Cara Membuat Steak Tenderloin Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan berbicara tentang resep sederhana untuk membuat steak tenderloin yang enak dan empuk. Apakah Anda pernah mencoba membuat steak di rumah tapi tidak berhasil mendapatkan hasil yang diinginkan? Jangan khawatir, dengan beberapa tips dan trik yang kami berikan di sini, Anda pasti akan mempersiapkan steak tenderloin yang lezat dan empuk seperti yang biasa dihidangkan di restoran mahal.

Bahan yang Diperlukan

Mari kita mulai dengan bahan-bahan yang akan diperlukan untuk membuat steak tenderloin sederhana. Pastikan Anda membeli bahan-bahan berkualitas untuk mendapatkan hasil terbaik.

Bahan-bahan
Jumlah
Tenderloin sapi
2 potong
Garam
1 sendok teh
Merica hitam
1/2 sendok teh
Minyak zaitun
2 sendok makan
Bawang putih, cincang halus
2 siung
Daun sage, cincang halus
1 sendok teh

Cara Membuat Steak Tenderloin Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat steak tenderloin sederhana:

1. Persiapkan Tenderloin Sapi

Bersihkan daging dari lemak dan jaringan ikat. Kemudian, letakkan tenderloin sapi di atas talenan dan tekan dengan lembut ke arah tengah untuk mempertahankan bentuk bulatnya.

Pukul daging dengan palu daging agar lebih tipis dan empuk.

2. Lumuri Bahan Kering

Lumuri steak dengan garam dan merica hitam. Pastikan bahan kering merata ke seluruh permukaan daging.

3. Panaskan Minyak Zaitun

Panaskan minyak zaitun di dalam wajan dengan api sedang. Tambahkan bawang putih yang sudah dicincang halus dan daun sage. Masak selama satu menit hingga harum.

4. Goreng Tenderloin Sapi

Goreng tenderloin sapi selama 2-3 menit dengan api sedang. Balik daging dan masak selama 2-3 menit lagi atau sampai daging matang sesuai selera Anda.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tampilan Interface Website Sederhana Background

5. Istirahatkan dan Hidangkan

Istirahatkan daging selama 5-10 menit sebelum memotongnya agar jus tidak tumpah. Sajikan dengan saus steak favorit Anda dan hidangkan dengan kentang goreng, sayuran panggang, atau salad.

Tips untuk Membuat Steak Tenderloin Sederhana

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat steak tenderloin sederhana yang sempurna:

1. Pilih Bahan Berkualitas

Pilih daging tenderloin sapi yang segar dan berkualitas untuk mendapatkan hasil terbaik. Jangan lupa untuk membuang jaringan ikat dan lemak sebelum memasak.

2. Panaskan Wajan/Dadar Besi

Sebelum memasak, pastikan wajan atau dadar besi Anda sudah dipanaskan dengan baik. Daging harus dipanggang pada suhu yang tinggi untuk membentuk lapisan renyah di luar dan empuk di dalam.

3. Istirahatkan Daging

Istirahatkan daging selama beberapa menit setelah dimasak agar jus meresap. Ini akan membantu menjaga kelembaban daging dan mempertahankan cita rasa yang lezat.

4. Gunakan Suhu yang Tepat

Pastikan Anda memasak daging dengan suhu yang tepat. Suhu yang terlalu rendah akan membuat daging terlalu berair, sedangkan suhu yang terlalu tinggi akan membuat daging gosong di luar dan mentah di dalam.

5. Potong Melawan Serat

Setelah istirahat, potong daging melawan serat untuk mempertahankan kelembapan daging. Potong dengan gerakan tajam dan hati-hati agar daging tidak hancur.

FAQ

1. Dapatkah saya menggunakan daging lain selain tenderloin sapi?

Tentu saja, Anda dapat menggunakan daging lain yang lebih ekonomis seperti sirloin atau flank steak. Namun, pastikan untuk membuang jaringan ikat sebelum memasak agar daging lebih empuk.

2. Berapa lama harus saya merendam daging dalam marinade?

Anda tidak perlu merendam daging dalam marinade untuk membuat steak tenderloin sederhana. Cukup dengan menaburkan bahan kering seperti garam dan merica hitam.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Telur Gulung Sosis Sederhana untuk Sobat Sederhana

3. Apa yang harus saya lakukan jika daging terlalu tebal?

Jika daging terlalu tebal, Anda dapat memukulnya dengan palu daging untuk melembutkan dan memipihkan daging.

4. Bisakah saya memasak steak tenderloin dengan cara lain selain digoreng?

Tentu saja, Anda dapat memasak steak tenderloin dengan cara panggang atau grill. Waktu memasak mungkin akan sedikit berbeda tergantung pada metode yang digunakan.

5. Seberapa sering saya harus membalik steak saat menggoreng?

Anda harus membalik steak sekali saja selama proses memasak. Jangan sering-sering membaliknya karena ini akan membuat daging kehilangan kelembapannya dan menjadi kering.

Kesimpulan

Dengan mengikuti resep dan tips yang kami berikan, Anda dapat membuat steak tenderloin sederhana yang enak dan empuk di rumah. Jangan lupa untuk memilih bahan berkualitas dan memasak daging dengan suhu dan waktu yang tepat. Selamat mencoba dan selamat makan!

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Steak Tenderloin Sederhana