Cara Membuat Telepon Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Pernahkah kalian membayangkan bagaimana membuat telepon yang sederhana namun dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan teman atau keluarga? Di artikel ini, kami akan memberikan tutorial lengkap tentang cara membuat telepon sederhana yang dapat kalian coba sendiri di rumah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Memilih Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat telepon sederhana, kalian harus menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa bahan yang diperlukan:

Bahan
Keterangan
Tabung Kertas
Ukuran sedang, dapat digunakan sebagai wadah suara
Kawat Tembaga
Dapat digunakan sebagai penghantar suara
Isolasi Karet
Untuk melindungi kawat dari kontak dengan tabung kertas
Kertas Aluminium
Untuk membuat membran suara
Kertas Kalkir
Untuk membuat membran suara
Pulpen
Untuk menulis dan membuat tanda pada bahan-bahan

Setelah kalian menyiapkan semua bahan yang diperlukan, lanjut ke langkah selanjutnya.

2. Membuat Kawat Penghantar Suara

Kawat tembaga yang telah disediakan perlu dipotong menjadi dua bagian yang sama panjangnya. Setiap potongan kemudian perlu dipasang pada ujung-ujung tabung kertas. Namun, sebelumnya, pastikan bahwa kawat terisolasi dengan baik menggunakan isolasi karet. Langkah selanjutnya adalah menghubungkan kedua kawat tembaga ini pada kedua ujung tabung kertas menggunakan pita perekat.

3. Membuat Membran Suara

Untuk membuat membran suara, kalian dapat mengambil kertas aluminium atau kertas kalkir. Potong kertas dalam ukuran yang sama besar dengan diameter tabung kertas. Setelah itu, tempelkan kertas di atas tabung kertas dan gunakan pulpen untuk membuat tanda lingkaran pada lingkaran kertas.

Selanjutnya, gunakan pisau atau gunting untuk memotong lingkaran kertas yang telah ditandai. Tempelkan membran suara yang telah dibuat pada ujung tabung kertas yang berbeda, jauh dari tempat kawat penghantar suara dipasang.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Es Krim Mangga Sederhana

4. Menguji Telepon Sederhana

Setelah semua bahan dan komponen telah dipasang dengan benar, kalian dapat mencoba menguji telepon sederhana yang telah dibuat. Ucapkan beberapa kata pada membran suara dan dengarkan apakah suara tersebut dapat didengar dengan jelas oleh teman atau keluarga yang menerima panggilan telepon darimu.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang cara membuat telepon sederhana:

1. Apakah bahan-bahan yang digunakan mahal?

Tidak, semua bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat telepon sederhana ini sangat terjangkau dan mudah didapat. Kalian bahkan dapat menemukan beberapa bahan yang digunakan di rumah.

2. Apakah telepon sederhana dapat digunakan untuk panggilan jarak jauh?

Telepon sederhana ini tidak dapat digunakan untuk panggilan jarak jauh karena jangkauannya terbatas. Telepon sederhana ini hanya cocok digunakan di tempat yang dekat antara kedua telepon sederhana.

3. Bisakah saya mengganti bahan-bahan yang digunakan?

Tentu saja, kalian dapat mengganti bahan-bahan dengan bahan yang serupa atau bahkan lebih baik. Namun, pastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan memiliki fungsi yang sama dengan bahan-bahan yang telah dijelaskan di atas.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Membuat Telepon Sederhana