Cara Membuat Tempe Tahu Bacem Sederhana

Hello Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas resep cara membuat tempe tahu bacem sederhana yang tentunya sangat cocok untuk menjadi menu masakan sehari-hari. Bacem adalah salah satu cara memasak yang identik dengan rasa manis, gurih, dan sedikit pedas. Nah, untuk membuat tempe tahu bacem yang lezat dan sederhana, yuk simak langkah-langkah di bawah ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses memasak, pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan semua bahan-bahan berikut ini:

Bahan
Jumlah
Tempe
200 gram
Tahu
200 gram
Bawang merah
5 butir
Bawang putih
3 siung
Kemiri
3 butir
Ketumbar bubuk
1 sendok teh
Garam
secukupnya
Gula merah
50 gram
Kecap manis
2 sendok makan
Cabai merah
2 buah
Air
secukupnya
Minyak untuk menggoreng
secukupnya

Langkah-langkah Memasak

1. Potong-potong Tempe dan Tahu

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memotong-motong tempe dan tahu sesuai dengan selera. Kemudian goreng tempe dan tahu hingga matang dan berwarna keemasan. Angkat dan tiriskan.

2. Haluskan Bumbu

Selanjutnya, haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, dan cabai merah dengan menggunakan blender atau ulekan. Tambahkan sedikit air supaya mudah dihaluskan.

3. Tumis Bumbu Halus

Panaskan minyak di dalam wajan, kemudian tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Tambahkan ketumbar bubuk, garam, dan gula merah. Aduk rata dan masak hingga gula merah larut.

4. Masukkan Tempe dan Tahu

Selanjutnya, masukkan tempe dan tahu yang sudah digoreng ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu tumis. Tambahkan air secukupnya dan masukkan kecap manis. Aduk rata kembali dan masak hingga air menyusut dan bumbu meresap ke dalam tempe dan tahu.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kiprok Sepeda yang Sederhana di http://sekteeksperimental.tk

5. Sajikan

Setelah semua bahan matang, angkat dan sajikan tempe tahu bacem sederhana ini di atas piring yang sudah disiapkan. Selamat menikmati!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat tempe tahu bacem sederhana ini?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat tempe tahu bacem sederhana ini sekitar 45 menit hingga 1 jam, tergantung pada keterampilan memasak dan jumlah bahan yang digunakan.

2. Apa yang membuat tempe tahu bacem ini begitu lezat?

Tempe tahu bacem yang lezat biasanya memiliki rasa manis, gurih, dan sedikit pedas. Kombinasi bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, garam, gula merah, kecap manis, dan cabai merah menjadi kunci utama dalam menciptakan rasa yang sedap pada tempe tahu bacem.

3. Apakah tempe tahu bacem ini sulit dibuat?

Tidak, tempe tahu bacem sangat mudah dibuat dan bahkan bisa dilakukan oleh pemula sekalipun. Pastikan semua bahan-bahan sudah tersedia dan ikuti langkah-langkah memasak yang tepat.

4. Apakah tempe tahu bacem ini cocok untuk menu makan sehari-hari?

Tentu saja, tempe tahu bacem sederhana ini sangat cocok untuk dijadikan menu makan sehari-hari. Selain mudah dibuat, tempe tahu bacem juga kaya akan nutrisi karena mengandung protein dan serat yang baik untuk tubuh.

5. Bagaimana cara menyimpan tempe tahu bacem agar awet?

Untuk menyimpan tempe tahu bacem agar awet, simpan di dalam wadah yang tertutup rapat dan taruh di dalam kulkas. Ketika ingin menghidangkannya lagi, panaskan terlebih dahulu di atas wajan atau oven.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Membuat Tempe Tahu Bacem Sederhana