Cara Membuat Tempe Krispi Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Tempe merupakan salah satu makanan yang sudah sangat familiar di masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang lezat, tempe juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Namun, kali ini kita tidak akan membahas tentang tempe pada umumnya. Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat tempe krispi sederhana. Tempe krispi adalah salah satu olahan tempe yang sudah banyak disukai oleh masyarakat. Yuk, simak cara membuat tempe krispi sederhana berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan tempe krispi, pastikan Sobat Sederhana menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

Bahan
Jumlah
Tempe
1 kotak
Tepung terigu
100 gram
Tepung beras
50 gram
Maizena
50 gram
Bawang putih (haluskan)
3 siung
Kecap manis
2 sdm
Garam
secukupnya
Air
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Langkah-langkah membuat tempe krispi sederhana

1. Potong-potong tempe

Pertama-tama, potong tempe menjadi beberapa bagian sesuai selera. Usahakan setiap bagian mempunyai ketebalan yang sama agar hasilnya maksimal.

2. Buat adonan tepung

Selanjutnya, campur tepung terigu, tepung beras, maizena, dan bawang putih yang telah dihaluskan. Aduk rata. Setelah itu, tambahkan kecap manis, garam, dan air secukupnya. Aduk lagi hingga adonan tercampur dengan baik.

3. Celupkan tempe ke dalam adonan tepung

Celupkan tempe ke dalam adonan tepung hingga terbalut dengan sempurna. Setelah itu, diamkan selama beberapa menit agar adonan meresap ke dalam tempe.

4. Panaskan minyak goreng

Kemudian, panaskan minyak goreng di dalam wajan. Usahakan minyak cukup banyak dan wajannya sudah dipanaskan terlebih dahulu agar tempe bisa matang dengan baik dan krispi.

5. Goreng tempe

Goreng tempe yang telah dibalut dengan adonan tepung hingga kuning kecoklatan dan matang. Setelah matang, angkat dan tiriskan.

TRENDING 🔥  Cara Menanam Cabai Sederhana Beserta Gambar

6. Tempe krispi sederhana sudah siap disajikan

Tempe krispi sederhana sudah siap disajikan. Sobat Sederhana bisa menyantapnya langsung dengan nasi hangat atau bisa juga dibuat sebagai pelengkap hidangan lainnya. Selamat mencoba!

FAQ

1. Apa bedanya tempe krispi dengan tempe biasa?

Tempe krispi memiliki cita rasa yang lebih gurih dan renyah karena dilapisi dengan adonan tepung saat digoreng. Sedangkan tempe biasa hanya dipotong-potong dan dimasak tanpa dilapisi adonan apa pun.

2. Apakah tempe krispi sulit dibuat?

Tidak, tempe krispi sangat mudah dibuat. Sobat Sederhana hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan mengikuti langkah-langkahnya dengan benar.

3. Apakah bisa menggunakan tepung lain selain tepung terigu, tepung beras, dan maizena?

Bisa, Sobat Sederhana bisa menggunakan tepung lain sesuai dengan selera dan ketersediaan di rumah.

4. Berapa lama tempe krispi bisa tahan?

Tempe krispi bisa tahan hingga 1-2 hari di dalam kulkas.

Penutup

Sekian cara membuat tempe krispi sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba. Dengan bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang sederhana, Sobat Sederhana bisa membuat tempe krispi sendiri di rumah. Selain lebih sehat karena menggunakan bahan-bahan yang alami, membuat sendiri juga lebih hemat dan praktis. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Tempe Krispi Sederhana