di satu sisi, kemudian balik dan masak hingga matang di sisi yang lain. Lakukan hal ini secara berulang hingga adonan habis.

7. Tambahkan Isian

Setelah itu, tambahkan isian sesuai dengan selera di atas terang bulan yang sudah matang. Lipat menjadi dua dan tekan-tekan agar isian merata.

8. Panggang Kembali

Terakhir, panggang kembali terang bulan dengan api kecil hingga isian mencair dan terang bulan terlihat krispi. Angkat dan sajikan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa bedanya antara terang bulan dan martabak?

Secara umum, terang bulan dan martabak memiliki bahan dasar yang sama, yaitu tepung terigu, gula, dan telur. Namun, terang bulan umumnya lebih tipis dan lembut daripada martabak yang cenderung tebal dan padat.

2. Apakah terang bulan bisa disimpan?

Iya, terang bulan bisa disimpan dalam wadah kedap udara di dalam kulkas selama kurang lebih 2-3 hari. Namun, sebaiknya terang bulan langsung dikonsumsi setelah matang agar tetap enak dan renyah.

3. Bolehkah menggunakan ragi biasa?

Bisa, namun akan lebih baik jika menggunakan ragi instan karena lebih praktis dan hasilnya lebih maksimal. Jika menggunakan ragi biasa, sebaiknya diberi waktu lebih lama untuk mengembang hingga adonan menjadi lebih kalis dan kenyal.

4. Apa saja isian yang bisa ditambahkan di dalam terang bulan?

Isian terang bulan sangat bervariasi, tergantung selera masing-masing. Beberapa contoh isian yang umum digunakan antara lain keju, coklat, selai kacang, susu kental manis, dan kacang hijau. Kombinasikan sesuai dengan selera Sobat Sederhana.

5. Apa tips agar terang bulan tidak mudah sobek saat dipanggang?

Agar terang bulan tidak mudah sobek saat dipanggang, pastikan adonan sudah kalis dan tidak lengket di tangan. Selain itu, pastikan minyak goreng di dalam wajan sudah cukup panas sebelum tuang adonan agar adonan tidak menempel di wajan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Teko Listrik Sederhana

Demikianlah cara membuat terang bulan sederhana tanpa mixer. Mudah bukan? Dengan resep ini, Sobat Sederhana bisa memuaskan hasrat makan terang bulan tanpa harus pergi ke restoran atau membeli di pinggir jalan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Terang Bulan Sederhana Tanpa Mixer