Cara Membuat Terang Bulan Sederhana Rumahan

Hello, Sobat Sederhana! Apa kabar hari ini? Bicara soal makanan, siapa yang tidak suka terang bulan? Kuliner khas Tiongkok yang populer ini memang bikin lidah kita bergoyang. Namun, tidak selalu harus beli di warung atau restoran, kamu bisa membuat terang bulan sederhana rumahan sendiri lho. Yuk, kita simak cara membuatnya!

1. Persiapkan Bahan-Bahan

Sebelum mulai membuat terang bulan, pastikan kamu sudah menyiapkan seluruh bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
300 gram
Gula pasir
100 gram
Mentega
100 gram
Susu cair
500 ml
Telur ayam
3 butir
Baking powder
1 sendok teh
Vanili bubuk
1 sendok teh
Pewarna makanan
secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah mencampurnya dengan benar.

2. Campurkan Bahan-Bahan

Langkah pertama dalam cara membuat terang bulan adalah mencampurkan tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan vanili bubuk dalam wadah yang sama. Setelah itu, aduk hingga tercampur rata.

Selanjutnya, lelehkan mentega dan campurkan dengan susu cair. Aduk hingga tercampur rata.

Pecahkan telur ayam dan pisahkan putih dan kuningnya. Kocok kuning telur hingga mengembang dan campurkan dengan mentega dan susu cair. Aduk hingga tercampur rata.

Tambahkan campuran bahan kering tadi ke dalam campuran mentega, susu, dan kuning telur. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan.

Kocok putih telur hingga mengembang dan tambahkan ke dalam adonan terang bulan. Aduk perlahan hingga tercampur rata.

3. Tambahkan Pewarna Makanan

Jika kamu ingin membuat terang bulan dengan warna-warni yang menarik, kamu bisa menambahkan pewarna makanan ke dalam adonan terang bulan. Tambahkan secukupnya agar warnanya tidak terlalu mencolok atau terlalu pucat.

TRENDING 🔥  Jelaskan Cara Hidup Sederhana yang Dicontohkan Rasulullah Saw

4. Panaskan Wajan Anti Lengket

Untuk membuat terang bulan, kamu memerlukan wajan anti lengket. Panaskan wajan tersebut dengan api kecil hingga wajan benar-benar panas. Setelah itu, tuang adonan terang bulan ke dalam wajan hingga membentuk bulatan.

5. Masak Hingga Matang

Masak terang bulan hingga matang, yakni ketika bagian atasnya sudah kering dan bagian bawahnya sudah kecoklatan. Setelah itu, balik terang bulan dan masak hingga bagian bawahnya juga matang dan kecoklatan.

6. Angkat dan Sajikan

Sekarang, terang bulan milikmu sudah siap untuk disajikan. Kamu bisa membuat terang bulan polos atau menambahkan topping sesuai selera, seperti coklat meses, keju parut, atau kacang. Sajikan terang bulan selagi masih hangat agar rasanya lebih enak.

FAQ

1. Apakah bisa membuat terang bulan tanpa menggunakan wajan anti lengket?

Bisa, tapi agak sulit. Wajan anti lengket berfungsi agar adonan tidak menempel di wajan dan mudah untuk dibalik. Jika kamu menggunakan wajan biasa, ada kemungkinan adonan akan menempel di wajan dan sulit untuk dibalik.

2. Apakah susu cair bisa diganti dengan air?

Bisa, tapi sebaiknya tidak. Susu cair memberi rasa yang lebih creamy dan lembut pada terang bulan. Jika kamu menggunakan air, rasanya bisa berbeda dan kurang lezat.

3. Bagaimana cara membuat terang bulan yang lebih besar?

Kamu bisa menambahkan jumlah bahan-bahan dan menggunakan wajan yang lebih besar. Namun, pastikan kamu bisa mengaduk adonan hingga benar-benar tercampur rata dan bisa membalik terang bulan dengan mudah.

4. Apakah terang bulan bisa disimpan dalam waktu yang lama?

Bisa, tapi pastikan terang bulan sudah dingin dan disimpan dalam wadah yang tertutup rapat di dalam kulkas. Terang bulan bisa bertahan hingga beberapa hari dalam kulkas.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Takoyaki Enak Sederhana

5. Apa saja topping yang bisa ditambahkan pada terang bulan?

Topping yang bisa ditambahkan pada terang bulan sangat beragam, tergantung selera masing-masing. Beberapa topping yang sering digunakan, antara lain coklat meses, keju parut, kacang, selai, dan buah-buahan.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Terang Bulan Sederhana Rumahan