Cara Membuat Tempat Tas Sederhana

Hello Sobat Sederhana, kali ini kita akan belajar tentang cara membuat tempat tas sederhana sendiri di rumah. Tempat tas sederhana ini sangat berguna untuk menyimpan tas-tas kita agar tidak tercampur dengan barang lainnya di dalam lemari atau di sudut kamar. Selain itu, membuat tempat tas sederhana juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menghemat budget. Jadi, simak terus artikel ini ya!

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai membuat tempat tas sederhana, ada beberapa alat dan bahan yang perlu disiapkan. Berikut ini daftar alat dan bahan yang dibutuhkan:

Alat
Bahan
– Gunting
– Penggaris
– Spidol
– Jarum pentul
– Benang jahit
– Kain kanvas
– Kain katun polos
– Kain flanel
– Resleting

Anda bisa membeli alat dan bahan tersebut di toko kain atau toko jahit terdekat. Jangan lupa untuk memilih kain dengan warna yang cocok dan model yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

2. Membuat Pola dan Memotong Kain

Setelah alat dan bahan sudah siap, langkah selanjutnya adalah membuat pola dan memotong kain sesuai dengan pola tersebut. Berikut ini adalah cara membuat pola tempat tas sederhana:

a. Membuat Pola Bagian Depan dan Belakang

Pertama, buatlah pola bagian depan dan belakang dengan menggunakan kain kanvas. Pola ini berbentuk persegi panjang dengan ukuran 50 cm x 40 cm. Gunakan penggaris dan spidol untuk menggambar pola tersebut di atas kain kanvas. Kemudian, gunting kain kanvas sesuai dengan pola yang sudah digambar.

b. Membuat Pola Bagian Tepi Kiri dan Kanan

Setelah itu, buatlah pola bagian tepi kiri dan kanan dengan menggunakan kain katun polos. Pola ini berbentuk pita dengan lebar 7 cm dan panjang 50 cm. Gunakan penggaris dan spidol untuk menggambar pola tersebut di atas kain katun. Kemudian, gunting kain katun sesuai dengan pola yang sudah digambar.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Bubur Sumsum Sederhana

c. Membuat Pola Bagian Bawah

Terakhir, buatlah pola bagian bawah dengan menggunakan kain flanel. Pola ini berbentuk persegi panjang dengan ukuran 50 cm x 22 cm. Gunakan penggaris dan spidol untuk menggambar pola tersebut di atas kain flanel. Kemudian, gunting kain flanel sesuai dengan pola yang sudah digambar.

3. Menjahit Bagian-Bagian Tempat Tas

Setelah memotong kain sesuai dengan pola, langkah selanjutnya adalah menjahit bagian-bagian tempat tas. Berikut ini adalah cara menjahit bagian-bagian tempat tas sederhana:

a. Menjahit Bagian Depan dan Belakang

Pertama-tama, jahitlah bagian depan dan belakang dengan menggunakan benang jahit dan jarum pentul. Jahitlah bagian samping, bagian atas, dan bagian bawah kain kanvas hingga membentuk sebuah kantong besar yang terbuka di bagian atas. Pastikan jahitan benang jahit rapi dan kuat.

b. Menjahit Bagian Tepi Kiri dan Kanan

Setelah itu, jahitlah bagian tepi kiri dan kanan dengan menggunakan benang jahit dan jarum pentul. Jahitlah bagian tepi kiri dan kanan ke bagian samping kantong kanvas yang sudah dijahit sebelumnya. Pastikan jahitan benang jahit rapi dan kuat.

c. Menjahit Bagian Bawah

Terakhir, jahitlah bagian bawah dengan menggunakan benang jahit dan jarum pentul. Jahitlah bagian bawah kantong flanel ke bagian bawah kantong kanvas yang sudah dijahit sebelumnya. Pastikan jahitan benang jahit rapi dan kuat.

4. Menambahkan Resleting

Langkah terakhir dalam membuat tempat tas sederhana adalah menambahkan resleting pada bagian atas kantong kanvas. Berikut ini adalah cara menambahkan resleting:

a. Membuat Lubang Resleting

Pertama-tama, buatlah lubang resleting pada kedua sisi bagian atas kantong kanvas. Gunakan spidol untuk menggambar garis di kedua sisi bagian atas kantong kanvas. Kemudian, buatlah lubang kecil pada setiap sudut garis tersebut dengan menggunakan gunting. Pastikan lubang yang dibuat cukup kecil untuk menyesuaikan ukuran gigi resleting.

TRENDING 🔥  Cara Masak Ayam Pop Rumah Makan Sederhana

b. Menjahit Resleting

Setelah membuat lubang resleting, langkah selanjutnya adalah menjahit resleting pada bagian atas kantong kanvas. Gunakan benang jahit dan jarum pentul untuk menjahit resleting pada kedua sisi bagian atas kantong kanvas. Pastikan jahitan benang jahit rapi dan kuat.

c. Menjahit Ujung Resleting

Terakhir, jahitlah ujung resleting pada bagian atas kantong kanvas. Gunakan benang jahit dan jarum pentul untuk menjahit ujung resleting agar tidak terkelupas atau terlepas dari kantong kanvas. Pastikan jahitan benang jahit rapi dan kuat.

Frequently Asked Questions

1. Apakah kain kanvas harus menggunakan warna tertentu?

Tidak harus. Anda bisa memilih kain kanvas dengan warna atau corak yang sesuai dengan selera Anda.

2. Apa yang harus dilakukan jika lubang resleting terlalu besar?

Jika lubang resleting terlalu besar, Anda bisa menambahkan kain flanel atau kain pelapis di bawah resleting sebelum menjahitnya pada kantong kanvas.

3. Bagaimana cara membersihkan tempat tas sederhana yang sudah jadi?

Anda bisa membersihkan tempat tas sederhana dengan mencuci secara manual menggunakan deterjen yang lembut dan air dingin. Jangan menggunakan mesin cuci atau pengering karena bisa merusak kain dan menjadikannya cepat rusak.

Penutup

Itulah cara membuat tempat tas sederhana yang bisa Anda coba di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa memiliki tempat tas sederhana yang lebih teratur dan rapi. Selain itu, membuat tempat tas sederhana juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Jangan lupa untuk berkreasi dan memilih kain yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Tempat Tas Sederhana