Cara Membuat Tabung Pitot Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat tabung pitot sederhana. Tabung pitot adalah alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan aliran fluida, biasanya digunakan dalam bidang aerodinamika dan hidrodinamika. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat tabung pitot sederhana dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai, Sobat Sederhana perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

No
Bahan
Jumlah
1
Pipa PVC diameter 1/4″
1 buah
2
Plat baja tebal 1 mm
1 lembar
3
Pisau cutter
1 buah
4
Lem PVC
secukupnya
5
Pen marker
1 buah

Langkah-langkah Pembuatan

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat tabung pitot sederhana:

1. Potong Pipa PVC

Pertama-tama, Sobat Sederhana perlu memotong pipa PVC dengan panjang sekitar 15 cm menggunakan pisau cutter. Setelah dipotong, kedua ujung pipa perlu dibersihkan dengan amplas agar tidak kasar.

2. Potong Plat Baja

Setelah memotong pipa PVC, langkah selanjutnya adalah memotong plat baja berbentuk segitiga dengan panjang sisi 5 cm dan 4 cm. Potonglah dengan hati-hati menggunakan pisau cutter.

3. Lipat Plat Baja

Setelah plat baja dipotong, Sobat Sederhana perlu melipatnya menjadi bentuk yang sama seperti pada gambar di bawah ini:

Bagian atas
Bagian bawah

Setelah dilipat, plat baja perlu ditempelkan pada salah satu ujung pipa PVC menggunakan lem PVC. Pastikan plat baja tidak mudah terlepas dari pipa PVC.

4. Pasang Penunjuk Tekanan

Langkah terakhir adalah memasang penunjuk tekanan pada bagian ujung lain dari pipa PVC. Ganjal pipa PVC di antara dua benda yang berat dan letakkan penunjuk tekanan pada ujung pipa. Pastikan penunjuk tekanan tidak terhalang oleh apapun untuk mendapatkan hasil yang akurat.

TRENDING 🔥  Cara Menggambar Rumah dan Pohon yang Sederhana

FAQ

Apa Fungsi Tabung Pitot?

Tabung pitot adalah alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan aliran fluida. Alat ini sering digunakan untuk mengukur kecepatan udara pada pesawat terbang atau kecepatan air pada kapal laut.

Bagaimana Cara Menggunakan Tabung Pitot Sederhana?

Pertama-tama, pasang tabung pitot pada area yang ingin diukur kecepatan aliran fluidanya. Pastikan tabung pitot tidak terhalang oleh apapun. Kemudian, baca angka pada penunjuk tekanan untuk mengetahui kecepatan aliran fluida.

Apakah Tabung Pitot Sederhana Akurat?

Tabung pitot sederhana tidak seakurat tabung pitot yang digunakan pada pesawat terbang atau kapal laut profesional. Namun, tabung pitot sederhana tetap dapat memberikan hasil yang cukup akurat jika digunakan dengan benar.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara membuat tabung pitot sederhana dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita. Dengan membuat tabung pitot sederhana, kita dapat mengukur kecepatan aliran fluida dengan mudah dan murah. Jadi, bagi Sobat Sederhana yang ingin mencoba membuat tabung pitot sendiri, silahkan mencoba langkah-langkah yang telah kita bahas di atas.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Tabung Pitot Sederhana