Cara Membuat Tahu Walik Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Pernah mencoba tahu walik? Tahu walik adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari tahu putih yang dibuat menjadi pipih dan kemudian digulung dengan sayuran dan bahan lainnya. Tahu walik memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat, sehingga banyak yang menyukai makanan ini. Jika Anda ingin membuat tahu walik sendiri di rumah, berikut adalah resep serta langkah-langkahnya:

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan:

Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat tahu walik:

Bahan
Jumlah
Tahu putih
200 gram
Daun bawang
3 batang
Wortel
50 gram
Kentang
50 gram
Telur ayam
2 butir
Tepung terigu
50 gram
Air
Secukupnya
Garam
Secukupnya
Merica bubuk
Secukupnya
Minyak goreng
Secukupnya

Langkah-Langkah Membuat Tahu Walik:

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat tahu walik:

1. Siapkan Bahan-Bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Cuci bersih daun bawang, wortel, dan kentang, lalu iris-iris tipis daun bawang, potong dadu wortel dan kentang, dan pisahkan putih telur dan kuning telur.

2. Haluskan Tahu Putih

Haluskan tahu putih dengan menggunakan blender atau cobek hingga tahu menjadi seperti adonan. Tambahkan sedikit garam dan merica bubuk untuk memberikan rasa pada adonan tahu.

3. Campurkan Bahan-Bahan

Campurkan tahu yang sudah dihaluskan dengan irisan daun bawang, potongan wortel dan kentang, serta kuning telur. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

4. Buat Adonan Tepung

Buat adonan tepung dengan mencampurkan tepung terigu, putih telur, dan sedikit garam. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil diaduk hingga adonan tepung menjadi encer dan tidak terlalu kental.

5. Goreng Tahu Walik

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Ambil satu sendok adonan tahu, pipihkan menjadi bulat pipih, lalu gulingkan dalam adonan tepung hingga seluruh bagian tahu terlapisi tepung. Goreng tahu walik dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Bel Listrik Sederhana Prakarya

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apa yang membuat tahu walik sedap?

Tahu walik terkenal sedap karena campuran tahu, sayuran, dan telur yang memberikan rasa gurih dan nikmat. Selain itu, penggunaan tepung terigu pada adonan tepung yang menyerupai rempah juga menjadi salah satu faktor yang membuat tahu walik sedap.

2. Berapa lama tahu walik bisa disimpan?

Tahu walik yang sudah digoreng dapat disimpan dalam kulkas selama 1-2 hari. Jika ingin disimpan lebih lama, tahu walik dapat di-freeze dalam kantong plastik dan disimpan dalam freezer selama 1-2 bulan.

3. Apakah tahu walik cocok dijadikan camilan?

Tahu walik sangat cocok dijadikan camilan atau lauk pauk. Pasalnya, tahu walik sangat mudah dibuat dan dapat disajikan dalam berbagai kesempatan, seperti acara keluarga atau kumpul-kumpul bersama teman.

Penutup

Nah, itulah pembahasan tentang cara membuat tahu walik sederhana. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang ingin mencoba membuat tahu walik sendiri di rumah. Jangan ragu untuk mencoba resep ini dan berbagi pengalaman di kolom komentar. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Tahu Walik Sederhana