Cara Membuat Tempe Enak Sederhana

Halo Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat tempe enak sederhana. Tempe merupakan makanan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia karena selain rasanya yang enak, tempe juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita mulai memasak, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Kedelai
1 kg
Ragi tempe
2 sendok makan
Air bersih
Secukupnya

Cara Membuat Tempe Enak Sederhana

1. Menyiapkan Kedelai

Pertama-tama, rendam kedelai dalam air bersih selama kurang lebih 10 jam. Setelah itu, tiriskan kedelai dan cuci bersih dengan air mengalir. Kemudian, kukus kedelai selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang.

2. Mengolah Ragi Tempe

Selanjutnya, campurkan ragi tempe dengan air bersih sebanyak 50 ml. Aduk hingga ragi tempe tercampur rata dengan air.

3. Mencampurkan Ragi Tempe dengan Kedelai

Campurkan ragi tempe yang telah dilarutkan dengan kedelai yang sudah matang. Aduk rata hingga kedelai tercampur dengan ragi tempe.

4. Membungkus Kedelai dengan Daun Pisang

Setelah itu, bungkus kedelai yang telah tercampur dengan ragi tempe dengan daun pisang. Pastikan kedelai terbungkus rapat dengan daun pisang agar tidak terkontaminasi oleh udara dan kotoran.

5. Fermentasi Kedelai

Setelah kedelai terbungkus dengan daun pisang, simpan kedelai dalam tempat yang bersih dan kering. Diamkan selama kurang lebih 12 jam atau hingga terlihat berwarna putih kekuningan dan bau harum.

6. Tempe Siap Disantap

Setelah kedelai menjadi tempe, tempe siap untuk disantap. Tempe enak sederhana sudah bisa dinikmati bersama keluarga dan teman-teman.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Red Velvet Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah harus menggunakan kedelai untuk membuat tempe?

Ya, kedelai merupakan bahan utama untuk membuat tempe. Namun, ada juga tempe yang dibuat dengan bahan lain seperti jagung dan kacang hijau.

2. Apa saja nutrisi yang terkandung dalam tempe?

Tempe mengandung protein, serat, karbohidrat kompleks, vitamin B kompleks, zat besi, kalsium, dan fosfor yang baik untuk tubuh kita.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat tempe?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat tempe sekitar 1-2 hari.

4. Bisakah tempe diolah menjadi berbagai macam makanan?

Ya, tempe bisa diolah menjadi berbagai macam makanan seperti tempe goreng, tempe mendoan, tempe bacem, dan banyak lagi.

Keuntungan Membuat Sendiri Tempe Enak Sederhana

Membuat sendiri tempe enak sederhana memiliki banyak keuntungan. Selain bisa menentukan kualitas bahan yang digunakan, membuat tempe sendiri juga bisa menjadi alternatif pekerjaan sampingan yang menguntungkan. Selain itu, dengan membuat sendiri tempe enak sederhana, kita juga bisa menghemat pengeluaran untuk membeli tempe di pasaran.

Penutup

Demikian cara membuat tempe enak sederhana yang mudah dan praktis. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita bisa membuat tempe sendiri di rumah dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Tempe Enak Sederhana