Cara Membuat Stirling Engine Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Pernahkah kamu mendengar tentang Stirling engine? Stirling engine adalah mesin panas yang dapat menghasilkan energi mekanik. Mesin ini dibuat oleh Reverend Robert Stirling pada tahun 1816. Walaupun sudah lama ditemukan, Stirling engine masih digunakan hingga saat ini. Nah, dalam artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara membuat Stirling engine sederhana yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Yuk, simak artikel berikut ini!

Pengertian Stirling Engine

Sebelum masuk ke pembahasan cara membuat Stirling engine sederhana, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu Stirling engine. Stirling engine merupakan mesin panas yang bekerja berdasarkan siklus termal. Prinsip kerja mesin ini didasarkan pada perubahan suhu gas yang di dalamnya.

Pada umumnya, Stirling engine terdiri dari 2 piston, sebuah tabung, dan sejumlah komponen pendukung seperti heat exchanger, flywheel, dan lain-lain. Ketika mesin dihidupkan, heat exchanger akan memanaskan gas di dalam tabung. Gas yang dipanaskan ini kemudian membuat piston bergerak, menghasilkan energi mekanik yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Sejarah Stirling Engine

Sekarang kamu sudah mengetahui pengertian Stirling engine dan prinsip kerjanya. Namun, tahukah kamu kapan mesin ini pertama kali ditemukan?

Stirling engine ditemukan oleh Reverend Robert Stirling pada tahun 1816. Tujuan awal dari ditemukannya Stirling engine adalah untuk menggantikan mesin uap yang pada saat itu kurang efisien dan berbahaya. Stirling engine dianggap lebih aman dan ramah lingkungan karena tidak menghasilkan asap.

Stirling engine pertama yang dibuat memiliki bentuk yang agak besar dan berat. Namun, seiring berjalannya waktu, Stirling engine mengalami perkembangan dan muncul banyak versi yang lebih kecil dan efisien.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sop Ubi Kayu Sederhana

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar bahan dan alat yang perlu kamu siapkan:

Bahan Alat
Tabung kaca Gunting
Piston buatan sendiri Lem
Bola lampu Kawat
Heat exchanger (dapat menggunakan pipa tembaga) Obeng
Minyak goreng Termometer
Sebuah piston yang dibuat Lilin lebah atau lilin parafin
Sebuah roda yang dibuat

Cara Membuat Piston

Salah satu komponen utama dari Stirling engine adalah piston. Berikut adalah cara membuat piston buatan sendiri:

  1. Ambil korek api bekas dan hilangkan kertas aluminium di dekat pangkalnya.
  2. Gunakan lem untuk merekatkan korek api bekas ke ujung kabel listrik bekas.
  3. Bungkus korek api bekas dengan kertas aluminium, lalu rapatkan dengan kawat.
  4. Pistin buatanmu siap digunakan!

Nah, sekarang kamu sudah memiliki piston yang bisa digunakan untuk membuat Stirling engine sederhana. Selanjutnya, mari kita lanjutkan dengan proses selanjutnya.

Proses Membuat Stirling Engine Sederhana

Setelah menyiapkan semua bahan dan alat, kamu bisa mulai memulai proses pembuatan Stirling engine sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Potong Tabung Kaca

Pertama-tama, kamu perlu memotong tabung kaca sehingga menjadi 2 bagian yang berbeda panjang. Bagian yang lebih panjang akan digunakan sebagai tempat untuk menempatkan heat exchanger dan piston, sedangkan bagian yang lebih pendek akan digunakan sebagai saluran gas.

Langkah 2: Buat Heat Exchanger

Setelah tabung kaca dipotong, langkah berikutnya adalah membuat heat exchanger. Kamu bisa menggunakan pipa tembaga sebagai heat exchanger. Pasang pipa tembaga di dalam tabung dan pastikan ujung-ujungnya menonjol di luar tabung. Kemudian, bengkokkan ujung pipa tembaga agar menempel pada heat source atau sumber panas. Heat source ini bisa berupa lilin lebah atau lilin parafin.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Game Sederhana di Unity

Langkah 3: Pasang Piston

Setelah heat exchanger dipasang, langkah selanjutnya adalah memasang piston. Ambil piston buatan sendiri yang sudah kamu buat sebelumnya, lalu masukkan ke dalam tabung kaca yang sudah dipersiapkan. Pastikan piston dapat bergerak dengan lancar.

Langkah 4: Buat Flywheel

Selanjutnya, kamu perlu membuat flywheel atau roda mesin. Kamu bisa menggunakan bola lampu bekas sebagai bahan untuk membuat flywheel ini. Potong bola lampu menjadi 2 bagian yang sama, lalu pasang salah satu bagian pada bagian belakang tabung kaca. Sisanya bisa kamu jadikan sebagai roda mesin.

Langkah 5: Isi Tabung dengan Minyak Goreng

Setelah semua bahan dan komponen dipasang dengan benar, langkah terakhir adalah mengisi tabung kaca dengan minyak goreng. Pastikan minyak yang kamu gunakan bersih dan tidak tercampur air.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang dimaksud dengan Stirling engine?

Stirling engine adalah mesin panas yang bekerja berdasarkan siklus termal. Mesin ini menggunakan gas untuk menghasilkan energi mekanik.

2. Apa yang menjadi kelebihan dari Stirling engine?

Stirling engine dianggap lebih aman dan ramah lingkungan karena tidak menghasilkan asap seperti mesin uap. Selain itu, mesin ini juga dapat bekerja dalam suhu yang lebih rendah dan dapat menghasilkan tenaga listrik.

3. Apa saja bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat Stirling engine sederhana?

Bahan yang dibutuhkan antara lain tabung kaca, piston buatan sendiri, bola lampu, heat exchanger (dapat menggunakan pipa tembaga), minyak goreng, dan sejumlah material pendukung lainnya. Alat yang dibutuhkan antara lain gunting, lem, kawat, obeng, termometer, dan lain-lain.

4. Apakah Stirling engine bisa digunakan sebagai sumber listrik rumah tangga?

Stirling engine memang dapat menghasilkan tenaga listrik, namun untuk menghasilkan listrik dalam jumlah besar, diperlukan Stirling engine yang lebih besar dan efisien.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Rak Tas Sederhana

5. Apakah pembuatan Stirling engine sederhana ini sulit?

Tidak sulit, asalkan kamu sudah menyiapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan serta mengikuti langkah-langkahnya dengan teliti.

Kesimpulan

Demikianlah cara membuat Stirling engine sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Mesin ini memang terlihat sederhana, namun prinsip kerjanya cukup kompleks dan menarik untuk dipelajari. Selain itu, pembuatan Stirling engine sederhana ini juga bisa menjadi ajang untuk mengasah kreativitasmu.

Nah, sudah siap mencoba membuat Stirling engine sederhana? Jangan lupa untuk membagikan pengalaman dan kesuksesanmu dengan kami di kolom komentar!

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Cara Membuat Stirling Engine Sederhana