Cara Membuat Tas Sederhana dari Koran

Hallo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat tas sederhana dari koran. Tas yang terbuat dari koran ini merupakan alternatif yang baik untuk tas-tas biasa yang terbuat dari bahan sintetis. Selain itu, dengan membuat tas dari koran, kita bisa melakukan penghematan dan membantu menjaga lingkungan. Yuk, kita simak langkah-langkahnya!

1. Menyiapkan Bahan dan Alat

Sebelum memulai membuat tas dari koran, Sobat Sederhana harus menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain koran, kertas karton, tali rafia atau benang wol, dan lem tembak. Sementara itu, alat yang dibutuhkan adalah gunting, pensil, penggaris, dan printer (jika Sobat Sederhana ingin mencetak pola tas).

Setelah semua bahan dan alat sudah tersedia, maka langkah selanjutnya adalah memulai membuat tas sederhana dari koran.

2. Membuat Pola Tas

Langkah pertama dalam membuat tas dari koran adalah membuat pola tas terlebih dahulu. Sobat Sederhana bisa mencari pola tas di internet atau membuatnya sendiri dengan menggunakan kertas karton, penggaris, dan pensil. Pastikan ukuran pola tas sudah sesuai dengan yang diinginkan.

Setelah pola tas sudah jadi, then Sobat Sederhana bisa mencetaknya dengan menggunakan printer. Namun, jika Sobat Sederhana tidak memiliki printer, pola tas bisa dilukis langsung di atas koran dengan menggunakan pensil dan penggaris.

3. Memotong Koran

Setelah pola tas sudah tersedia, langkah selanjutnya adalah memotong koran sesuai dengan pola tas yang sudah dibuat. Pastikan Sobat Sederhana memotong koran dengan hati-hati dan sesuai dengan ukuran pola tas yang sudah dibuat. Caranya, letakkan pola tas di atas koran, lalu gunakan gunting untuk memotong koran sesuai dengan bentuk pola tas.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Puding Sederhana Tanpa Santan

Setelah semua bagian koran sudah dipotong, maka Sobat Sederhana akan memiliki 5 bagian koran yaitu bagian depan, belakang, sisi kiri, sisi kanan, dan bagian bawah tas.

4. Menempelkan Bagian Tas

Langkah selanjutnya adalah menempelkan semua bagian tas. Caranya, letakkan bagian depan dan belakang tas, lalu tempelkan keduanya dengan menggunakan lem tembak. Kemudian, tempelkan juga sisi-sisi tas dengan lem tembak. Terakhir, tempelkan bagian bawah tas dengan menggunakan lem tembak.

5. Membuat Tali Tas

Setelah semua bagian tas sudah ditempelkan, Sobat Sederhana bisa membuat tali tas. Caranya, Sobat Sederhana bisa menggunakan tali rafia atau benang wol. Potong tali rafia atau benang wol sepanjang 1 meter, lalu ikatkan ke sisi tas kiri dan kanan. Pastikan tali tas sudah dipasang dengan rapi dan kuat.

6. Tas Sederhana dari Koran Siap Dipakai

Setelah semua langkah di atas selesai dilakukan, maka tas sederhana dari koran sudah jadi dan siap digunakan. Sobat Sederhana bisa menghias tas dengan menambahkan aksesoris atau memodifikasi tas sesuai dengan selera. Tas sederhana dari koran ini cocok untuk digunakan sebagai tas belanja atau tas sekolah. Selamat mencoba!

FAQ

No.
Pertanyaan
Jawaban
1
Dapatkah tas sederhana dari koran digunakan untuk membawa barang berat?
Tas sederhana dari koran lebih cocok digunakan untuk membawa barang-barang ringan seperti buku, pakaian, atau makanan.
2
Apakah tas sederhana dari koran tahan air?
Tas sederhana dari koran tidak tahan air. Jadi, hindari menggunakannya saat cuaca sedang hujan atau untuk membawa barang-barang yang mudah basah.
3
Bisakah tas sederhana dari koran dicuci?
Bisa. Namun, tas sederhana dari koran sebaiknya dicuci dengan tangan dan jangan diperas terlalu kencang agar tidak merusak tas.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Tahu Crispy yang Kres n Sederhana

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Tas Sederhana dari Koran