Cara Membuat Tempe Balado Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan belajar cara membuat tempe balado yang sederhana namun sangat lezat. Tempe balado merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat digemari oleh masyarakat, terutama di daerah Sumatera Barat. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah membuat tempe balado yang mudah dipraktikkan di rumah. Yuk, simak terus artikel ini!

Bahan-Bahan

Sebelum memulai proses pembuatan tempe balado, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
Tempe
1 kotak (250 gram)
Cabe merah keriting
10 buah
Bawang merah
5 siung
Bawang putih
3 siung
Tomat
1 buah
Garam
secukupnya
Gula
secukupnya
Air matang
100 ml
Minyak goreng
secukupnya

Pastikan semua bahan sudah dipersiapkan dengan baik sebelum memulai proses pembuatan tempe balado.

Langkah-Langkah

1. Potong dan Goreng Tempe

Pertama-tama, potong tempe menjadi ukuran kecil-kecil sesuai dengan selera. Setelah itu, goreng tempe dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat tempe dan tiriskan.

2. Iris Bahan-Bahan Lain

Selanjutnya, iris cabe merah keriting, bawang merah, bawang putih, dan tomat menjadi potongan kecil-kecil. Anda dapat menyesuaikan ukuran potongan sesuai dengan selera.

3. Tumis Bahan-Bahan

Masukkan sedikit minyak goreng ke dalam wajan dan panaskan. Setelah itu, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan irisan cabe merah keriting dan tumis hingga layu. Masukkan irisan tomat dan tumis hingga matang dan layu.

4. Tambahkan Gula dan Garam

Tambahkan gula dan garam secukupnya ke dalam wajan. Aduk rata dan cicipi. Sesuaikan rasanya dengan selera Anda. Jangan terlalu banyak mengambil garam karena tempe sudah memiliki rasa yang agak asin.

TRENDING 🔥  Cara Kerja Balon Udara Sederhana Fisika

5. Masukkan Tempe

Tambahkan tempe yang sudah digoreng ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan tempe tercampur dengan bumbu merah. Masukkan air matang dan aduk rata lagi. Biarkan bumbu meresap dan tempe menjadi agak kering.

Tips dan Trik

Cara Membuat Tempe yang Lebih Enak

Agar tempe lebih enak dan memiliki tekstur yang lembut, Anda dapat merebus tempe terlebih dahulu sebelum digoreng. Rebus tempe selama kurang lebih 10 menit dengan air yang diberi sedikit garam. Setelah itu, tiriskan dan goreng tempe hingga matang dan kecoklatan.

Cara Menyimpan Tempe Balado

Tempe balado dapat disimpan dalam wadah kedap udara di dalam kulkas. Sebelum disimpan, pastikan tempe sudah benar-benar dingin. Tempe balado dapat bertahan selama kurang lebih 3-4 hari dalam kulkas.

Cara Menghidangkan Tempe Balado

Tempe balado dapat dihidangkan sebagai lauk pendamping nasi atau sebagai cemilan. Sajikan tempe balado di atas piring dan taburi dengan sedikit daun bawang cincang untuk menambah cita rasa.

FAQ

1. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tempe balado?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tempe balado antara lain tempe, cabe merah keriting, bawang merah, bawang putih, tomat, garam, gula, air matang, dan minyak goreng.

2. Apakah tempe harus direbus terlebih dahulu sebelum digoreng?

Tidak harus. Namun, jika ingin mendapatkan tekstur tempe yang lebih lembut, tempe dapat direbus terlebih dahulu sebelum digoreng.

3. Bagaimana cara menyimpan tempe balado agar tahan lama?

Tempe balado dapat disimpan dalam wadah kedap udara di dalam kulkas. Pastikan tempe sudah dingin sebelum disimpan. Tempe balado dapat bertahan selama kurang lebih 3-4 hari dalam kulkas.

4. Apa cara menghidangkan tempe balado yang baik?

Tempe balado dapat dihidangkan sebagai lauk pendamping nasi atau sebagai cemilan. Sajikan tempe balado di atas piring dan taburi dengan sedikit daun bawang cincang untuk menambah cita rasa.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Alat Pendeteksi Kebakaran Sederhana

Penutup

Nah, itulah tadi langkah-langkah membuat tempe balado yang sederhana namun enak. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan cara pembuatan yang simpel, Anda dapat membuat tempe balado sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk Sobat Sederhana. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Tempe Balado Sederhana