Cara Membuat Teleskop Sederhana dari Barang Bekas

Selamat datang Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat teleskop sederhana dari barang bekas. Teleskop adalah alat optik yang biasa digunakan untuk melihat benda-benda di langit seperti bintang, planet, dan galaksi. Namun, teleskop juga dapat digunakan untuk melihat objek yang jauh dari kita seperti pemandangan alam, gedung-gedung tinggi, atau kapal di laut.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai pembuatan teleskop, Sobat Sederhana perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

Kaleng bekas
1 buah
Kaca pembesar
2 buah
Kartu nama/ kertas kado
1 lembar
Lem tembak
secukupnya
Cutter
1 buah
Pensil
1 buah

Setelah semua bahan sudah tersedia, Sobat Sederhana bisa mulai memulai pembuatan teleskop.

Cara Membuat Teleskop

Langkah 1: Menyiapkan Kaleng Bekas

Pertama-tama, Sobat Sederhana perlu membersihkan kaleng bekas dan membuat lubang di tengah-tengah kaleng. Lubang ini nantinya akan digunakan sebagai lensa objektif teleskop. Untuk membuat lubang, Sobat Sederhana bisa menggunakan cutter dan berhati-hati agar tidak terluka.

Langkah 2: Membuat Lensa Objektif

Setelah kaleng sudah siap, Sobat Sederhana bisa membuat lensa objektif teleskop dengan menggunakan kaca pembesar. Letakkan kaca pembesar di atas kartu nama atau kertas kado, kemudian potong dengan pensil sesuai dengan ukuran lubang di kaleng.

Setelah berhasil dipotong, rekatkan lensa objektif ke dalam lubang kaleng menggunakan lem tembak. Pastikan lensa terpasang dengan rapi dan tidak bergeser.

Langkah 3: Membuat Lensa Okuler

Langkah selanjutnya adalah membuat lensa okuler. Lensa okuler ini nantinya akan digunakan untuk melihat objek yang sudah diperbesar oleh lensa objektif. Untuk membuat lensa okuler, Sobat Sederhana cukup menempelkan kaca pembesar ke ujung kaleng bekas yang sudah dipotong.

TRENDING 🔥  Cara Memutuskan Jaringan Wifi Orang Lain dengan Sederhana

Langkah 4: Mengatur Fokus

Setelah lensa objektif dan lensa okuler sudah terpasang, Sobat Sederhana bisa mengatur fokus teleskop. Caranya cukup dengan memutar lensa objektif ke kiri atau ke kanan hingga objek yang dilihat terlihat jelas.

Langkah 5: Menguji Kinerja Teleskop

Terakhir, Sobat Sederhana bisa mencoba menguji kinerja teleskop dengan mengamati benda-benda di sekitar kita seperti gedung, pohon, atau bintang di langit. Pastikan teleskop sudah terpasang dengan stabil dan tidak bergeser saat digunakan.

FAQ

1. Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat teleskop sederhana?

Untuk membuat teleskop sederhana, Sobat Sederhana membutuhkan kaleng bekas, kaca pembesar, kartu nama/kertas kado, lem tembak, cutter, dan pensil.

2. Apa fungsi lensa objektif dan lensa okuler pada teleskop?

Lensa objektif pada teleskop berfungsi untuk memperbesar objek yang diamati dan menangkap cahaya dari objek tersebut. Sedangkan, lensa okuler berfungsi untuk memperbesar gambar yang dihasilkan oleh lensa objektif agar bisa dilihat dengan lebih detail.

3. Apa yang harus dilakukan jika teleskop tidak bisa fokus?

Jika teleskop tidak bisa fokus, Sobat Sederhana bisa mencoba memutar lensa objektif ke kiri atau ke kanan hingga objek yang dilihat terlihat jelas. Jika masih belum berhasil, coba periksa kembali posisi lensa objektif dan lensa okuler.

Kesimpulan

Dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana, Sobat Sederhana dapat membuat teleskop sederhana dari barang bekas. Pembuatan teleskop ini tidak memerlukan biaya yang banyak dan bisa menjadi pengalaman yang menarik untuk dicoba. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Teleskop Sederhana dari Barang Bekas