Cara Membuat Tape Singkong Sederhana

Hello, Sobat Sederhana! Apa kabar? Kali ini kita akan belajar cara membuat tape singkong sederhana. Tape singkong adalah makanan yang terbuat dari singkong yang difermentasi. Selain rasanya yang enak, tape singkong juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Nah, tanpa berlama-lama lagi, yuk kita mulai!

Bahan-bahan untuk Membuat Tape Singkong

Sebelum kita memulai proses pembuatan, berikut bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Singkong
1 kg
Gula
500 gr
Ragi tape
1 sdm
Air matang
secukupnya

Bahan-bahan tersebut dapat didapatkan dengan mudah di pasar atau toko bahan makanan terdekat.

Langkah-langkah Membuat Tape Singkong

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat tape singkong sederhana:

1. Memotong Singkong

Pertama, kupas singkong dan potong-potong menjadi ukuran yang kecil. Ukuran yang disarankan adalah sekitar 2 cm. Hal ini dimaksudkan agar singkong lebih mudah untuk difermentasi.

2. Merebus Singkong

Setelah itu, rebus singkong hingga empuk. Gunakan api kecil agar singkong tidak hancur. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit garam agar singkong tidak terlalu manis saat sudah dibuat menjadi tape.

3. Membuat Larutan Gula

Selanjutnya, siapkan gula dan air matang. Masak gula dengan air matang hingga gula larut sempurna. Biarkan larutan gula dingin.

4. Menggabungkan Singkong dengan Ragi Tape dan Larutan Gula

Campurkan singkong yang sudah direbus dengan ragi tape dan larutan gula. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

5. Fermentasi

Letakkan campuran singkong, ragi tape, dan larutan gula ke dalam wadah tertutup. Simpan di tempat yang hangat dan bersih. Tunggu selama 2-3 hari hingga campuran tersebut berfermentasi dan menghasilkan tape singkong yang lezat.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa manfaat dari tape singkong?

Tape singkong mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, seperti karbohidrat, protein, kalsium, dan vitamin B. Selain itu, tape singkong juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mengatasi masalah pencernaan.

TRENDING 🔥  Cara Pembuatan Instalasi Listrik Ruang Sederhana

2. Apakah tape singkong dapat menyebabkan kerusakan gigi?

Ya, tape singkong mengandung gula yang cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan kerusakan gigi jika dikonsumsi secara berlebihan.

3. Berapa lama tape singkong dapat bertahan?

Tape singkong dapat bertahan hingga 2 minggu jika disimpan di dalam lemari es. Jangan lupa untuk menyimpannya dalam wadah tertutup agar tidak mudah basi atau terkontaminasi oleh bakteri.

Kelebihan Membuat Tape Singkong Sederhana di Rumah

Membuat tape singkong sendiri di rumah memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

1. Lebih Sehat

Kita dapat mengontrol jumlah gula yang digunakan saat membuat tape singkong. Sehingga, tape singkong yang dibuat di rumah akan lebih sehat dan tidak mengandung bahan tambahan yang berbahaya.

2. Lebih Hemat

Membuat tape singkong di rumah juga lebih hemat daripada membelinya di toko. Kita dapat menghemat biaya dan tetap mendapatkan tape singkong yang lezat.

3. Lebih Fresh

Tape singkong yang dibuat di rumah lebih fresh dan tidak mengandung bahan pengawet. Sehingga, tape singkong akan terasa lebih enak dan segar.

Kesimpulan

Sekarang Sobat Sederhana sudah tahu cara membuat tape singkong sederhana di rumah. Selain mudah dan praktis, membuat tape singkong sendiri di rumah juga memiliki banyak manfaat. Jangan lupa untuk mengikuti langkah-langkah dengan benar dan menyimpan tape singkong di tempat yang bersih dan tertutup. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Cara Membuat Tape Singkong Sederhana