Cara Membuat Tahu Jeletot Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apa kabar? Hari ini kita akan membahas tentang cara membuat tahu jeletot sederhana. Tahu jeletot merupakan makanan khas dari daerah Banyumas, Jawa Tengah. Makanan ini terkenal dengan kepedasannya yang dapat memicu selera makan. Nah, jika Sobat Sederhana ingin mencoba membuat tahu jeletot sendiri di rumah, simak ulasan berikut ini yuk.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum mulai membuat tahu jeletot, pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut beberapa bahan yang dibutuhkan:

Bahan Utama
Bahan Pelengkap
500 gram tahu putih
2 buah tomat
300 gram tepung tapioka
2 buah jeruk nipis
50 gram tepung terigu
Daun seledri secukupnya
5 siung bawang putih
Daun bawang secukupnya
10 butir bawang merah
Cabe rawit (opsional)
1 sendok teh garam
Gula dan kaldu bubuk secukupnya

Langkah Membuat Tahu Jeletot

Setelah semua bahan sudah disiapkan, mari kita mulai membuat tahu jeletot:

1. Siapkan Tahu

Tahu dipilih yang ukurannya tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar. Kemudian potong-potong sesuai selera dan ukuran yang diinginkan.

2. Campurkan Bahan Tepung

Campurkan tepung tapioka, tepung terigu, garam, gula, dan kaldu bubuk dalam wadah. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

3. Goreng Bawang dan Cabai Rawit

Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabe rawit (jika menggunakan) hingga harum. Kemudian masukkan tomat yang sudah dipotong-potong dan masak hingga layu.

4. Goreng Tahu

Setelah tahu dibelah-belah, baluri potongan tahu dengan campuran tepung. Goreng di dalam wajan dengan minyak yang banyak dan panas hingga kekuningan. Angkat dan tiriskan.

5. Campurkan Semua Bahan

Campurkan tahu goreng, bumbu tumis, daun seledri, dan daun bawang yang sudah dipotong-potong. Tambahkan perasan jeruk nipis dan aduk hingga semua bahan tercampur rata.

TRENDING 🔥  Cara Buat Minyak Atsiri Sereh Wangi Sederhana

Tips Membuat Tahu Jeletot Sederhana

Agar tahu jeletot yang Sobat Sederhana buat lebih lezat, berikut beberapa tips yang bisa dicoba:

1. Tepung Tapioka

Pemilihan tepung tapioka sangat berpengaruh pada hasil akhir tahu jeletot. Pastikan menggunakan tepung tapioka yang berkualitas agar hasilnya tidak mudah hancur.

2. Konsistensi Adonan

Pastikan adonan tepung tidak terlalu encer atau terlalu kental. Konsistensi yang tepat akan membuat tahu jeletot menjadi renyah dan garing.

3. Minyak Goreng

Pada saat menggoreng tahu, pastikan minyak yang digunakan banyak dan sudah panas. Hal ini agar tahu goreng tidak menyerap terlalu banyak minyak dan hasilnya lebih garing.

4. Cabe Rawit

Jika Sobat Sederhana menyukai rasa pedas yang kuat, bisa mengganti cabai rawit dengan cabai lain yang lebih pedas.

FAQ

1. Apa Itu Tahu Jeletot?

Tahu jeletot merupakan makanan khas dari daerah Banyumas, Jawa Tengah. Makanan ini terkenal dengan kepedasannya yang dapat memicu selera makan.

2. Apa Saja Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Tahu Jeletot?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tahu jeletot antara lain tahu putih, tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih, bawang merah, tomat, daun seledri, dan cabai rawit (opsional).

3. Bagaimana Cara Membuat Tahu Jeletot Sederhana?

Cara membuat tahu jeletot sederhana antara lain siapkan tahu putih, campurkan bahan tepung, goreng bawang dan cabai rawit, goreng tahu, dan campurkan semua bahan. Untuk lebih lengkapnya, bisa membaca artikel di atas.

Kesimpulan

Itulah tadi cara membuat tahu jeletot sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan tips yang diberikan, diharapkan hasilnya lebih sempurna. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

TRENDING 🔥  Cara Ruqiyah Sederhana Diri Sendiri

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Tahu Jeletot Sederhana