Cara Membuat Tahu Gimbal Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Tahu Gimbal adalah makanan yang sangat populer di Jawa Timur, terutama di kota Surabaya. Jika Anda belum pernah mencobanya sebelumnya, Anda pasti harus mencobanya sekali seumur hidup. Tahu Gimbal terdiri dari tahu goreng, sayuran, telur puyuh, dan Gimbal yang disiram dengan bumbu kacang yang lezat. Di artikel ini, saya akan menunjukkan cara membuat Tahu Gimbal Sederhana. Jadi, bagaimana kita bisa membuat Tahu Gimbal yang lezat ini? Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum kita mulai memasak, pastikan Anda mempersiapkan semua bahan yang diperlukan. Di bawah ini adalah daftar bahan-bahan yang Anda butuhkan:

Bahan-bahan
Jumlah
Tahu putih
1 kotak besar (500 gram)
Telur ayam
4 buah
Kol
1/4 bagian
Tauge
100 gram
Gimbal
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya
Bawang putih
3 siung
Kacang tanah
100 gram
Garam
secukupnya
Gula merah
1/2 buah
Air asam jawa
50 ml

Setelah Anda mengumpulkan semua bahan, mari kita mulai membuat Tahu Gimbal!

Langkah-langkah Membuat Tahu Gimbal Sederhana

1. Menyiapkan Bahan

Pertama, potong tahu menjadi dadu kecil dan iris kol serta bawang putih. Kemudian, rebus telur puyuh dan tauge.

2. Membuat Bumbu Kacang

Selanjutnya, kita akan membuat bumbu kacang. Blender kacang tanah dan bawang putih sampai halus. Kemudian, tambahkan air asam jawa, gula merah, garam, dan air secukupnya. Blender kembali sampai bumbu kacang tercampur rata.

3. Menggoreng Tahu dan Telur

Siapkan minyak goreng dalam wajan dan panaskan hingga cukup panas. Goreng tahu dan telur puyuh hingga kecokelatan dan tiriskan di atas tisu dapur untuk menghilangkan kandungan minyak berlebih.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Menampilkan Data Database ke PDF

4. Menggoreng Gimbal dan Sayuran

Gimbal dan sayuran seperti kol dan tauge dapat digoreng atau direbus terlebih dahulu sebelum disajikan di atas piring. Namun, jika ingin lebih sehat, sayuran dapat disajikan mentah atau hanya diolesi dengan sedikit minyak goreng.

5. Menyajikan Tahu Gimbal

Siapkan piring dan letakkan tahu, telur, sayuran, dan gimbal di atasnya. Siram dengan bumbu kacang dan sajikan segera.

FAQ

1. Apakah saya bisa menggunakan tahu kuning?

Tidak apa-apa jika Anda menggunakan tahu kuning, namun rasa Tahu Gimbal akan sedikit berbeda. Tahu putih lebih renyah dan tidak terlalu berair, sedangkan tahu kuning biasanya memiliki tekstur yang lebih lembut.

2. Apa alternatif untuk bumbu kacang?

Anda bisa menggunakan saus sambal atau saus tomat jika tidak suka bumbu kacang. Namun, rasanya tidak akan sama dengan Tahu Gimbal asli yang disajikan dengan bumbu kacang.

3. Bisa tidak menggunakan telur puyuh?

Tentu saja bisa. Anda bisa mengganti telur puyuh dengan telur ayam atau menghilangkannya sama sekali jika tidak suka.

4. Apa bahan lain yang bisa ditambahkan ke Tahu Gimbal?

Anda bisa menambahkan potongan kentang goreng atau irisan mentimun jika suka. Namun, pastikan tidak menambahkan terlalu banyak bahan agar rasa Tahu Gimbal tetap terasa.

5. Bagaimana cara membuat Gimbal?

Anda bisa membeli Gimbal yang sudah jadi di pasar tradisional atau membuatnya sendiri dengan adonan tepung yang diisi dengan daging ikan atau udang.

Itulah cara membuat Tahu Gimbal Sederhana yang lezat dan enak. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Tahu Gimbal Sederhana