Cara Membuat Tempat Pensil dari Kain Flanel Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana! Kali ini kita akan belajar cara membuat tempat pensil dari kain flanel sederhana. Kain flanel adalah bahan yang mudah ditemukan dan bisa digunakan untuk membuat berbagai macam kerajinan tangan, salah satunya adalah tempat pensil. Dengan membuat tempat pensil sendiri, kamu bisa menyesuaikan desainnya sesuai dengan selera dan kebutuhanmu. Yuk, simak tutorialnya berikut ini!

1. Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat tempat pensil, pastikan kamu sudah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa alat dan bahan yang perlu disiapkan:

Alat
Bahan
Gunting
Kain flanel
Benang dan jarum
Kancing
Pita
Perekat kain

Pastikan kamu sudah menyiapkan semua alat dan bahan tersebut sebelum memulai membuat tempat pensil.

2. Membuat Pola

Sebelum memotong kain flanel, kamu perlu membuat pola terlebih dahulu. Pola yang dibuat harus sesuai dengan ukuran pensil yang akan dimasukkan ke dalam tempat pensil. Berikut adalah langkah-langkah membuat pola:

  1. Ambil pensil dan ukur panjangnya
  2. Untuk lebar tempat pensil, tambahkan 2 cm dari lebar pensil
  3. Buat pola persegi panjang sesuai dengan ukuran yang diambil

Pola yang telah dibuat akan digunakan sebagai acuan saat memotong kain flanel.

3. Memotong Kain Flanel

Setelah pola dibuat, kamu bisa mulai memotong kain flanel. Potong kain flanel sesuai dengan pola yang telah dibuat, lalu lipat menjadi dua dengan bagian yang bagus menghadap ke dalam. Kemudian, gunakan perekat kain untuk menempelkan kedua sisi kain, kecuali bagian atas tempat pensil yang akan digunakan sebagai pintu.

4. Menjahit Tempat Pensil

Setelah kain flanel ditempelkan dengan perekat kain, saatnya menjahit semua sisi tempat pensil. Jahit menggunakan benang dan jarum dengan jahitan lurus atau zigzag. Jangan lupa untuk membuat lubang di bagian atas tempat pensil yang akan digunakan sebagai pintu. Setelah selesai menjahit, balik tempat pensil sehingga bagian yang bagus menghadap ke luar.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Rekayasa Vacum Cleaner Sederhana

5. Menambahkan Kancing dan Pita

Agar pintu tempat pensil tidak terbuka sendiri, kamu perlu menambahkan kancing pada bagian atas dan tali pita pada bagian bawah. Potong pita sesuai dengan lebar tempat pensil dan jahit pada bagian bawah, sementara kancing dijahit pada bagian atas dan digunakan untuk menutup pintu tempat pensil.

Frequently Asked Questions

1. Apa yang harus dilakukan jika kain flanel tidak lengkap?

Jika kain flanel tidak lengkap atau tidak cukup, kamu bisa mencoba mencampur dengan kain flanel berwarna lain atau menggunakan bahan yang berbeda untuk membuat tempat pensil.

2. Bagaimana cara membersihkan tempat pensil?

Tempat pensil dari kain flanel bisa dicuci dengan tangan menggunakan sabun biasa dan dibilas dengan air bersih. Jangan menggunakan mesin cuci untuk mencuci tempat pensil karena bisa merusak bahan flanel.

3. Bisakah tempat pensil dari kain flanel digunakan untuk tempat perhiasan?

Ya, tempat pensil dari kain flanel juga bisa digunakan sebagai tempat perhiasan atau aksesoris lainnya.

4. Apakah ada alternatif bahan selain kain flanel?

Ya, selain kain flanel, kamu juga bisa menggunakan bahan seperti kain katun atau kanvas untuk membuat tempat pensil.

5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat tempat pensil dari kain flanel?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat tempat pensil dari kain flanel tergantung pada tingkat kesulitan dan kemampuanmu. Namun, untuk membuat tempat pensil sederhana, waktu yang dibutuhkan sekitar 30-60 menit.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kain Flanel Sederhana